Pilih_yang_positif

Renungan Harian Youth, Rabu 12 Agustus 2020

Bacaan: Bilangan 14:6-9

Hello salam semangat buat rekan-rekan Youth, yang saya harapkan tetap semangat dan dalam keadaan yang baik semuanya. Pagi hari ini kita akan merenungkan bersama sebuah tema yaitu “Pilih yang POSITIF, jangan yang NEGATIF” dan kita akan Kembali belajar dari ke-12 Pengintai yang mengintai Tanah Perjanjian (Tanah Kanaan) selama 40 hari. Mereka adalah orang-orang pilihan dari setiap suku-suku Israel yang menerima tugas untuk mengintai dan memberi penilaian bagaimana keadaan Tanah Kanaan yang akan bangsa Israel masuki. Setelah mereka kembali dari pengintaian, mereka MENCERITAKAN hasil pengintaiannya kepada Musa, Harun dan SEMUA ORANG ISRAEL (Bil 13)

Dari ke-12 Pengintai itu, cerita mereka memiliki persamaan dan perbedaan.

PERSAMAAN: 12 Pengintai
-Berlimpah Susu dan Madu (ay.27)
-Bangsa yang kuat, kotanya berkubu dan sangat besar (ay.27)

PERBEDAAN:

10 Pengintai (NEGATIF)
-Tidak Percaya (ay.31)
-Menceritakan kabar Busuk/HOAX (ay.32-33)

2 Pengintai (POSITIF)
-Percaya (ay.30)
-Menceritakan kebenaran (ay.7-9)

Jika kita menjadi bangsa Israel yang pada saat ke-12 pengintai menyampaikan apa yang mereka lihat, Namun pertanyaannya adalah …

Mana yang akan kita pilih?

Apakah kita akan memilih berita dari 10 pengintai yang bernada negatif, atau memilih mendengarkan dan percaya dengan kabar positif yang disampaikan Yosua dan Kaleb?

Rekan-rekan youth ingatlah bahwa …

Pilihan kita akan menentukan apa yang akan kita peroleh, setiap pilihan kita memiliki kosekuensinya sendiri, pilihan kita juga dapat menentukan apa yang akan terjadi nantinya. Maka dari itu perlu berhati-hati dalam menentukan pilihan dalam hidup kita. Pilih yang baik maka yang baik yang akan kita peroleh, begitupun sebaliknya, pilih yang buruk maka yang buruk yang akan kita terima.

Ditengah keadaan saat ini yang penuh dengan berita-berita dan kabar-kabar yang menakutkan, yang belum jelas kebenarannya, bahkan banyak berita-berita hoax yang terseber luas melalui media massa, kita perlu berhati-hati dalam memilih mana yang baik dan mana yang tidak.  Untuk itu, mari kita memilih hal-hal yang positif, hal-hal yang baik, hal-hal yang berguna dan mermanfaat.

Dari kisah ini, kita mau memilih dan mendengarka apa yang disampaikan oleh Yosua dan Kaleb. Mereka membawa berita kebenaran, berita yang membawa pengharapan dan membangkitkan iman percaya. Bagaimana caranya … seperti Yosua dan Kaleb pilihan mereka disejajarkan dengan FIRMAN TUHAN sebagai KEBENARAN yang pasti dan bukan kepada FAKTA DUNIA yang menakutkan.

Mari kita belajar untuk mengambil keputusan yang benar dalam pilihan kita, belajar seperti Yosua dan Kaleb yang dapat memilih berdiri diatas kebenaran. Untuk itu hal yang harus kita kerjakan adalah

Lihat dan Dengar yang POSITIF (ay.6-8)

Percaya pada janji yang telah Tuhan berikan bagi kita umat-Nya, sekalipun yang kita lihat tidk sesuai dengan yang kita harapkan. (Yeremia 29:11)

Hidup Benar (ay.9)

Firman Tuhan mengatakan untuk jangan memberontak, memilih untuk hidup di dalam kebenaran sesuai Firman Tuhan. (Mazmur 37:23)

Jangan Takut (ay.9)

Yosua dan Kaleb mengingatkan untuk tidak takut dengan apa yang ada dihadapan kita karena Tuhan beserta dengan kita dan janjinya ya dan amin. (Ibrani 13:5b)

Ketiga hal inilah yang harus kita kerjakan dalam meneladani pilihan dan keputusan Yosua dan Kaleb, yaitu keputusan yang positif dan benar.

Komitmenku hari ini :

Ketika aku dapat memilih keputusan yang positif dan benar, maka aku percaya akan memperoleh apa yang telah Tuhan janjikan bagi anak-anak-Nya.

Tuhan Yesus Memberkati

CM – YDK