Renungan Harian Anak, Jumat 17 Juli 2020

Yunus 1: 1-17

Selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan Yesus, bagaimana kabar kalian pastinya masih semangat ya? pagi ini kita akan kembali mendengarkan renungan firman Tuhan  dengan judul TAAT KEPADA PERINTAH TUHAN. Waah ketaatan itu sangat penting loh adik-adik, bahkan Alkitab banyak memberikan pengajaran mengenai ketaatan melalui kehidupan tokoh-tokoh yang ada. Menjadi taat adalah pelajaran yang harus adik-adik lakukan setiap hari.

Renungan hari ini menceritakan tentang Allah memerintahkan Yunus ke sebuah kota yang bernama Niniwe.

Pada suatu hari Tuhan mengutus Yunus berkhotbah kepada penduduk kota Niniwe, sebab Tuhan mendengar bahwa kota Niniwe telah menjadi, kota yang besar namun penduduknya jahat dan tidak berkenan dihati Tuhan. Karena Yunus ingat bagaimana penduduk kota niniwe bersikap kejam kepada bangsa israel maka Yunus menolak dan tidak mentaati perintah Tuhan, ia bermaksud ingin melarikan diri dari hadapan Tuhan dan memilih pergi ke kota ke yafo lalu naik kapal menuju ke tarsis, ia akan bersenang-senang untuk dirinya sendiri disana jauh dari hadapan Tuhan dan menolak melakukan perintah Tuhan.

Eh! Jangan salah adik-adik Tuhan tahu apa yang dipikirkan oleh Yunus, akhirnya Tuhan menurunkan angin ribut dan badai yang sangat besar hampir-hampir kapal itu terpukul hancur sehingga semua penumpang kapal itu berteriak-teriak kepada allah mereka masing-masing, mereka minta pertolongan kepadanya. Kemudian salah satu dari penumpang itu meminta supaya diundi siapa yang menyebabkan malapetaka ini terjadi. Adik-adik tahu siapa yang mendapatkan undian tersebut? ternyata Yunus adik-adik. Wah! orang-orang yang ada didalam kapal itu semua marah kepada Yunus.

Yunus….apa yang kamu lakukan kepada Allahmu sehingga malapetaka ini terjadi menimpa kami?” jawab Yunus Iyaa… saya yang salah saya telah tidak menurut pertintah Tuhan, sebenarnya Tuhan menyuruh saya ke kota niniwe, bukan ke tarsis. 

Adik-adik karena ketidaktaatan Yunus akhirnya Yunus dibuang kelaut atas kesepakatan semua penumpang di kapal itu. Namun puji Tuhan,Tuhan memberikan kesempatan kepada Yunus untuk bertobat dan Kembali Taat,Tuhan memerintahkan seekor ikan besar untuk menyelamatkannya.

Nah adik-adik dari cerita ini kita mau belajar taat kepada perintah Tuhan yaitu firman-Nya,  supaya kita tidak mendapat hukuman seperti yunus..oke?

Kalau adik-adik mengasihi Tuhan Yesus pasti mau untuk semakin belajar taat kepada perintah Tuhan dan peringatan dari Firman Tuhan.

Yuk sekarang kita baca ayat hafalan kita yang terdapat dalam:

Amsal 13:13 “Siapa meremahkan firman,ia akan menanggung Akibatnya,tetapi siapa taat kepada perintah,akan menerima Balasan.

Komitmenku hari ini :

Tuhan Yesus aku mau belajar untuk Taat kepada Tuhan, walaupun tidak mudah aku mau belajar melakukan Firman-Mu

YF – YC