Renungan Harian Anak, Jumat 25 Februari 2021

Shallom…. selamat pagi Elohim Kids. Kiranya perlindungan, damai sejahtera, dan kesehatan dari Tuhan selalu menjadi bagian kita semua. Tetap semangat menjalani hari ini, tapi…… ingat awali dengan firman Tuhan ya…..

Ayo kita mulai renungan Firman Tuhan hari ini

Apakah Adik-adik tahu seorang tokoh alkitab bernama Yusuf? Yusuf yang akan kita bahas bukan Yusuf suami Maria ya, tapi Yusuf anak Yakub. Adik-adik tentu ingat bagaimana kisah Yusuf, dari anak kesayangan ayahnya yang bermimpi akan menjadi pemimpin bagi saudara-saudaranya lalu dijual dan menjadi budak di Mesir. Tidak hanya itu, Yusuf juga dipenjara karena difitnah oleh istri Potifar dan dilupakan di sana.

Akan tetapi Yusuf tidak pernah melupakan Tuhan 

Mimpi yang pernah ia dapatkan saat masih di rumah ayahnya menjadi pengharapan bagi Yusuf. Yusuf yakin bahwa Tuhan punya rencana yang luar biasa atas hidupnya. Dengan tetap percaya dan bertekun dalam doa, Yusuf tetap memelihara imannya meskipun dalam keadaan yang tidak mengenakkan di dalam penjara. Meski keadaannya sulit, Yusuf tetap berharap dan percaya kepada Tuhan, sehingga Tuhan pun menambahkan hikmat atas Yusuf sehingga ia dapat menafsirkan mimpi.

Kejadian 39:21 Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu … Ayat 23 Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.

Wah kesabaran dan ketekunan Yusuf ternyata membuat Yusuf menikmati berkat penyertaan Tuhan yang membuatnya berhasil dan segala hal yang dia lakukan. Kesabaran dan ketekunan Yusuf akhirnya membuahkan hasil. Dengan hikmat Tuhan, Yusuf dapat mengartikan mimpi Firaun dan bahkan diangkat menjadi orang penting di Mesir.

Ditengah pandemi yang saat ini belum berakhir, kita mungkin sering mengeluh karena tidak dapat bebas beraktivitas. Dan kita sudah mulai bosan berada di rumah sepanjang hari. Kita tidak dapat bermain bersama teman, belajar dan bermain di rumah saja, tidak bisa bebas jalan-jalan dan rekreasi, dan lain sebagainya.

Tapi kita perlu belajar dari Yusuf. Mari kita tetap bertekun dalam doa kita. Dalam Tuhan Yesus kita masih memiliki pengharapan.

Kalau saat ini kita sedang dalam kesusahan dan kesulitan, firman Tuhan katakan kita harus tetap bersabar (Roma 12:12). Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada Tuhan melalui doa-doamu (Makmur 55:22). Kita yakin dan percaya Tuhan akan memampukan kita melewati masa pandemi ini. Tetap berusaha ikuti protokol kesehatan. Tetap bersukacita di dalam Tuhan, bersabar dan bertekun dalam doa kepada Tuhan.

Ayat Hafalan:

Roma 12:12, Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Komitmen hari ini:

Tuhan, aku percaya Engkau selalu besertaku. Aku mau tetap berharap kepadamu dan tekun berdoa ditengah kesulitan yang aku hadapi.

SP -IFM