Renungan Harian Anak, Jumat 13 November 2020

BACAAN ALKITAB : YOHANES 4 : 1 – 14

Syalom Adik – Adik, bagaimana kabarnya? Sudah siap mendengarkan firman Tuhan ya.  Adik adik menurut kalian, kira kira tubuh kita, manusia, sebagian besar terdiri dari apa ya? Menurut penelitian, sekitar 80% tubuh manusia terdiri atas air. Dimana ada dua organ tubuh manusia yang penting, yang memiliki kadar air diatas 80%, yaitu otak dan darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90% sedangkan darah memiliki komponen air sebanyak 95%. Sehingga secara normal, manusia membutuhkan 2 liter air sehari atau setara dengan 8 gelas air sehari. 

Mengapa air begitu penting bagi manusia? Karena air merupakan sarana penyalur didalam tubuh untuk mengirimkan zat zat gizi ke semua sel. Tubuh manusia bisa bertahan sekitar 5 minggu tanpa makanan, akan tetapi hanya bisa bertahan 5 hari saja tanpa air. Karena itu kebutuhan air bagi tubuh merupakan hal yang sangat penting / utama untuk kelangsungan hidup manusia.

Apabila tubuh manusia kekurangan air minum, maka manusia akan mengalami : Dehidrasi , Radang Sendi , Tekanan Darah Tinggi , Kulit menjadi kering dan penyakit Ginjal. Selain untuk tubuh, air juga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari.  Seperti untuk masak, mandi, cuci dan sebagainya. Adik adik pernah tidak mengalami yang namanya mati air dirumah kalian? Misal ketika ada masalah di pusat PDAM. Bagaimana rasanya kalau rumah Adik adik mengalami mati air? Jelas tidak enak ya. Karena sumber airnya sedang mati.

Kira kira ada ga ya sumber mata air yang tidak pernah mati? Ada ya Adik adik. Satu satunya mata air yang tidak pernah mati adalah TUHAN YESUS KRISTUS.

Seperti bacaan kita pada hari ini, yang menceritakan bagaimana pada waktu itu Tuhan Yesus duduk dipinggir sebuah sumur di Samaria dan berbicara dengan seorang wanita yang sedang menimba air minum untuk memenuhi kebutuhan jasmaninya. Namun Yesus mengatakan kepada wanita itu bahwa air yang jauh lebih dibutuhkannya adalah air hidup untuk keselamatan jiwanya (Yohanes 4:13-14).

Meskipun kehidupan manusia semakin maju , dua kebenaran ini masih tetap berlaku : Tanpa air bersih , kita akan mati. Dan Terlebih penting lagi, tanpa Yesus Kristus, sumber air hidup, kita pasti mati dalam dosa – dosa kita. Yesus sebagai sumber air hidup, membersihkan kita dari setiap dosa dosa kita. 

Bagaimana caranya untuk kita memiliki Sumber Air Kehidupan? 

Yang kita perlu lakukan adalah menghampiri TUHAN dalam doa kita, pujian dan melakukan segala hal yang baik yang TUHAN mau lakukan dalam hidup kita. Sehingga TUHAN akan membuka keran keran air bagi kita semua. Sehingga hidup kita akan mengalirkan aliran aliran air hidup, seperti yang terdapat dalam Yohanes 7:38.

Kita harus mencari dengan rajin SUMBER AIR KEHIDUPAN kita, dengan cara apa? Dengan cara setia mendengar dan melakukan firman TUHAN yang setiap hari dibagikan, selain itu juga, mari kita mulai rajin berdoa dan membaca alkitab. Berdoa untuk orang lain, juga untuk kehidupan Adik Adik. Mulai melakukan hal hal yang baik dalam hidup kita.

Supaya Air Sumber Kehidupan akan selalu hadir dalam hidup kita. Karena kalau kita tidak memiliki SUMBER AIR KEHIDUPAN, maka kita akan mengalami kekeringan dalam hidup kita. Pilihan ada ditangan Adik Adik semua, mana yang Adik-Adik pilih?

Ayat hafalan kita hari ini di:

YOHANES 4:14, TETAPI BARANGSIAPA MINUM AIR YANG AKAN KUBERIKAN KEPADANYA, IA TIDAK AKAN HAUS UNTUK SELAMA-LAMANYA.

Komitmen kita hari ini :

TUHAN YESUS ajar aku untuk selalu melakukan segala hal yang baik yang berkenan bagi Engkau supaya hidupku mengalirkan aliran aliran air yang hidup . ROH KUDUS mampukan aku untuk melakukan semuanya itu. AMIN

KL – YG