Renungan Youth 04 Mei 2020

Bacaan Kejadian 37: 23-24, 28, 39:2, 20-21,23; 41:39-40.

Syalom rekan-rekan Elohim Youth ….

Rekan-rekan dalam perjalanan kehidupan ini, kita seringkali diperhadapkan pada suatu proses. Seperti saat-saat ini, kita sebagai pelajar harus menghadapi situasi yang kurang menguntungkan bagi kita, dimana sebagai pelajar atau mahasiswa, kita harus belajar dirumah, demi mengejar cita-cita, atau impian kita. Ada sesuatu yang tidak biasa kita lakukan disaat pandemi Corona ini.

Sebagai anak-anak remaja maunya kumpul bareng temen atau pinginnya ketemu sama teman-teman, atau sahabat-sahabat mu, tapi saat ini kalian harus belajar dirumah, dan gak bisa ketemu sama mereka. Belum lagi ada yang harus bantu orang tuanya cari nafkah, karena orang tuanya di PHK atau kerjaan lagi sepi atau bahkan orang tuanya gak ada pekerjaan.

Itu semua adalah proses kehidupan yang harus kita lalui.

Mungkin kalian bisa jadi akan menggerutu dengan hal-hal yang terjadi ini,  katanya Tuhan menyertai kehidupan kita, tapi kenapa kita masih harus menjalani proses, yang Tuhan ijinkan untuk kita lalui? Atau mungkin kalian akan bertanya apakah Tuhan masih sayang kepada kita? Hal-hal ini seringkali ada di benak pikiran kita.

Ayo baca Firman Tuhan dalam

Amsal 23:18 mengatakan bahwa:  Karena Masa depan itu sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Dalam Yeremia 29:11 mengatakan: Sebab aku ini mengetahui rancangan-rancangan yang ada pada-Ku mengenai kamu , demikianlah firman Tuhan , yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan , untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Dalam Kejadian pasal 37 dan 39 menceritakan bagaimana Yusuf menghadapi banyak proses dalam perjalanannya mengejar mimpinya, sampai mimpinya terwujud dalam hidupnya …

1. Yusuf dimasukkan kedalam sumur (Pasal 37:24)
2. Yusuf dijual (Pasal 37:28)
3. Yusuf dimasukkan penjara (Pasal 39:20)

Dalam hal ini pertanyaannya adalah apakah Yusuf tidak disertai oleh Tuhan? Yuk kita lanjutkan kisah kehidupan Yusuf

1. Kejadian 39: 2 , tetapi Tuhan menyertai Yusuf sehingga ia menjadi orang yang berhasil dalam hidupnya.
2. Kejadian 39:21. Tetapi Tuhan menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setiaNya kepadanya, dan membuat Yusuf menjadi kesayangan bagi kepala penjara itu.
3. Kejadian 39: 23. Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepadanya kepada Yusuf, karena Tuhan menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat Tuhan berhasil.

Tuhan senantiasa menyertai Yusuf, tapi Yusuf harus tetap menjalani proses dalam kehidupannya. Oleh karena itu, kita tetap memohon penyertaan Tuhan dalam hidup kita, dan menjalanin proses yang harus kita jalani dalam kehidupan ini . sehingga apa yang kita impikan dan cita-citakan boleh kita raih dalam kehidupan ini.

Proses adalah Tempat dimana kita dibentuk untuk menikmati setiap Tujuan yang Tuhan tetapkan. Jangan mengejar apa yang Instan tetapi kejarlah apa yang benar, walaupun tidak mudah. Ingat selalu andalkan penyertaan Tuhan

Tetap semangat Tuhan Yesus memberkati.

Komitmenku Hari ini.,

Aku mau menjalani setiap proses yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidupku, walaupun tidak mudah aku PERCAYA akan PENYERTAAN TUHAN yang akan memampukan aku

RA – KPH