Renungan Harian Youth, Rabu 27 Mei 2020

Bacaan Alkitab hari ini dari:  Yohanes 15:4-5

Syalom rekan-rekan muda ELOHIM … Sudah beberapa bulan ini kita harus stay at home, bagaimana kabar kalian, apakah mulai jenuh, atau bosan. Di rumah terus tanpa kita bertemu teman-teman yang lain. Biasanya sih sebagai anak-anak muda tentunya senang sekali kalau kita ngumpul2 , nongkrong , yang pada dasarnya kita suka kalau punya banyak teman. Tapi saat ini kita diperhadapkan dengan kenyataan hidup bahwa kita sementara ini harus stay at home, kita harus tetap tinggal di rumah tanpa bertemu teman2, belajar di rumah bahkan ibadahpun harus dirumah, itupun masih belum jelas sampai kapan hal ini akan berakhir, syukur kalau segera ada kebebasan lagi seperti hari2 sebelum adanya Covid 19 ini, tentunya ini harapan kita semua ya…..

Renungan kita hari ini temanya adalah “ STAY CONNECTED “  ( tetap terhubung ). TETAP TERHUBUNG? Apa bisa? Rasanya sulit ya dimasa-masa seperti ini kita tetap terhubung. Maksudnya apa?     

Yuk kita akan merenungkan bersama “STAY CONNECTED” dalam kehidupan kita :         

1. Tentunya Kita harus tetap terhubung dengan Tuhan.

Saat-saat seperti yang kita alami seperti sekarang ini , kita sangat membutuhkan Tuhan dalam kehidupan ini.  Banyak hal bisa saja menimpa kehidupan kita, ada yang terkena virus corona, ada yang orang tuanya di PHK, atau hal-hal lain yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya itu bisa menimpa kehidupan kita, oleh sebab itu …

jangan sampai hubungan kita dengan Tuhan menjauh, tapi biarlah kita semua tetap melekat kepada Tuhan, sehingga kita tetap kuat menghadapi tantangan kehidupan ini.    

Tuhan bagaikan Pokok Anggur itu dan kita adalah ranting-rantingnya ( Yohanes 15:4 ; 5 ) . Kita nggak bisa berbuat apa apa tanpa kita terhubung dengan sang pencipta kehidupan itu, yaitu Tuhan Yesus sendiri.

Bagaimanakah caranya tetap terhubung dengan TUHAN

Tetaplah berdoa ( 1 Tesalonika 5:17 )
Baca dan renugkan Firman Tuhan ( Maz 1: 1-3 )

2. Tetaplah terhubung dengan komunitas rohani kita (Ibrani 10:25).             

Ibrani 10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.                                             

Kita harus tetap terhubung dengan komunitas kita , khususnya teman2 kita dalam ibadah, jangan sampai kita menjauhkan diri dari teman-teman dalam komunitas kerohanian.Supaya kita tetap kuat  di dalam Tuhan dan tidak mudah diombang-ambingkan kehidupan dunia ini dan ajaran-ajaran yang tidak sesuai Firman Tuhan,  dalam komunitas ini, kita juga saling menasehati dan menguatkan iman percaya kita kepada Tuhan.

Caranya? Dengan kecanggihan alat 2 komunikasi saat ini , kita bisa aktif dalam grup Wa atau sejenisnya, Kita juga bisa  mengikuti ibadah online, sehingga iman kita tidak kering, bahkan mati. Bagi yang gak punya gadged , bisa pinjam orang tuanya. Gunakan Gadget kita dengan bijak sehingga mendatangkan berkat bagi kita dan orang lain.

Yook kita renungkan, seberapa dalam hubungan kita dengan Tuhan dan sesama kita saat ini?  Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Komitmenku hari ini

Aku mau terus membangun hubungan supaya tetap “STAY CONNCETED” dengan Tuhan dan Sesama, supaya kehidupanku tetap kuat melewati semua tantangan yang ada.

RA – YDK