Renungan Harian Youth, Kamis 15 Oktober 2020

Syalom rekan-rekan youth … salam semangat buat rekan-rekan semuanya

Begitu banyak orang didunia ini, bahkan semua orang pasti ingin yang namanya sukses atau berhasil dalam segala hal. Dan tidak ada satu pun di dunia ini yang mengingikan hidup yang biasa saja. Tapi apakah rekan-rekan tahu tahu apa kunci dari sukses atau berhasil ?

Sebelum kita membahas kunci sukses, mari kita sama sama mengerti dahulu apa itu sukses. Buat sebagian besar orang, arti kata sukses bisa jadi adalah memiliki kekayaan yang melimpah , mempunyai pekerjaan yang mapan, keluarga Bahagia, impian yang terwujud dsb. Biasanya berhubungan dengan materi.

Sedangkan sukses menurut firman TUHAN adalah kita menjadi seperti apa yang TUHAN mau dalam hidup kita, menjadi serupa dengan Kristus serta bertumbuh dalam buah Roh. Kesukesan yang melampaui hal-hal yang materi.

Terdapat beberapa ayat yang merupakan kunci dari sukses. Antara lain :

1. TAKUT AKAN TUHAN

Amsal 14 : 27, Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut.

Takut akan TUHAN merupakan sumber kehidupan … Takut akan TUHAN berbicara bagaimana sikap kita terhadap TUHAN, mengarah kepada rasa takut atau hormat, kagum dan berserah terhadap TUHAN. Seringkali kita hanya melakukan hal hal yang baik kalau ada yang mengawasi kita, sedangkan pada saat kita sendiri maka kita merasa bebas melakukan apa saja.

Padahal yang seharusnya kita tanamkan didalam hati kita adalah takut akan TUHAN, bahwa ada mata TUHAN yang selalu mengawasi, melihat apa yang kita perbuat. Mari kita belajar memiliki sikap takut akan TUHAN dalam hidup kita, supaya kita terhindar dari jerat maut.

2. HIDUP DALAM FIRMAN TUHAN

Mazmur 1:1-2, Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik…tetapi yang kesukaannya adalah Taurat Tuhan , dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam

Arti kata merenungkan menurut KBBI adalah : memikirkan atau mempertimbangkan dalam-dalam. Melalui firman TUHAN yang dibagikan kepada kita setiap harinya, dan dengan kondisi seperti sekarang ini. Kita semua memiliki waktu yang sangat banyak untuk merenungkan firman TUHAN. Terutama para pelajar yang masih sekolah online. Mari dengan waktu yang ada, kita menggunakannya dengan bijak. Pandai mengatur waktu. Gunakan waktu yang ada untuk membangun Roh kita. Dengan cara mendengarkan, merenungkan dan melakukan firman TUHAN.

Dengan kita merenungkan firman TUHAN, maka kita sedang membuka hari kita untuk semakin dibaharui hari lepas hari.

3. SETIA DALAM PERKARA KECIL DAN MENJADI ORANG YANG DAPAT DIPERCAYA.

Lukas 6:10, tertulis barangsiapa setia dalam perkara – perkara yang kecil , ia setia juga dalam perkara – perkara yang besar.
Amsal 28:20, orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat.

Setia dalam hal kecil dan dapat dipercaya berbicara tentang apakah kita sudah bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugas kita. Contoh sederhana, ketika dimasa sekolah online saat ini , apakah kita sudah mengerjakan tugas maupun ujian sekolah dengan tanggung jawab dan sikap yang jujur, meskipun tidak ada guru yang mengawasi. atau ketika diberi pesan oleh orang tua kita untuk menggunakan HP dengan bijaksan, akankah kita menuruti nasihat orang tua kita. Bahkan ketika kita tidak sedang diawasi oleh orang tua.

Semua itu tergantung bagaimana sikap hati kita, maukah kita diproses , dibentuk untuk semakin menjadi serupa dengan Kristus, mau kah kita semakin bertumbuh dalam TUHAN, atau kita menganggap semua ini hanya angin lalu?

Apa yang kita tabur pasti akan kita tuai. Mari taburlah yang baik, lakukan lah segala yang baik , yang kudus dan yang berkenan kepada Allah.  Pilihan ada ditangan kita, apa yang mau kita pilih. Pilihan yang kita ambil hari ini, menentukan masa depan kita. Jadilah bijak ya.

Kejarlah sukses dalam pandangan Tuhan, karena disanalah panggilan kehidupan kita dan kepuasan kita yang sejati dalam hidup ini.

Fakta membuktikan sukses menurut ukuran dunia tidak membawa kebahagiaan yang sejati.

Komitmenku hari ini

Yuk sejak remaja kita membangun kehidupan kita, Carilah Kerajaan Allah (mengejar apa yang benar) maka hal-hal yang lain (termasuk sukses ataupun berkat) akan ditambahkan atau menjadi bonus dalam kehidupan kita.

Tuhan Yesus memberkati

KL – SCW