Renungan Harian Anak, Jumat 18 Desember 2020

Selamat pagi adik-adik semuanya … wah siapa yang hari ini sudah merasakan kebaikan Tuhan? Kakak percaya semuanya menikmati kebaikan Tuhan hari ini.

Menurut Adik-adik, apa sih yang disebut baik? Apakah “Baik itu”, yang penting saya senang! Baik itu, yang penting saya suka dan tidak membuat saya kesal! Baik itu, kalau saya makan kenyang, punya uang banyak, dan… N0…N0…N0…semua jawaban itu salah

Adik-adik, kalau menurut Tuhan, yang disebut baik, bukan seperti itu. Apa sih maksud Tuhan, waktu Dia menciptakan dunia ini, setiap selesai menciptakan suatu ciptaan, kitab Kejadian selalu mengatakan, “Allah melihat bahwa semuanya itu baik.”

Coba kalian lihat Matahari, Apa yang baik dari matahari? Matahari adalah sumber energi, baik untuk kesehatan. Untuk menjemur pakaian, untuk menghangatkan tubuh.

Dan juga begitu banyak dan ajaib indahnya ciptaan Tuhan, mulai dari benda diangkasa, tumbuhan, binatang dan semua yang ada di bumi ini …semuanya baik.

Adik-adik, untuk apa semua itu tercipta? Semua ciptaan Allah baik, ditujukan untuk memulikan Namanya.  Kemudian Tuhan mau  manusia memelihara segala yang baik yang sudah Tuhan ciptakan. Allah menciptakan semuanya baik supaya semua ciptaan-Nya itu memuji-muji kebesaran Tuhan. Tuhan sungguh baik! Tidak ada yang tidak baik, yang diciptakan Tuhan sejak semula.

Jadi Adik-adik kalau kita berpikir tidak baik, misalnya: untuk apa sih banyak angin? Kita harus belajar berpikir yang baik dengan bertanya demikian, “Apa yang baik ya yang Tuhan beri pada saya kalau sekarang banyak angin?” Atau waktu kita kehujanan, kita mudah sekali mengatakan, “Payah  nih ada hujan!” Nah hati-hati. Lebih baik kita berkata, “Terima kasih, Tuhan, karena sekalipun saya kehujanan, ada banyak orang menikmati hujan. Para petani, orang-orang yang kepanasan pasti senang dengan hujan seperti ini. Terima kasih, Tuhan, karena hujan ini membuat mereka bersukacita karena dapat menanam Kembali.

Nah, Adik-adik, itulah maksud Tuhan menempatkan kita dengan semua ciptaan-Nya. Selain kita diminta untuk memeliharanya, kita juga diajak untuk berterima kasih pada Tuhan, karena apa yang Tuhan ciptakan itu, semuanya baik. Kalau saja ada pikiran yang tidak baik, itu bukan dari Tuhan. Kalau ada ciptaan Tuhan yang tidak baik, itu bukan karena Tuhan, tapi karena manusia tidak menjaganya dengan baik. Coba ada banjir karena hutannya gundul, ada longsor karena tanahnya digali terus.

Jadi ayo kita pelihara ciptaan Tuhan dan jangan lupa berterima kasih untuk setiap hal yang Adik-adik dapatkan dari Tuhan.

Terima kasih, Tuhan, untuk kebaikan Tuhan dalam hidup kami. lihatlah kebaikan Tuhan dan bersyukur setiap waktu. Belajarlah juga memelihara semua yang baik dan terhaga dengan baik..

Ayat Hafalan:

Kejadian 1:31 a,Maka Allah melihat segala yang dijadikan- Nya itu, sungguh amat baik”.

Komitmen hari ini

Tuhan mencipta segalanya baik untuk tujuan yang baik. Bersyukurlah selalu atas setiap kebaikan yang Tuhan limpahkan.

KB1 – YC