Renungan Harian Remaja, 14 April 2020

Ibrani 4:12
“Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

WFH dan SFH ini membuat kita kangen banget sama tempat kerja kita, sekolah kita, gereja Elohim pastinya…dan yang pasti semua yang ada di dalamnya. Yang sudah mulai kangen sama teman2 kerjanya, teman2 sekolahnya, teman2 gerejanya boleh angkat tangannya?

Dan tentunya ada yang paling kangen yaitu para penggiat #elohimyouthministry. Sampai muncul BINGO ala elohimyouthministry. BINGO ini lahir dari rindu yang menumpuk, dan gayung bersambut. Yang biasa nongol di gereja, akunnya mulai bermunculan di elohimyouthministry. Dan yang membuat seru adalah, ternyata kita berbagi banyak hal di gereja. Bukan hanya hal-hal seputar pergaulan, kesibukan, kebiasaan di gereja, tapi juga tentang Firman Tuhan.

Ada 2 poin di sana yang dipilih oleh hampir semua partisipandiberkati banget sama Firman Tuhan dan “ngerasa FirTu jleb banget di hati”. Yang setuju boleh teriak amen keras-keras. Ya tentu saja dalam sebuah ibadah, pemberitaan Firman Tuhan ini bagaikan inti, hal yang sangat dinanti-nanti. Tapi, jujur saja kadang-kadang kita merasa bahwa kotbahnya biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa, dibawakan dengan cara yang sangat biasa, oleh orang yang tidak istimewa. Sampai-sampai ada yang “main game saat ibadah”, atau bahkan “ketiduran saat Firman”. Namun pernahkah kita menyadari betapa berkuasanya Firman Tuhan itu seberapa pun biasanya cara penyampaiannya dan orang yang membawakannya?

Yohanes 1: 1 mencatat “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

Firman Tuhan adalah Allah sendiri. Firman itu seperti yang dikatakan di Ibrani 4:12 hidup dan kuat, Firman Tuhan sanggup memberi kehidupan bagi jiwa yang lelah, lesu, dan mati. Seberapa sering kita merasa kuatir dan Firman Tuhan katakan “Jangan kuatir, karena Allah mengetahui semua keperluan kita“ (Matius 6:32). Saat kita takut, Firman Tuhan katakan “Jangan Takut, sebab Aku menyertai Engkau” (Yesaya 41:10).

Firman Tuhan kuat dan berkuasa.

Mari belajar menghargai Firman Tuhan, karena tidak pernah tahu tantangan apa yang kita akan kita hadapi dalam kehidupan. Saat itulah kita memerlukan Firman Tuhan untuk menolong kita.

Meminjam istilah Admin Bingo, “ngerasa Firtu jleb banget di hati” seperti itulah Firman Tuhan. Firman Tuhan lebih tajam dari pedang bermata dua. Firman Tuhan sanggup menyingkapkan segala pikiran yang tersembunyi, membedakan pertimbangan dan pikiran. Kehidupan kita terbuka sepenuhnya di hadapan Firman. Ketika Firman Tuhan disampaikan, kita tidak akan mampu lagi berkelit dan berdalih. Saat itulah kita perlu menerima dengan lemah lembut Firman yang mengubahkan kehidupan kita. Berkeras hati dengan mengatakan “oh itu bukan aku” hanyalah bentuk lain dari menyangkal kesalahan yang sudah kita perbuat. Menolak kebenaran tidak akan menolong kita.

Mari kita terima koreksi dari Firman Tuhan, maka kita akan selamat lepas dari jerat maut.

Mari kita renungkan:

Rekan-rekan remaja pemuda, seberapa banyak Firman Tuhan yang sudah kita terima?
Apakah kita sudah benar2 menerima Firman Tuhan itu dan menghidupinya?
Sudahkah kita mengijinkan Firman Tuhan memimpin hidup kita?
Maukah kita membiarkan Firman Tuhan yang bagaikan pedang bermata dua itu menjagai langkah hidup kita?

Mari kita belajar mendengar, merenungkan, dan melakukan Firman Tuhan sehingga Firman Tuhan itu tumbuh, berakar, dan berbuah dalam hidup kita.

Firman Tuhan itu kuat karena Firman Tuhan melaksanakan kehendak Allah dan berhasil melaksanakan apa yang diperintahkan Allah.

Yesaya 55:11, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Komitmen kita hari ini:

Aku mau belajar terbuka dengan peringatan dari Firman Tuhan sehingga kehidupanku semakin diperbaharui setiap hari dan sesuai Firman.

DDO – AEP