Jangan_tolak_didikan_dan_teguran_Tuhan

Renungan Harian Rabu, 12 Agustus 2020

Setiap kita selalu dihadapkan dengan pilihan, dan pilihan akan menjadi sulit karena setiap pilihan itu ada konsekuensi. Hari ini kita akan belajar Bersama-sama ada pilihan yang diajukan kepada setiap kita mengenai didikan

Amsal 10:17, Siapa mengindahkan didikan, menuju jalan kehidupan, tetapi siapa mengabaikan teguran, tersesat.

Ada 2 Hal penting dari ayat diatas : Pilihan terhadap Didikan dalam Kehidupan

1. Pilihan Kehidupan

Ada pilihan yang dihadapkan kepada setiap manusia apakah ia akan memilih mentaati Firman Tuhan, memilih yang benar atau sebaliknya … setiap manusia selalu dihadapkan pilihan dengan berbagai konsekuensi dari pilihannya tersebut.

>> Mengindahkan Didikan Atau Mengabaikan teguran

Alkitab memberikan banyak contoh orang-orang yang memilih dengan tepat untuk taat kepada Firman dan kehidupan mereka diberkati dan hidup berkenan dihadapan Tuhan. Contoh: Daud, Abraham memilih untuk taat kepada Allah ~ menjadi orang yang menjadi besar dan diberkati sebaliknya Adam dan Hawa memilih pilihan untuk tidak taat yang membawa manusia jatuh kedalam dosa.

Bahkan didalam ulangan 28 ada pilihan yang diajukan yaitu memilih BERKAT atau KUTUK. Respon terhadap Firman dan Perintah Tuhan antara kita melakukan dengan setia atau mengabaikannya … ingatlah bahwa Hari ini adalah hasil dari pilihan kita kemarin, dan esok adalah hasil dari pilihan hari ini.

Apa yang kita pilih ?

2. Didikan Tuhan.

Tuhan menyatakan didikannya bagi setiap kita, entah itu melalui Firman yang kita dengar, teguran dan orang lain atau dari situasi yang sedang kita alami. Terbukalah dengan didikan Firman Tuhan. Jadilah pribadi yang mau untuk terus terbuka dengan teguran Firman Tuhan, karena dengan demikian kita sedang memilih pilihan yang tepat dalam hidup ini.

Mari perhatikan ayat-ayat berikut ini :

Amsal 3:12 ~ Didikan, Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.

Amsal 13:13 ~ Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Pertanyaanya adalah bagaimana sikap kita terhadap didikan?  Karena hal ini sangat mempengaruhi kehidupan kita, orang yang mau untuk menerima didikan akan menerima balasan kehidupan yang lebih baik.

Salah satu bagian dari didikan adalah teguran dan janganlah kita menolak didikan dari Tuhan tetapi berbahagialah karena Allah merindukan adanya perubahan dalam kehidupan kita.

Titus 2:11-12. Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini

Kasih Karunia “mendidik” kita untuk meninggal kefasikan dan keinginan duniawi, dan didikan itu memiliki tujuan agar kita hidup bijaksana, adil, jujur, beribadah kepada Tuhan.

YH