Renungan Harian Anak, Selasa 15 September 2020

Selamat pagi adik-adik. Bagaimana kabarnya hari ini? Pasti luar biasa kan? Nah pagi ini kita akan belajar Firman Tuhan bersama-sama ya….

Adik-adik ada sebuah cerita, perhatikan semuanya ….

Pada suatu hari Nico sekeluarga sedang makan malam. Sambil menikmati hidangan makan malam Papa bercerita tentang pengalamannya di hari itu. “Tadi kan ada acara ulang tahun teman di kantor, lalu semua karyawan diberikan nasi kotak. Karena papa belum merasa lapar dan ingin makan malam bersama keluarga di rumah jadi Papa bawa pulang nasi kotaknya. Di perjalanan pulang, Papa melihat ada seorang anak kecil yang meminta-minta di perempatan lampu merah. Lalu ada suara yang berbisik di hati Papa, ‘Kasih saja nasi kotak ke anak itu.’ Ketika lampu berwarna merah, Papa buka kaca mobil dan memberikan nasi kotak itu kepadanya. Lalu anak kecil itu berlari ke pinggir jalan lalu membuka kotak nasi itu untuk dimakan bersama adiknya.” Papa merasa senang dan terharu melihat kedua kakak beradik itu makan dengan lahapnya.

Adik-adik, mungkin kita pernah mengalami hal seperti yang dialami oleh Papanya Nico. Ada suara dari hati kita yang mengajak kita untuk berbuat baik kepada orang-orang yang ada di sekitar kita meskipun mungkin terkadang kita tidak mengenal mereka.

Jadi siapakah yang berbisik itu?

Suatu kali ada bisikan yang didengar oleh orang-orang Kristen di Tirus. Mari kita membaca bacaan firman Tuhan hari ini di dalam Kisah Para Rasul 21:1-11. Di ayat yang ke 4 disebutkan

Oleh bisikan Roh murid-murid itu menasihati Paulus, supaya ia jangan pergi ke Yerusalem.”

Ternyata yang berbisik itu adalah siapa adik-adik? Ya itu adalah ROH KUDUS. ROH KUDUS membisikkan di dalam hati orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, supaya Paulus jangan pergi ke Yerusalem karena di ayat 11 disebutkan Paulus akan diserahkan ke dalam tangan bangsa-bangsa lain atau dengan kata lain ia akan ditangkap karena banyak orang yang tidak suka dengan pelayanan Paulus.

Adik-adik, senang sekali ya kalau kita bisa mendengarkan suara ROH KUDUS. Kita dapat melakukan apa yang dikehendaki Allah Bapa di dalam kehidupan kita.

Adik-adik harus belajar mendengarkan tuntunan Roh Kudus yang berbicara dalam hati adik-adik semuanya. Oleh karena itu, mari kita minta kepada Allah Bapa agar kita diberikan kemampuan untuk mendengar bisikan ROH KUDUS dalam diri kita dan mengerti bahwa ROH KUDUS membimbing kita.

Ayat Hafalan hari ini

Lukas 12:12, Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkanmu apa yang harus kamu katakan.

Komitmenku hari ini

Bapa Surgawi, ajarlah aku untuk peka mendengarkan suara ROH KUDUS di dalam hatiku supaya aku dapat melakukan hal-hal yang baik untuk orang-orang di sekitarku.

EPR – SP