Renungan Harian Youth, Sabtu 06 Februari 2021

Yohanes 9: 1-7

“Tidak semua bisa berjalan sesuai apa yang kita mau”.

Hai, rekan-rekan youth. Gimana kabar kalian sekarang? Apakah situasi yang sekarang adalah bagian dari situasi yang kalian harapkan? Apakah kondisi kalian sekarang sama seperti yang kalian mau.
Hmmmm…. Seringkali kalimat-kalimat itu muncul dalam pikiran kita kan? Apalagi kalau kita lagi menginginkan sesuatu tapi nggak terwujud, betul ga?
Nah kalau pikiran itu muncul akhirnya kita akan lupa kalau sebenarnya saat segala sesuatu terjadi itu selalu ada alasannya ~Everything happend for a reason”

Sama seperti apa yang Tuhan firmankan dalam Yohanes 9:1-7.
Waktu itu murid-murid Tuhan Yesus bertanya padaNya

Rabi, siapakah yang bebruat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya sehingga ia dilahirkan buta?” (ayat 2) . Tuhan menjawab yang intinya adalah “pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam orang buta itu”(ayat 3-5).

Setelah menjawab itu pun Tuhan tidak hanya tinggal diam lalu pergi meninggalkan orang buta itu, tetapi Tuhan menyembuhkannya, Tuhan membuat dia tidak buta lagi (ayat 6-7) … dan akhirnya melalui kisah orang buta ini nama Tuhan dipermuliakan.

Nah, rupanya pertanyaan murid-muridnya itu sedang menunjukkan apa yang sering kita tanyakan, “kenapa sesuatu terjadi?”, apakah itu karena kesalahan kita, orang tua kita, teman kita, ataukah orang lain?. Dan jawaban Tuhan Yesus adalah bahwa orang yang buta sejak lahir itu dipakai oleh Allah untuk menunjukkan pekerjaanNya.

So, sebenernya rekan-rekan, sebagai anak Tuhan yang percaya akan kedaulatan Tuhan dalam kehidupan kita apapun yang sedang terjadi di dalam diri kita itu bukan untuk main-main. Kalaupun Tuhan izinkan kita punya dan menghadapi masalah, itu pasti karena Tuhan mau menyatakan pekerjaanNya melalui kita. Entah itu untuk mengajari kita ataupun menguatkan iman kita kepadaNya.

Bahkan kalau pun Tuhan mengizinkan sesuatu terjadi yang tampaknya tidak baik menurut kita, Dia tidak akan meninggalkan kita, Dia akan bertanggungjawab atas apa pun yang terjadi dalam hidup kita sama seperti apa yang Tuhan lakukan pada orang buta itu, Dia juga Allah yang akan tetap menolong kita.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

Sama seperti apa yang orang buta itu kerjakan saat Tuhan menyuruhnya untuk pergi dan membasuh diri di kolam Siloam, dan orang but aitu pun melakukannya “pergi dan membasuh diri”. Itu artinya kita harus tetap Taat dan percaya bahwa perkataan Tuhan yang hanya bisa menolong kita.

Kalau sesuatu terjadi dalam hidupmu? Tetaplah percaya, bahwa DIA punya alasan dan kejutan terbaik dalam hidupmu. Tetaplah percaya kepada Firman-Nya dan janji-janji Tuhan dalam kehidupanmu … Nantikanlah! Karya Tuhan didalam kehidupanmu

Mazmur 9:10-11 Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan. Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kautinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN.

Komitmenku hari ini:

Aku mau saat menghadapi masalah, semua tidak kebetulan dan aku mau terus percaya akan Rencana Tuhan, bahwa Dia akan menyatakan pekerjaanNya dalam hidupku.

GE – Ads

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … Nanti sore ada EL-Rei jam 16.30 yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah “VAKSIN DAN ANAK MUDA”. Wah …pastinya ini tema yang masih hangat dibicarakan bukan? Yuk kita akan bahas Bersama bagaimana seharusnya kita sebagai anak muda Kristen menyikapi masalah ini. Dan yang menarik akan ada narasumber terpercaya yang akan memberikan informasi dan pengalamannya Ketika menerima vaksin covid 19. Yuk bergabung dalam obrolan kita nanti sore

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah sudah bisa digedung gereja jam 06.00 pagi, Ibadah Online jam 07.00 dan Sunday Funday jam 08.15 di chanel youtube Elohim ministry.