Renungan Harian Umum, Selasa 30 Juni 2020

Kata-kata judul renungan hari ini sangat viral dimasa-masa lalu karena meupakan sebuah judul sinetron. Yang menceritakan kisah sebuah persahabatan yang luar biasa. Semua orang senang memiliki sahabat, namun pertanyaannya, orang yang seperti apakah yang layak dijadikan sahabat.

Amsal 20:6 (VMD)  Orang dapat mengatakan banyak sahabatnya, tetapi sulit mendapat orang yang sungguh-sungguh dapat dipercayai.

Amsal tersebut menunjukkan betapa sulit memiliki sahabat yang benar-benar dapat dipercayai.  Daud dan Ayub juga memiliki banyak sahabat, ada bermacam-macam tipe sahabat. Kita akan lihat beberapa orang sahabat mereka dengan karakter masing-masing. 

1. Ahitofel (II Sam 17:1)

Siapakah dia? Arti namanya kurang hormat terhadap Tuhan. Dia adalah Sahabat Daud yang menyeberang kepada Absalom. Seorang penasihat Daud yang berpihak kepada Absalom (2Sam 15:12,31-37). membunuh diri karena nasihatnya tidak dipedulikan Absalom (2Sam 16:15-17:23).

Fakta penting: IA MENGKHIANATI DAUD DAN MENDUKUNG ABSALOM YG MENGKUDETA DAUD (2 Samuel 15:12).

Sesuai dengan arti namanya yang kurang menghormati Allah, maka sikap terhadap sesamanya pun demikian. Ini adalah tipe sahabat yang tidak setia, yang hanya mencari keuntungan diri sendiri dan keamanannya saja, akibatnya frustasi dan hancur ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkannya.

2. Husai (II Samuel 17:5)

Siapakah dia? Arti nama Cepat. Husai adalah sahabat raja’ (1 Taw 27:33). Husai adakah penasihat Daud yang menggagalkan nasihat Ahitofel dan rencana Absalom  (2Sam 15:32-37; 16:15-17:16). Husai memiliki  kesetiaan terhadap rajanya dibuktikan dengan kesediaannya menanggung risiko yg berbahaya. (2 Sam 15:32 dst).

Fakta penting: IA SEORANG PENASEHAT YANG BISA DIPERCAYA UNTUK DAUD DAN SALOMO. SELAIN PENASEHAT IA JUGA SAHABAT DAUD. IA MEMBATALKAN NASEHAT AHITOFEL KEPADA ABSALOM WAKTU MAU MENGEJAR DAUD (2 Samuel 17 1-14).

Ini menunjukkan loyalitas suatu persahabatan yang yg patut diteladani orang Kristen. Bersedia ada bagi sahabatnya setiap saat dibutuhkan.

Amsal 17:17 (TB)  Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

3. Yonatan (I Samuel 20:42)

Arti namanya Allah telah memberi, Allah telah mengaruniakannya
1 Samuel 20:42 (VMD

Kemudian Yonatan berkata kepada Daud, “Pergilah dalam damai. Kita sudah berjanji dalam nama TUHAN untuk bersahabat. Kita sudah sepakat dengan TUHAN sebagai saksi di antara kita berdua dan keturunan kita selamanya.”

Yonathan dikenang terutama karena persahabatannya dengan Daud. Kesetiaan pada persahabatan itu teramat sukar karena bertentangan dengan kewajibannya sebagai anak, untuk mengasihi Saul yang adalah bapak kandungnya dan rajanya. Yonathan rela berseberangan, dibenci ayahnya karena Yonathan tahu ayahnya salah dan Daud benar.

Fakta penting: IA PUTERA RAJA SAUL, DAN SAHABAT KARIB DAUD (1 Samuel 14:1; 18:1-4)

Suatu teladan persahabatan yang baik karena tetap mengutamakan kebenaran dalam persahabatan. Persahabatan Yonathan dan Daud merupakan teladan tentang kesetiaan kepada kebenaran dan persahabatan. Persahabatan yang tetap mengutamakan kebenaran, dengan segala resikonya.

4. Sahabat sahabat Ayub. Ayub 19:19

Bildad, Zofar, Elifas sahabat yang secara fisik ada bersama Ayub saat Ayub menderita, namun malah kata-katanya bukan menghibur malah menyudutkan, menyalahkan Ayub. Faktanya adalah apa yang mereka katakan semua tidaklah benar sehingga Tuhan marah kepada ketiga sahabat Ayub. 

Ayub 42:7 (VMD) Setelah TUHAN selesai berbicara kepada Ayub, Ia berbicara kepada Elifas dari Teman. Dia berkata kepada Elifas, “Aku marah kepadamu dan kedua sahabatmu karena kamu tidak mengatakan kebenaran tentang Aku seperti yang dilakukan Ayub.

Melalui semua kisah ini kita bisa memilih sahabat yang seperti apa yang kita inginkan. Namun juga menjadi perenungan kita

menjadi sahabat seperti apakah kita bagi orang lain?
Mari kita bukan saja mencari sahabat yang baik tapi mari kita juga menjadi sahabat yang baik bagi sesama kita.

Teladan sahabat terbaik kita adalah Tuhan Yesus sendiri (Yoh 15:13-15)

Tuhan Yesus adalah sahabat dalam suka dan dalam duka yang tidak pernah meninggalkan kita sedetikpun. Yang selalu menghibur kita ketika kita dalam kesulitan, mendukung dan menopang kita ketika kita jatuh, menguatkan kita ketika kita lemah, memberikan pengharapan baru ketika kita kehilangan harapan, melindungi kita saat dalam ketakutan dan bahaya serta selalu memberikan jalan keluar dalam semua persoalan yang kita hadapi.

Puji Tuhan Yesus selalu menyertai kita sampai akhir zaman.

Matius 28:20bDan ketahuilah, Aku menyertai kamu sampai kesudahan alam.

Tuhan Yesus memberkati.

EM