Renungan Harian Anak, Kamis 24 September 2020

2 Timotius 2:8-13

Shalom adik-adik… bagaimana kabarnya hari ini? Semua sehat dan semangat kan ya…

Adik-adik, hari ini, firman Tuhan kakak ambil dari 2 Timotius 2 : 8 – 13. Mari kita buka Alkitabnya ya. Coba adik-adik baca, judul kitab Timotius ini. Ada di atas dari pasal 1, judulnya apa? Judulnya…Surat Paulus yang kedua kepada Timotius. 

Nah, pagi ini Kakak mau cerita sedikit tentang Timotius. Siapa sih Timotius itu?

Timotius adalah seorang hamba Tuhan. Sejak kecil, Timotius sudah diajarkan tentang Tuhan Yesus oleh mama dan neneknya. Dan ajaran tentang Tuhan Yesus itu membuat Timotius semakin mencintai Tuhan Yesus dan menjadi org yg taat dan ingin memberitakan firman Tuhan bagi setiap orang yg ada di sekelilingnya. 

Saat di sekolah, adik-adik pasti punya guru kan? Ada ibu guru, ada bapak guru. Nah, Timotius juga punya guru lho… Namanya Om Paulus. Om Paulus ini sering mengirimkan surat kepada sahabat-sahabatnya. Suatu ketika, Om Paulus mengirimkan surat kepada Timotius, isi surat tersebut adalah untuk memberi dorongan kepada bapak Timotius dalam memberitakan firman. 

Sebelum Timotius mengenal Om Paulus, Timotius telah lebih dulu mengenal Tuhan Yesus lewat Ibu dan Neneknya. Dan Timotius sangat terkesan dengan Tuhan Yesus dan ingin membalas kebaikan Tuhan Yesus dengan memberitakan Firman Tuhan kepada semua orang. 

Om Paulus dan Timotius selalu mengajarkan Firman Tuhan kepada orang-orang tentang Yesus Kristus yang telah lahir untuk menebus dosa manusia dengan cara mati di kayu salib, bangkit dan naik ke surga untuk menyediakan tempat bagi orang yang percaya kepadaNya. 

Tetapi adik-adik, ketika Om Paulus memberitakan firman Tuhan, banyak orang yang tidak senang lho… Om Paulus dihina, menderita bahkan dipenjara karena memberitakan firman Tuhan. Namun, Om Paulus tidak takut, malah Om Paulus sabar dan selalu berdoa kepada Tuhan serta taat kepadaNya. 

Emmm,… kenapa ya Om Paulus bisa seperti itu adik-adik?

Naah, adik-adik coba baca di ayat 11–13, Karena Tuhan telah setia kepada kita, maka kita juga harus setia kepadaNya. 

Adik-adik, Tuhan Yesus mau supaya kita selalu setia pada Nya. Tuhan juga tidak mau kita menyangkal Dia.

Apa itu menyangkal Tuhan Yesus…? Menyangkal Tuhan Yesus yaitu melakukan perbuatan yg tidak disukai Tuhan, contohnya: bersungut-sungut, putus asa, tidak rajin berdoa, malas belajar, nyontek, melawan papa dan mama, malas ke sekolah minggu, tidak mengumpulkan persembahan yang sudah diberikan orang tua, gangguin teman, malu menjadi anak Tuhan. 

Berarti kita semua harus melakukan perbuatan-perbuatan yg disukai Tuhan. Oleh karena itu, sebagai anak Tuhan, adik-adik harus berani utk melakukan perbuatan-perbuatan baik. Jangan takut diejek karena berbuat baik, bantuin papa dan mama, rajin belajar, rajin buat PR, jangan malu untuk menunjukkan kasih terhadapt sesama. Dan sebagai anak Tuhan, kita tidak boleh bertengkar. 

Ayat Hafalan

1Korintus 1:9 “Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.

Komitmen hari ini:

Karena Tuhan Yesus telah setia kepadaku, akupun mau untuk setia kepada Tuhan Yesus.

CM – RS