Renungan Harian anak, 25 Mei 2020

“Saling melengkapi mendatangkan sukacita & damai sejahtera”

Bacaan: Keluaran 3:7-11 & Keluaran 4:10-14.

“Selamat pagi adik’’, masih tetap dirumah kan…? Nah…adik-adik tetap semanagt dan gak boleh bosan, yuk dengar dan baca renungan Firman Tuhan ya..!

Pagi ini kakak mau bersaksi ya, mengenai tangan kanan & tangan kiri. Sewaktu tangan kiri kakak keseleo… terkilir gitulah istilahnya, waktu sakit sekali tidak bisa buat angkat barang / ambil barang yang berada ditempat tinggi. Sehingga semua kegiatan dikerjakan tangan kanan sewaktu tangan kiri tidak dapat melakukannya tangan kanan akan cepat-cepat menolong!

Waduh. . . jadi capek sekali yah tangan kanan ya adik-adik. Tetapi coba renungkan pernahkah tangan kanan marah dengan tangan kiri? Merasa iri atau berantem…? Gak pernah kan…. Waktu sudah selesai semua pekerjaan, sudah duduk santai… ganti tangan kiri yang mijitin tangan kanan…masih bisa kok tangan kiri untuk mijitin. Tentunya jadi enak tangan kirinya sehingga pegal-pegalnya akan sedikit berkurang.

Nah…adik-adik betapa serasinya tangan kanan dan tangan kiri, bisa saling menolong dan melengkapi. Tidak pernah iri hati…,tidak merana/kesepian kan, sebab dimana ada tangan kiri selalu ada tangan kanan. Gak mungkin kan ditinggal salah satu. Adik-adik …hari-hari ini kan kita selalu bersama-sama dengan kakak, dengan adik dan dengan papa dan mama. Bisa gak kita saling melengkapi dan menolong? Contoh kecil misalnya pensil kakakmu jatuh dikolong meja waduh kakakmu kan badannya besar tidak bisa masuk kedalam kolong meja, nah adik kan badannya lebih kecil bisa kan bantu kakak untuk mengambilkan pensil kakak… Sebaliknya kalau adik mau mengambil barang yang ada diatas lemari, wah… tangannya tak sampai tanggannya…saatnya kakak bisa bantu mengambilnya.

Nah adik-adik kalau kita bisa saling membantu, maka akan selalu ada suka cita dan damai sejahtera. Didalam kitab keluaaran 3:7-11 & keluaran 4:10-14, diceritakan tentang Nabi Musa…masih ingat ceritanya? Bisa dibacakan mama atau kakak ya. Nabi Musa adalah Nabi pilihan Tuhan untuk menuntun bangsa Israel keluar dari bangsa Mesir, Sebagai pimpinan bangsa yang besar, Musa juga punya kekurangan lo…adik-adik. Bapak Musa ini ternayat gak pernah pandai bicara, jadi untuk menemui bapak Firaun , bapak Musa ditemani dengan kakaknya Harun. Wah… senangnya kalau kita punya saudara bisa saling menolong!

Karena itu adik-adik hari ini kita belajar bahwa Tuhan mau kita selalu hidup rukun dengan saudara…dengan orang-orang disekitar kita.

Ayo kita baca ayat kita hari ini

Mazmur 133:1, Sungguh alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!”

Nak …Tuhan mau kita selalu hidup rukun, sehingga walau harus tinggal dirumah kita jadi betah & ga bosan ya!

Komitmenku hari ini :

Tuhan Yesus aku mau hidup rukun, saling melengkapi dan selalu mendatangkan sukacita dan damai sejahterah!

SD – KCP