Renungan harian Jumat, 05 Maret 2021

Ayat Bacaan, Pengkhotbah 7 : 29 Lihatlah, hanya ini yang kudapati : bahwa Allah telah menjadikan manusia yang jujur, tetapi mereka mencari banyak dalih.

Setiap kita mungkin punya pengalaman pernah berdalih,kita membuat banyak alasan guna menghindari diri dari tanggungjawab yang diberikan. Biasanya orang yang berdalih adalah orang yang tidak mau disalahkan, karena tidak siap menerima resiko dari sesuatu yg ia perbuat.

Dalam KBBI “BERDALIH” memiliki arti mengemukakan alasan (yang dicari-cari) untuk menghindari tugas = supaya tidak mengerjakan.

Sebagian besar kegagalan orang di dunia diakibatkan oleh kebiasaannya berdalih. Sesungguhnya orang yang suka berdalih adalah orang-orang yang selalu ingin berada di zona aman. Orang yang selalu hidup di zona aman, hidupnya tidak akan pernah bisa berkembang dan maju.

Teruslah memiliki pertumbuhan rohani, salah satunya adalah dengan “Stop berdalih Lakukan apa yang seharusnya dilakukan tanpa mencari-cari alasan untuk dapat mengabaikannya

Ada beberapa hal dalam hidup yang tidak boleh kita berdalih ;

1. Stop Berdalih untuk tidak membaca Alkitab.

1 Timotius 4 : 13, Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-Kitab Suci, dalam membangun, dan dalam mengajar.

Bertekun membaca Alkitab adalah membangun kebiasaan yang terus menerus dilakukan dalam segala situasi hidup untuk berkomitmen membaca, merenungkan dan melakukan Firman Tuhan. Membaca Alkitab membuat kita semakin mengenal Allah, karena lewat FirmanNya kita jadi mengerti apa saja yang menjadi kehendakNya dalam hidup kita.
Mengapa Membaca Alkitab itu Penting ?  Karena kita harus menemukan apa yang Firman Tuhan katakan buat saudara dan saya setiap hari secara spesifik, baik buat diri saudara pribadi, keluarga, usaha dan apa saja dalam seluruh aspek hidup kita. Karena ketika kita membaca Firman Tuhan, sangat banyak manfaat yang kita dapat.

Mazmur 119 : 105 , Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku
Mazmur 119 : 165 Besarlah ketenteraman pada orang-orang yang mencintai Taurat-Mu, tidak ada batu sandungan bagi mereka.

Orang yang bertekun membaca dan merenungkan Firman Tuhan akan dilindungi oleh Tuhan; Tuhan menjadi perisai dan pertolongan baginya dalam kesesakan. Jangan Menyepelekan Firman Tuhan.

2. Stop Berdalih untuk tidak berdoa.

Seorang bernama  Henry Blackaby pernah berkata bahwa Doa haruslah MENJADI SUMBER kita yang pertama, BUKAN pilihan yang terakhir. Doa adalah sesuatu sangat penting bagi umat Tuhan. Tanpa Berdoa hidup kita akan kosong dan hampa. Doa adalah alat komunikasi kita kepada Tuhan. Sebab doa membuat hubungan kita dengan Tuhan semakin erat. Doa juga membuat kita tidak jatuh dalam pencobaan. (Mat 26:41). Serta Doa juga membuat hati dan pikiran kita tenang. Fil 4:6-7

3. Stop Berdalih untuk tidak beribadah.

Ibadah adalah Perbuatan untuk menyatakan bakti kita kepada Allah, yang didasari ketaatan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ibadah adalah bentuk penghormatan kita dan pengagungan kita kepada Tuhan

Ulangan 10 : 12 – 13 “Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh Tuhan, Allahmu, selain dari takut akan Tuhan, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, berpegang pada perintah dan ketetapan Tuhan yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.

Ibrani 10 : 25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

1 Timotius 4 : 8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Tentu setiap kita pernah beribadah. Sebab lewat ibadah kita memuji dan memuliakan Tuhan, kita menghormati Tuhan dan melalui ibadah kita juga bisa menerima janji dan berkat Tuhan.  Ibadah membuat hati dan hidup kita bersukacita dihadapan Tuhan. Bahkan lewat ibadah seseorang bisa menerima Mujizat dan Kuasa Tuhan yang besar. Entah itu Mujizat Kesembuhan, mujizat pemulihan, dan yang lainnya.  

Walaupun dalam situasi pandemic sekarang ini dengan segala aturan yang ada, Jangan pernah meninggalkan ibadah kita kepada Tuhan, pergunakan setiap kesempatan yang ada untuk bisa memuji dan memuliakan Tuhan. Atau jika “masih belum memungkinkan” dan bukan dalih kemalasan kita, beribadahlah secara online dengan kesungguhan hati, karena Tuhan juga hadir di rumah kita masing-masing.

Untuk bapak/ibu dan saudara terkasih, mulai hari ini bangun diri kita masing untuk tidak berdalih lagi. Tetap semangat dan terus berjuang melakukan Firman Tuhan

Tuhan Yesus Memberkati…

YG