Renungan Harian, Sabtu 30 Januari 2021

Yeremia 29:11, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Robert Rogers, kehilangan istri dan 4 anaknya pada banjir besar yang melanda Kansas pada bulan Agustus 2003. ”Aku harus meletakkan Zachary, Nicholas, dan Alenah sekaligus, di dalam ambulans itu aku memandangi mereka dan berkata, ke dalam tangan-Mu aku serahkan roh mereka” doa Robert. Para penolong akhirnya menemukan anak tertuanya keesokan paginya sebelum mayat istrinya ditemukan 2 mil dari bendungan itu. Itulah kesaksian dari Robert Rogers, seorang anak Tuhan dan pelayan Tuhan yang tetap tegar menghadapi badai ganas yang merenggut nyawa keluarganya.

Terkadang kita menghadapi hidup yang begitu sukar dan tidak kita mengerti.  Sehingga timbul pertanyaan ”Mengapa ini terjadi ya Tuhan?”.  Setiap orang dapat merencanakan sesuatu yang baik untuk kehidupannya, baik untuk masa kini ataupun masa yang akan datang. Tetapi bagi orang percaya, kita meyakini bahwa hanya Tuhan yang merancang suatu kehidupan yang terbaik bagi kita, rancangan-Nya sempurna.  Dalam Yesaya 55:8 dikatakan bahwa jalan manusia berbeda dengan jalan Tuhan, sehingga  seringkali  manusia  tidak  mengerti  akan  rencana  Tuhan.  Rancangan  Tuhan  itu sempurna adanya, sekalipun jalan-Nya tidak terselami bagi kita, tetapi rencana-Nya itu yang terbaik. 

Roma 8:28 mencatat bahwa “Allah turut bekerja dalam SEGALA SESUATU mendatangkan kebaikan bagi mereka yang MENGASIHI DIA, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan RENCANA ALLAH.”

Segala sesuatu yang terjadi atas hidup kita ada dalam kendali Tuhan. Sekalipun banyak tantangan yang kita hadapi, semuanya terjadi dalam kendali Allah. Tidak ada sesuatu terjadi secara kebetulan. Tuhan tidak akan membiarkan sesuatu terjadi dalam hidup kita tanpa seizin-Nya.

Jika mungkin kita sempat mengalami sesuatu hal yang tidak kita mengerti, percayalah bahwa rancangan-Nya yang terbaik tetap berlaku untuk kita. Manusia dapat mereka-rekakan yang buruk bagi kita, tetapi Tuhan membuat segalanya baik (Kejadian 50:20).

Manusia mungkin berkata  bahwa kita tidak mempunyai masa depan, tetapi jangan takut karena hari depan kita terjamin di dalam Tuhan. Oleh karenanya, apa pun yang kita alami saat ini, jangan pernah tawar hati, sebab Tuhan tahu seluruh keberadaan hidup kita.

Rancangan Tuhan atas hidup kita tidak pernah gagal. Sekalipun kita melewati banyak proses, rancangan-Nya akan tergenapi dengan sempurna.

Dalam Ayub 42:2 dikatakan, ”Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal”.

Sekalipun kehidupan Ayub sempat  mengalami masalah, tetapi Tuhan sanggup memulihkan Ayub dan ia mengalami suatu pengalaman yang indah bersama Allah. Pastikan bahwa hidup kita selalu dalam rancangan Tuhan yang sempurna. Percayalah, rancangan Tuhan atas hidup kita tidak pernah gagal, sekalipun kita melewati banyak proses, rancangan-Nya akan tergenapi dengan sempurna.

“Jika masa lalu anda terlalu suram untuk diingat, mengapa tidak segera anda alihkan memandang masa depan yang mana Tuhan sudah rancangkan dengan indah.”

Amin.  Selamat Pagi, Selamat beraktifitas dan Tuhan Yesus Memberkati.

DS