Renungan Harian Anak, Selasa 30 Juni 2020

Holaaa Halloooo adik adik semuaaa. Semua sehat hari ini? Puji Tuhan.. Semoga semua tetap sehat dan jangan lupa selalu mengucap syukur.

Adik adik kakak mau tanya, apakah adik adik sudah pernah melihat pohon anggur dan buahnya? seperti apasih pohonnya? atau siapa yang punya pohon anggur di rumah? Nah kakak beritahu ya kalau perawatan pohon anggur yang utama adalah pemangkasan ranting- ranting yang tidak menghasilkan buah sehingga pertumbuhan buah di ranting yang lain menjadi maksimal sehingga buahnya nanti akan dapat dinikmati oleh banyak orang. Seperti itu adik adik, semua pasti suka buah anggur kan.

Apakah adik-adik tahu bahwa Tuhan Allah kita juga adalah pemilik kebun anggur loh. Ayo kita lihat dalam Yohanes 15:1-8, dalam firman ini Yesus berkata bahwa Dia adalah pokok anggur yang benar, Bapa adalah pegusahanya dan kita adalah ranting – rantingnnya lalu dunia tempat kita tinggal saat ini adalah kebun anggur milik Tuhan. Seperti lagu sekolah minggu yang sering kita nyanyikan“Yesus Pokok dan kitalah carangnya tinggalah didalamNya 2x … Pastilah kau akan berbuah”.

Kita semua percaya pada Tuhan Yesus dan kita harus berbuah jangan sampai tidak berbuah karena jika kita tidak berbuah kita akan disingkirkan seperti ranting yang dipotong dari pokoknya. Saat kita dipisahkan karena tidak berbuah kita akan menjadi kering lalu dibakar karena kita tidak ada gunanya, tetapi ada yang harus kalian ingat bahwa kita harus tinggal di dalam Yesus dan Yesus di dalam diri kita barulah kita dapat berbuah.

Bagaiman supaya Yesus tinggal di dalam kita? Caranya adalah kita harus mengaku percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan juru selamat hidup kalian dan mengundang Tuhan Yesus untuk tinggal dalam diri kita setelah Yesus tinggal dalam hati kita, kita pun harus tinggal dalam Dia dengan cara tekun berdoa dan belajar tentang firman Tuhan sehingga kita selalu dekat denganNya dan kita dapat berbuah karena Tuhan ada dalam hidup kita supaya kita menjadi berkat bagi banyak orang seperti pohon anggur yang buahnya bisa dinikmati oleh orang lain. Sekarang siapa yang bisa menjawab pertanyaan kakak, jika pohon anggur berbuah angur, manusia berbuah apa?

Jawabannya ada di Alkitab, buah apa yang harus kita hasilkan, kita dapat baca di Galatia 5:22-23. Ternyata Tuhan Yesus ingin supaya kita menghasilkan buah- buah ini, yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, Kesabaran, kelemahlembutan, kemurahan, kebaikan, penguasaan diri dan kesetiaan.

Sekarang kita sudah tahu bahwa kita harus berbuah dan buah apa yang harus kita hasilkan, oleh karena itu adik- adik, coba periksa diri kita masing- masing apakah buah- buah ini sudah ada dalam diri kita atau belum, jika belum, ayo, belum terlambat untuk memulai sehingga suatu hari nanti orang lain bisa menikmatinya dan dapat mengenal Yesus melalui diri kita.

Ayat Hafalan hari ini :

Yohanes 15 : 2, Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Komitmenku hari ini:

Tuhan Yesus, aku mau menjadi ranting anggur milikMu yang berbuah lebat dan menjadi berkat bagi banyak orang

KCP – SP