Renungan Harian, Kamis 22 Oktober 2020

Lao Tzu (Tse)  ~ Watch your thoughts; they become words. Watch your words; they become actions. Watch your actions; they become habit. Watch your habits; they become character. Watch your character; it becomes your destiny. (awasi yang anda pikirkan, itu akan menjadi kenyataan, awasi perkataanmu dan itu akan menjadi perbuatan, awasi perbuatanmu dan itu akan menjadi kebiasaan, awasi kebiasaanmu dan akan menjadi karakater … karakter akan menentukan tujuan kita)

Sebuah ungkapan yang terkenal dari Lao Tzu ini, mengungkapkan bagaimana pentingnya untuk kita menjaga pikiran kita.

(peperangan yang terbesar dalam setiap hari adalah antara telinga kita)

Jack Canfield ~

Pikiran merupakan target atau sasaran utama Iblis untuk ia melepaskan panah-panah beracunnya. Senjata Iblis yang paling ampuh adalah “pengaruh-pengaruh yang dia masukan ke dalam pikiran manusia.”

Karena itulah Firman Tuhan memberikan sebuah perintah yang penting

Roma 12:2 ~ Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, …

Kata “BUDI” à  “NOUS” (Yunani).  Artinya: Pikiran (mind) atau Pengertian (Understanding) – berubahlah oleh pembaharuan pikiranmu (dimulai dari pikairanmu … pikiran adalah titik awal)

APAKAH PIKIRAN ITU?  

Pikiran adalah satu bagian dari diri manusia yang berfungsi sebagai alat untuk mempertimbangkan dan memutuskan segala sesuatu yang akhirnya terwujud dalam sikap, ucapan, & tindakan. Ketika dosa masuk dalam kehidupan manusia pikiran manusia menjadi tidak serupa dengan Allah.

Dampak dosa – memberikan kecenderungan yang negatif dan hal yang kecenderungan untuk melawan kebenaran. Dosa Hawa bukan karena perintah iblis tetapi “gelitikan” terhadap pikiran hawa dari iblis

Efesus 4:17-18. … sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.

MENGAPA PERLU DIPERBAHARUI TERUS-MENERUS

1. PIKIRAN Merupakan hakim/alat pengontrol bagi setiap perilaku.

Pikiran kita akan menentukan dan menilai apa yang kita kerjakan. Pola pikir/mindset kita perlu di perbaharui (RESET). Akar kata dari “bertobat” adalah metanoeo yang berarti mengubah pikiran. Karena Pikiran merupakan PINTU yang melaluinya kita dapat keluar dan terbebas dari belenggu masa lalu dan hidup berkemenangan di dalam Kristus dan dengan demikian dapat mewujudkan pengabdian yang radikal kepada DIA.

2. PEMBAHARUAN PIKIRAN agar dapat mengenal kehendak Tuhan.

Pikiran yang dibaharui (reset) merupakan KUNCI untuk karakter yang diubahkan; ~  karakter yang diubahkan merupakan DASAR untuk kehidupan Kristen yang sejati; ~ dan kehidupan Kristen yang sejati akan MENUNTUN pada pengabdian yang radikal.

Frase “tetapi berubahlah” berasal dari kata Yunani METAMORFOO yang berarti  Perubahan total & menyeluruh.

6 Langkah Praktis Menuju Pembaharuan Pikiran – Casey Treat ~

  1. Percayalah bahwa anda dapat mengendalikan pikiran anda.
  2. Yakinkan dirimu bahwa engkau perlu berubah.
  3. Perubahan melibatkan tindakan.
  4. Akui pemikiran yang keliru.
  5. Isi pikiran dengan Firman Tuhan untuk menggantikan gagasan yang keliru.
  6. Praktekan kebenaran itu sampai menjadi gaya hidup.

Tuhan telah memberikan Kuasa atas Pikiran Kita, Kita yang harus memutuskan apa yang hendak dipikirkan, diperbaharui untuk mengerti Kehendak Allah

PL