Renungan Harian Anak, Senin 1 Juni 2020

Bacaan : Yosua 1:1-9

Shallom…adik-adik yang dikasihi Tuhan. Apa kabar? Pasti semua dalam keadaan baik-baik ya. Ayo siapa yang sudah tidak sabar mendengarkan Firman Tuhan hari ini?

Yuk semua dengan tenang, kita simak baik-baik ya. Coba kakak tanya dulu, siapa disini yang ingat dengan cerita tentang Yosua? (Seperti yang beberapa hari lalu kita sudah dengarkan waktu dia menjadi Penginta di tanah Kanaan Bersama Kaleb dan 10 orangn lainnya)

Kalau begitu ayo kita sama-sama buka  ayat alkitab hari ini di Yosua 1:1-9 yang bercerita mengenai Yosua. Jadi adik-adik, Yosua adalah orang yang dipilih Tuhan untuk menggantikan Musa. Yosua dipilih oleh Tuhan karena dia setia, pemberani dan jujur. Yosua selalu mendampingi Musa kemanapun Musa pergi. Yosua mendampingi Musa ketika menerima taurat Tuhan di Gunung Sinai. Yosua juga setia menjaga tenda pertemuan ketika Musa bertemu Tuhan. Bahkan Yosua menghabiskan sebagian besar hidupnya di padang gurun mendampingi Musa. Yosua tetap setia kepada Tuhan sampai akhir hidupnya.

Wah keren sekali ya adik-adik, Yosua ini yang tetap setia pada Tuhan apapun yang terjadi. Siapa disini yang mau jadi seperti Yosua yang tetap setia pada Tuhan? Pasti semua mau ya adik-adik!!

Nah adik-adik sekarang buka juga alkitabnya di Yohanes 1:12 ya.

Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Di ayat ini Tuhan mengajak semua orang untuk memilih dan percaya kepada Tuhan. Tuhan juga mengajak adik-adik untuk setia, berani, dan bekerja buat Tuhan seperti Yosua yang melayani Tuhan sampai akhir hidupnya. Tuhan juga akan menyertai adik-adik yang setia dan percaya pada pertolongan Tuhan.

Jadi adik-adik, sebagai anak Tuhan kita semua harus selalu percaya ya pada Tuhan. Mau dalam keadaan apapun baik senang atau susah, baik sakit atau sehat kita semua harus yakin dan percaya pada pertolongan Tuhan.

Karena Tuhan itu sayang sekali kepada kita semua. Jangan sampai kita cuma mau setia sama Tuhan kalau Tuhan itu jawab doa kita atau Tuhan memberikan yang jadi maunya kita. Adik-adik harus selalu ingat kalau Tuhan selalu menyertai kita semua di sepanjang hidup kita dan kita perlu meneguhkan hati kita untuk selalu setia kepada Tuhan. Mau apapun dan bagaimanapun keadaan kita jangan sampai membuat kita meninggalkan Tuhan.

Perlu selalu kita ingat ya adik-adik kalau Tuhan itu selalu menerima keadaan kita dan tidak pernah sedikitpun meninggalkan kita. Meskipun terkadang doa kita belum dijawab Tuhan, bukan berarti Tuhan tidak ingat kita.

Tuhan punya cara dan waktu sendiri buat menjawab setiap doa kita. Asalkan kita tetap setia, berharap dan percaya kepada Tuhan saja. Ya seperti saat keadaan sekarang ini adik-adik, ketika keadaan bangsa Indonesia dilanda wabah dan membuat situasi kondisi menjadi tidak menentu, kita harus tetap serta semakin percaya kepada Tuhan. Bahwa pertolongan Tuhan ya dan amin buat setiap kita semua. Jangan sampai iman kita semakin kendor, tapi iman kita harus semakin teguh ya adik-adik. Kita semua tidak boleh kalah karena keadaan. Kita harus setia ya adik-adik karena Tuhan sudah terlebih dahulu setia.

Ayo kita baca ayat kita hari ini :

Yohanes 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.

Komitmen :

Tuhan teguhkanlah hatiku. Aku mau selalu setia kepada Tuhan dan selalu percaya kepada Firman-Mu.

NJ – KCP