Renungan Harian Youth, Minggu 11 April 2020

Syalom selamat pagi rekan-rekan Youth … dihari yang penuh sukacita ini saya ingin mengucapkan

SELAMAT PASKAH, YESUS BANGKIT …. YESUS HIDUP

Rekan-rekan youth … dalam peristiwa Paskah yang tercatat dalam Injil, Salah satu tradisi bangsa Israel zaman dulu adalah pergi mengunjungi orang yang sudah meninggal sambil membawa rempah-rempah. Rempah-rempah itu digunakan sebagai tanda hormat kepada orang yang meninggal. Tradisi ini juga dilakukan oleh perempuan-perempuan yang mengunjungi kubur Yesus setelah hari Sabat.

Rekan-rekan, pagi-pagi subuh, perempuan-perempuan yang bernama Maria dari Magdala, Yohana, dan Maria Ibu Yakobus mendatangi kubur Yesus untuk memberi rempah-rempah kepada jasad Yesus sebagaimana tradisi yang ada pada saat itu.

Betapa kaget dan ketakutannya mereka ketika melihat batu penutup kubur Yesus telah terguling. Namun batu terguling itu tidak serta merta menyadarkan mereka bahwa Yesus memang bukan manusia biasa, la adalah Anak Allah dan telah bangkit. Hal ini terjadi karena para perempuan itu telah melupakan perkataan-perkataan Yesus yang dikatakan ketika la masih berada bersama mereka,

Lukas 24:7, “… Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.”

Apa yang terjadi ? Adakah yang mencuri jasad Yesus?

Tetapi bagaimana caranya mencuri jasad Yesus, sebab kubur Yesus dijaga ketat oleh Tentara Romawi. Dengan penuh keheranan mereka pun segera menengok ke dalam, ternyata betul jasad Yesus tidak ada di sana. Bagaimana perasaan mereka? Pasti kaget bercampur heran. Perempuan-perempuan itu juga kaget ketika malaikat Tuhan muncul dan berkata

“Mengapa kamu mencari dia yang hidup, di antara orang mati? la tidak ada di sini, ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu di Galilea”

Ooo, barulah mereka teringat bahwa Yesus pernah berkata

Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang berdosa dan disalibkan dan akan bangkit pada hari yang ketiga.”

Sadarlah mereka bahwa perkataan Yesus sekarang sudah menjadi kenyataan. Mendengar berita dari para malaikat itu, para perempuan ini segera berlari, mereka tak sabar untuk segera mengabarkan kepada para murid yang lain,

“Yesus sudah bangkit!”

Semula para murid juga tidak percaya, namun Petrus segera bangun dan cepat-cepat pergi ke kubur untuk membuktikannya. Benarlah, ia hanya mendapati kain kafan, jasad Yesus tidak ada. la merenungkan apa yang sesungguhnya terjadi.

Apakah rekan-rekan percaya Yesus sudah bangkit? Atau ragu-ragu seperti para murid yang lain. Ayo, percayalah, karena la benar-benar bangkit dari kematian. Tidak ada yang perlu diragukan, bahwa Tuhan Yesus hidup. Kita sendiri merasakan kasih dan pemeliharaan-Nya dari waktu ke waktu. Walaupun kita tidak menyaksikan secara langsung, tetapi kasih-Nya menjadi bukti bahwa la benar-benar hidup dan menyertai kita.

Rekan-rekan youth …

Melalui kisah kebangkitan Yesus ini, kita dapat memahami bahwa kebangkitan Yesus memberi semangat dan dorongan bagi orang percaya dalam banyak hal. Kebangkitan Kristus dapat membangkitkan iman, daya ingat untuk mengingat kembali seluruh ajaran-Nya dan membangkitkan semangat untuk memberitakan tentang Dia.

Kebangkitan Yesus membangkitkan iman kita, bahwa kepercayaan kita kepada Yesus tidaklah sia-sia.

Yesus bukanlah Tuhan yang mati dan tak berdaya, melainkan Tuhan Yang bangkit dan hidup. Kebangkitan-Nya mendorong kita untuk bersaksi kepada dunia. Kebangkitan Yesus membuat kita percaya bahwa ajaran-Nya benar dan kekal.

Kebangkitan Yesus memberikan semangat baru agar kita tetap melakukan segala yang pernah dikatakan dan diajarkan-Nya.

SELAMAT PASKAH
SBAB DIA HIDUP ADA HARI ESOK

Komitmenku Hari ini …

Tuhan Yesus, Engkau sudah bangkit dari Kematian dan membuktikan Engkau berkuasa mengalahkan maut dan menyelamatkan hidupku dan menyediakan pengharapan bagi masa depanku.

SSM – AC

Ibadah Paskah Umum dapat disaksikan pada :
Hari Minggu, 12 April 2020 ~ Jam 07.00 WIB
pada Link berikut :
www.elohim.id/ibadahonline/
atau link youtube berikut :
https://youtu.be/LKSbqnfz2_k