Kebenaran_Firman_Tuhan_mengubahkan_Fakta_Kehidupan

Renungan Harian Sabtu, 25 Juli 2020

Tuhan Yesus adalah Pusat dalam Iman Kekristenan. Hari ini kita akan merenungkan mengenai Pribadi Tuhan Yesus Kristus berdasarkan ayat berikut

Yohanes 14:6  YESUS berkata  “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.  Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”.  

1. Akulah Jalan ~ Akses

Yesus adalah satu-satunya jalan keselamatan, akses kita UNTUK mendapat hidup yang kekal.  Roh kita selamat dari hukuman kekal.  Namun tidak berhenti hanya saat kita menerima Yesus.  Jalan ini memiliki implikasi sebuah progress/ kemajuan (dalam suatu perjalanan, suatu jarak, suatu tindakan).

Filipi 2:12 ‘tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar’ – menyelesaikan… Mengapa?  Karena perlu ada kemajuan dalam hidup keselamatan kita agar pikiran dan perasaan dan kehendak kita yg sama dengan Yesus (Ayat 5,8Kita perlu terus mensinkronkan pikiran, perasaan, kehendak pribadi kita dengan Yesus agar semakin lama rupa Yesus itu semakin nyata dalam seluruh keberadaan kita.

2. Akulah Kebenaran ~ Firman Tuhan

Dalam injil Yohanes 18:38a, Pilatus bertanya ‘Apakah kebenaran itu? Yesus tidak menjawab beberapa pertanyaan2nya hingga dia berkata dalam

Yoh 19:10-11  ~ Tidakkah Engkau tahu bahwa aku (Piltaus) berkuasa untuk membebaskan Engkau dan berkuasa juga untuk menyalibkan Engkau?’  Yesus kemudian menjawab ‘Engkau tidak punya kuasa apa pun jika tidak diberikan dari atas.’

Kita hidup dalam dunia yg dikelilingi oleh fakta dan Kita tidak dapat pungkiri atau abaikan kenyataan2 tersebut.  Namun Yesus berkata Akulah Kebenaran, Akulah Firman Kebenaran  dimana kita tahu segala kuasa telah diberikan pada-Nya. 

Firman Kebenaran adalah senjata kita yaitu pedang Roh (Efesus 6:17) Kebenaran punya kuasa yang lebih tinggi dari fakta.   

# Saat fakta menyatakan kita sakit,  maka Kebenaran Firman berkata ‘Oleh bilur2-Nya kita menjadi sembuh,Yes 53:5, 1 Petrus 2:24
# Saat fakta menyatakan kita lelah, lesu Kebenaran Firman berkata ‘Tuhan memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tidak berdaya’ (Yes 40:29; Mat 11:28
# Saat fakta menyatakan kita berada dalam kekurangan maka Kebenaran Firman berkata ‘Tuhan akan memenuhi segala/ semua keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya’ (Filipi 4:19)
# Saat fakta menyatakan ada bahaya/ hal2 buruk sedang terjadi maka Kebenaran Firman berkata ‘Tuhan adalah perlindungan, pelepas kita, perisai, benteng, Ia memerintahkan malaikat2-Nya utk menjaga kita‘ (Maz 91:2-4, 9, 11,14-15);
# Saat fakta menyatakan kita sendiri maka Kebenaran Firman berkata ‘Tuhan memberikan seorang Penolong lain untuk menyertai kita sampai selama-lamanya, yaitu Roh Kudus yg adalah Roh Kebenaran dan diam di dalam kita.’ (Yoh 14:16-17)
Dan semua fakta negatif yang lain … Firman Tuhan selalu memiliki solusinya

Kebenaran dapat mengubah fakta karena ada kuasa yang ada didalamnya. Prinsip Kebenaran tidak pernah berubah sebagaimana kuasa Yesus tidak berubah dari dulu sampai selamanya. 

Bila kita mau berkemenangan atas keadaan kita perlu mengisi diri dengan Firman Tuhan.  Setiap kali kita mengaplikasikan Kebenaran Firman pada setiap fakta yg kita hadapi kita sedang menggunakan senjata kita.  Karya Tuhan, janji Tuhan, pertolongan Tuhan tidak ditentukan oleh keadaan tetapi oleh ketaatan dan iman kita akan kuasa-Nya.

3. Akulah Hidup ~ Hidup yang berkualitas.

Ketika pertama kali Tuhan menganugrahkan nafas yang pertama kepada masing-masing kita maka Tuhan sudah punya rancangan yg luar biasa bagi hidup kita.  Tuhan ingin memberikan hidup yg berkualitas.   

Yohanes 10:10b (Amplified)  “Aku datang agar mereka memiliki dan menikmati hidup dan memilikinya dalam kelimpahan (hingga penuh, hingga ‘luber’) 

Kita sadar bahwa hidup kita di dunia terbatas, hanya sementara.  Setelah itu ada hidup yang kekal menanti.   Bagi kita yang  memilih Yesus sebagai jalan untuk hidup yang kekal itu maka kita akan hidup bersama Dia selama-selamanyanya di surga. Seberapa lama Tuhan mengizinkan kita hidup di dunia ini biarlah kita hidup dalam kebenaran-Nya, kita mengizinkan Roh Kudus mengubah kita menuju kepada kesempurnaan. 

Kita bangga dan bersyukur percaya sepenuhnya kepada Tuhan Yesus yang menyiapkan berkat dalam kehidupan ini sekarang bahkan sampai kepada kekekalan

GS