Renungan Harian Anak, 11 Juli 2020

Bahan Bacaan : Amsal 6:6-11

Raja Salomo adalah seorang Raja yang paling bijaksana di seluruh dunia dan dia juga menjadi salah satu  penulis surat Amsal, dia seorang yang sangat pandai, dia suka memperhatikan kehidupan binatang dan tumbuh-tumbuhan. Raja Salomo menasihati kita agar kita meneladani si semut

Semut, badannya kecil, ia adalah binatang yang imut, sekali injak atau cubit aja dia bisa mati.  Walaupun imut, badannya kecil, tetapi semut itu adalah binatang yang rajin, dan suka bekerja keras.

Semut tidak pernah duduk-duduk dan melamun, tidur-tiduran dan bermalas-malasan. Coba perhatikan kalau ada semut yang naik ke meja makanmu, pasti ia terus berjalan untuk mencari makanan.
Waktu seekor semut bertemu dengan sebutir gula, ia akan menggotongnya dan dibawanya ke sarang.
Semut tentu saja merasa capek juga, apalagi kalau sarangnya jauh, tetapi semut tidak malas, ia tetap membawa makanan itu ke sarangnya yang jauh itu.

Lalu kalau makanan yang diangkatnya itu terlalu besar….misalnya potongan roti, ia tidak berkata begini “ waaaaaaaaaaaaaah makanan ini terlalu besar……berat, malas ah aku, aku nggak jadi mengangkatnya ah….aku cari makanan lain yang lebih kecil aja ah….”

Tidak seperti itu, ia malah pergi memanggil kawan-kawannya, dan mengajak kawan-kawannya bekerja sama untuk memikul roti yang berat itu. Dan kawan-kawannya pun mau

“Bantu aku mengangkat roti besar di sebelah sana ya….?”
”baiklah…..aku pasti Bantu, yook kita ke sana…”

Betapa luar biasa ya semangat si semut itu, semut tidak memikirkan dirinya sendiri, Ia mencari makanan bukan untuk dimakan sendiri, melainkan ia mencari makanan untuk seluruh bangsanya yang tinggal di sarangnya.

Naaah adik-adik, mulai sekarang kita mau rajin seperti semut.

Pada saat kamu dibangunkan papa atau mama di pagi hari, jangan berkata begini…”sebentar ma,  lima menit lagi aku bangun” atau “sek ma…..sebentar ma….” Latihlah dirimu langsung bangun dengan segera, saat mama atau papa membangunkanmu.

Kamu bisa Bantu mama menyiapkan sendok dan garpu untuk makan seluruh keluarga. Kamu juga bisa bantu membuang sampah pada keranjang sampah, sehingga tidak mengotori rumah. Kamu juga bisa bantu mama menyiram tanaman. Sehabis bermain jangan malas merapikan mainan, kembalikan mainan di tempatnya semula, sehingga rumah terlihat tetap rapi.

Kalau ayah dan ibu minta tolong kepadamu untuk mengambilkan baju adik di almari, lakukan dengan sukacita, kita harus suka menolong orang lain seperti yang dilakukan semut, mereka mau saling menolong dan bekerja sama.

Jangan mau kalah sama si imut semut ya….?

Nah Firman Tuhan sudah memberi perumpamaan kepada kita semua bahwa, hendaknya kita mencontoh kepad semut yang rajin dan tidak malas.

Adik-adik juga harus membangun kerajinan dalam semua aspek kehidupan sehari-hari, selain rajin untuk membantu orang tua, juga melakukan hal yang baik lainnya bagi orang lain. Namun juga harus rajin untuk berdoa dan juga membaca Alkitab.

Ayat Hafalan :

Amsal 6:6 Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak.

Komitmenku :

Aku mau menjadi anak sekolah minggu yang rajin dan tidak bermalas-malasan meski saat ini tinggal di rumah saja.

Pengumuman :

Sunday Funday besok Minggu jam 08.15 dengan tema “Siap dan Laksanakan”, wah besok adik-adik akan belajar bagaimana kita menjadi seorang anak yang TAAT.

Dan juga tentunya siapkan alat buat akivitas besok ya, yaitu buku gambar, alat tulis dan crayon/pensil warna.

Adik-adik ikuti ibadah dengan antusias dan belajar Firman Tuhan Bersama ya…dan ayo kita belelajar satu lagu baru ya …

Tuhan Yesus memberkati

TC – NJ