Renungan Harian Anak, Rabu 07 Desember 2020
(Kisah Rasul 4:23-37)

Shallom….hallo adik-adik yang dikasihi Tuhan apa kabar hari ini? Masih bersukacita semua ya. Hari ini kita berjumpa lagi untuk sama-sama mendengarkan Firman Tuhan. Disimak baik-baik ya adik-adik semua.

Bacaan hari ini ada di Kisah Para Rasul 4:23-37, diceritakan setelah Rasul Petrus dan Yohanes di lepaskan dari pemeriksaan oleh para pemuka agama dan Ahli Taurat, mereka kembali mendapati saudara-saudara seiman, dan menceritakan kepada mereka apa yang terjadi. Adik-adik Hal ini tentunya menimbulkan rasa kuatir karena mungkin saja dikemudian hari Petrus dan Yohanes akan ditangkap dan diadili lagi juga besar kemungkinan setiap orang percaya akan diperlakukan demikian. Karena itu mereka kemudian bersekutu bersama dan memanjatkan doa kepada Tuhan atas segala hal yang menimpa diri mereka dan memohon kekuatan dari Tuhan agar mereka berani memberitakan firmanNya.

Adik-adik Tuhan menjawab doa dan permohonan mereka dengan mengaruniakan Roh Kudus untuk memampukan mereka bersaksi. Penyertaan Roh Kudus dalam diri mereka masing-masing juga kemudian memampukan mereka untuk saling mendukung baik dalam doa-doa mereka maupun dalam kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini diwujudkan dalam cara hidup jemaat yang saling menopang kehidupan dan keadaan satu dengan yang lain dengan apa yang mereka miliki. Semua yang dimiliki oleh masing-masing orang diberikan untuk dapat digunakan bersama-sama sehingga tidak ada yang berkekurangan.

Taukah adik-adik kekuatan yang mempersatukan mereka untuk saling mendoakan dan saling berbagi adalah Roh Kudus yang dikaruniakan kepada mereka yang mengaku percaya dan beriman kepada Tuhan Yesus. Di tengah ancaman atas keselamatan jiwa mereka sebagai orang percaya, mereka diperhadapkan pada pilihan untuk menyangkal iman mereka kepada Tuhan Yesus atau dimusuhi bahkan dikejar-kejar untuk ditangkap dan dihukum. Nah tanpa kekuatan dari Roh Kudus mereka sudah pasti memilih untuk menyelematkan diri mereka dengan cara menyangkal iman dan percaya kepada Tuhan Yesus.

Adik-adik ada begitu banyak godaan maupun tekanan yang secara langsung maupun tidak langsung membuat iman dan percaya kita menjadi bisa menjadi goyah. Dan hal penting yang bisa membuat kita mampu bertahan dan terus bertumbuh adalah dengan Bersatu dalam doa dan saling mendoakan satu terhadap yang lain.

Adik-adik hal menarik yang perlu kita renungkan dari bacaan kita hari ini adalah apakah kita sudah menjadi orang-orang percaya yang membangun persekutuan untuk saling mendoakan dan mendukung dalam berbagai hal? Mari adik-adik kita mulai untuk saling mendoakan dan saling menopang satu sama lain dan selalu bersekutu kepada Tuhan ya. Adik-adik bisa mulai mendoakan Keluarga, Orang tua, saudara dan teman kalian. Karena hanya dengan dekat kepada Tuhan kita akan selalu dituntun oleh Roh Kudus agar mampu saling mendukung dan mendoakan.

Ayat Hafalan

Filipi 1:4 Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita.

Komitmen

Tuhan…aku mau menjadi anak yang saling menolong dan mendoakan. Aku mau selalu dekat kepada Tuhan agar dimampukan melakukan hal-hal yang berkenan kepadaMu.

-NJ-GCT