Renungan Harian Youth, Sabtu 09 Januari 2021

Amsal 23:7a, Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia.

For as he thinks in his heart, so is he.

Bagaimana seseorang menilai dirinya… demikianlah ia.

Ayat diatas berbicara mengenai konsep diri (Gambar diri). Ada banyak orang yang bertanya mengenai rencana/Tujuan hidupnya, namun ada hal mendasar yang harus dipahami adalah memiliki pola pikir yang tepat …..

Menurut rekan-rekan, siapa yang memiliki kesempatan sukses?
Kita yakin bahwa semua orang itu memiliki kesempatan untuk sukses, namun sukses bukanlah sesuatu yang jatuh dari langit. Karena kesuksesan adalah hasil dan buah dari banyak sisi dan usaha kita.

Salah satunya yang kita bahas hari ini adalah tentang “POLA PIKIR” … Alkitab dengan jelas memberikan banyak contoh bagi kehidupan kita, Ketika Tuhan menyatakan rencana-Nya, yang Dia kerjakan terlebih dahulu adalah mengubah Pola Pikir kita untuk disesuaikan dengan pola pikir dari Allah sendiri. Dari sanalah akan lahir ketaatan yang akan menuntun kita kepada kesuksesan dalam menggenapi rencana Tuhan dalam kehidupan ini.

Setiap Keputusan kita selalu ada Resikonya

Ada orang yang ingin kelihatan hebat, kelihatan sukses, namun mereka memiliki kecenderungan untuk menghindari tantangan yang harus dihadapi. Mengambil keputusan untuk merancang kehidupan yang berhasil adalah sebuah tantangan untuk bersiap dengan segala resiko yang harus dihadapi.

Ketika Tuhan Yesus datang kedunia, membawa keselamatan bagi kita semua, kita melihat ada resiko yang Yesus ambil supaya keselamatan itu dapat dikerjakan. Dalam beberapa kesempatan Yesus menyatakan bahwa Mesias harus menderita, tentunya bagi murid-murid awalnya ini bukanlah sebuah pemahaman yang mudah dimengerti sampai Petrus dengan berani menolak pola pikir dari Yesus sendiri (Matius 16:21-23)

Dan pola pikir ini harus diselesaikan paling pertama.
Pola pikir yang tetap cenderung untuk mudah menyerah ketika kesulitan datang menghadang. Melihat kesulitan-kesulitan yang mungkin akan dihadapi. Melihat semua usahanya tidak membuahkan hasil yang ia inginkan. Ia merasa semua usahanya adalah sia-sia. Dan akhirnya menyerah. Mungkin juga ketakutan dengan Kritik yang akan dilemparkan kepada mereka. Belum lagi karena ancaman iri hati dari orang-orang yang ada disekitarnya.

Pola Pikir Berubah dan  Bertumbuh.

Orang yang memiliki pola pikir bertumbuh, akan terus memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Memang mengambil tindakan dan menghadapi hal yang baru adalah sesuatu yang tidak mudah dan nyaman dilakukan. Tapi ini sangat menantang.  

Anak Tuhan seharunya memiliki pola pikir bertumbuh menyambut tantangan dan perubahan, dan menyelaraskan dengan Agenda dari Tuhan.

Menjalaninya tidak mudah. Namun, keteguhan dan keyakinan membuatnya tidak pernah menyerah. Ia akan terus mencari jalan dan kehendak Tuhan Saat kegagalan datang, itu adalah proses belajar. Dan mereka memahami, itu bukan hasil akhir selama mereka terus melakukan sesuatu. Usaha tidak selalu langsung menghasilkan, namun, usaha adalah proses yang perlu dilakukan untuk menjadi orang yang lebih baik. Mau belajar untuk terus berubah dan bertumbuh. Bahkan Ia juga bahagia melihat orang lain juga berubah dan bertumbuh. Ia bersyukur dengan apa yang ia dapatkan, Ia menggunakan apa yang telah Tuhan titipkan dalam dirinya. Ia akan terus bertumbuh dan berkembang.

Seperti Nasehat dari Rasul Paulus dalam Filipi 4:8, Pikirkanlah sebuah perubahan dan beranilah untuk berubah

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Komitmenku hari ini

Aku mau selalu terus memiliki pola pikir yang terus diperbaharui didalam Tuhan Yesus, sehingga masa mudaku mengerjakan apa yang berkenan kepada Tuhan.

YNP – AdS

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … Nanti sore ada EL-Rei jam 16.30 yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah “PRIORITAS”… Diawal tahun ini tentunya penting untuk kembali kita menata prioritas dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga masa muda kita menjadi lebih maksimal lagi.

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah Onsite sudah bisa digedung gereja jam 06.00 pagi, dan Sunday Funday jam 08.15 di chanel youtube Elohim ministry.