ANTRI DONK….!!!

ANTRI DONK….!!!

Renungan Harian Anak, Selasa 09 Februari 2021

Selamat pagi adik-adik Elohim Kids. Bagaimana kabarnya hari ini? Pasti luar biasa kan? Nah pagi ini kita akan belajar Firman Tuhan bersama-sama ya….

Kakak punya sebuah kisah … perhatikan ya

“Aku duluan!” teriak seorang anak bertubuh tinggi besar dari arah belakang. Semua anak yang ada di depannya minggir karena takut ditabrak. Hari itu di sekolah Minggu diadakan perjamuan kasih. Kakak sekolah Minggu sudah mengatur supaya anak-anak berbaris tertib, sehingga semua dapat menikmati makanan tanpa berebut.
Tetapi pagi itu DODO bangun kesiangan, ia terlambat datang ke sekolah Minggu. Ia baru ingat bahwa hari ini ada perjamuan kasih, sehingga ia langsung berangkat dengan terburu-buru. Sampai di sekolah Minggu ternyata anak-anak lain sedang mengantri.
Wah, pasti sangat lama menunggu giliran. Apalagi aku dapat giliran yang terakhir.” Pikirnya dalam hati. Teman-teman DODO tidak berani mencegah DODO sewaktu dia menyerobot barisan sebab tubuh DODO yang paling besar diantara yang lain.

Tiba-tiba terdengar “Gubrak!!!” si DODO menabrak meja dan semua makanan yang ada di meja berhamburan. Beberapa anak menangis karena kakinya kerbentur meja.
DODO terdiam, merasa bersalah. “Tuh kan apa kakak bilang tadi, antri! Jangan hanya memikirkan diri sendiri.

DODO, kamu datang terlambat jadi tidak tahu apa yang tadi sudah kakak jelaskan kepada teman-temanmu.” Kata kakak sekolah Minggu. “Maafkan DODO kak.” Sesal DODO. “Sekarang minta maaflah pada teman-temanmu. Tadi sebelum kita berbaris antri, kakak menjelaskan ke teman-temanmu bahwa setiap anak akan berbaris mengantri dan mengambilkan makanan untuk teman yang tadi duduk di sebelah kanannya.” Kakak sekolah Minggu menjelaskan. DODOpun meminta maaf kepada teman-temannya.

Nah adik-adik siapa di sini yang pernah seperti Dodo ketika harus mengantri malah menyerobot atau mungkin kita pernah diserobot saat sedang mengantri, rasanya pasti jengkel ya kalo sudah ikut mengantri terus ada yang tiba-tiba menerobos antrian kita.

Nah, adik-adik, firman Tuhan hari ini kita baca di Filipi 2:4 yang dengan jelas mengatakan bahwa Tuhan ingin kita tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi juga kepentingan orang lain. Tuhan mau kita menjadi anak-anak yang taat dan patuh terhadap peraturan yang ada di sekitar kita supaya kita tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Jadi jika harus mengantri waktu ke membayar di kasir atau misal waktu ke bank, membeli tiket atau apapun yang mewajibkan kita harus antri kita harus apa adik-adik???? ANTRI DONK….!!!

Ayat hafalan:

Filipi 2:4, “dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.”

Komitmenku hari ini

Tuhan ajar aku mejadi anak yang taat dan patuh kepada peraturan-peraturan yang ada di sekitarku supaya aku bisa menjadi berkat bagi orang lain

EPR – SP

“Tuhan Pelindungku”

“Tuhan Pelindungku”

Renungan harian Anak, Senin 08 Maret 2021

Syalom adik-adik Elohim kids, semangat pagi ini … puji Tuhan karena kita memiliki Tuhan Yesus yang hebat yang selalu menolong dan melindungi adik-adik semuanya. Sudah siap mendengarkan renungan hari ini … ayo disiapkan hati dan pikiran adik-adik dengan sungguh supaya Firman Tuhan bisa tertanan dalam hati kita dengan baik.

Adik pernah lihat induk dari seekor binatang, wah entah hewan apapun itu seekor induk pasti akan menjaga anak-anaknya dari serangan binatang buas yang lainnya, memberi mereka makan kemudian juga melatih mereka supaya bisa bertumbuh dengan baik. Demikian juga adik-adik juga memiliki orang tua yang hebat, yang pastinya sudah merawat adik-adik dengan sangat baik. Mereka bekerja supaya bisa menyediakan makanan dan juga membiayai kebutuhan adik-adik semuanya. Tetapi diatas semuanya kita juga harus bersyukur karena kita semua miliki Tuhan Yesus yang hebat yang memberikan anugerahNya kepada kita semua, yang melindungi kita semuanya.

Adik-adik kemarin di Sunday Funday (Hmmm yang belum ayo nanti buka chanel youtube Elohim ministry ya) … Nah kita sudah belajar dari Tokoh Bapak Yakub yang menikmati pemeliharaan dan Perlindungan dari Tuhan. Suatu Saat Bapak Yakub sangat ketakutan … Apakah adik-adik tahu, apa yang membuat Yakub takut? Yakub takut karena ia telah melakukan kesalahan kepada kakaknya, bapanya dan juga kepada Tuhan, la takut kalau Tuhan menghukumnya dan tidak melindunginya. Sebenarnya, ada yang tahu apa sih kesalahan Yakub? Ya, Yakub telah menipu saudara kembarnya dan ayahnya. Esau adalah saudara kembar Yakub, seharusnya berkat hak kesulungan diberikan Ishak kepada Esau. Tetapi Yakub memperdaya Esau dengan masakan kacang merah, sehingga Esau menyerahkan hak kesulungan itu kepada Yakub. Bukan itu saja, Yakub juga memperdaya ayahnya. Karena ayahnya tidak dapat melihat dengan jelas, Yakub menyamar sebagai Esau dengan memakai baju kakaknya dan tangannya ditempeli kulit anak kambing supaya berbulu seperti Esau. Akhirnya Yakub mendapatkan berkat dari ayahnya.

Tentu saja Esau marah kepada Yakub. Itu sebabnya, Yakub kabur dari rumah. Saat Yakub kabur, apakah ia tetap merasa takut? Tentu saja perasaan itu belum berakhir, apalagi ia sebagai orang asing di tempat itu. Tuhan tahu apa yang dirasakan oleh Yakub, Tuhan peduli kepada Yakub. Yakub tidak dibiarkan sendirian dalam ketakutannya. Tuhan sendiri yang mendatangi Yakub. Bagaimana cara Tuhan menjumpai Yakub? Benar, Tuhan hadir di dalam mimpi Yakub. Yakub bermimpi ada tangga yang sangat tinggi menjulang ke langit, di tangga itu ada malaikat yang naik turun. Tiba-tiba terdengar suara yang berkata: “Aku akan menyertai dan melindungimu.”

Melalui mimpi itu Tuhan hendak mengingatkan Yakub bahwa Tuhan akan selalu menjaga dan melindunginya. Maka pada saat Yakub bangun dari tidur, la sangat gembira. Rasa takutnya hilang, berganti dengan sukacita, la percaya bahwa Tuhan datang menemuinya. Lebih dari itu, Tuhan akan menyertai dan melindunginya. Rasa sukacitanya ditunjukkan dengan membuat tugu peringatan dari batu yang dia pakai sebagai alas kepalanya. Kemudian ia menamai tempat itu Betel, artinya rumah Allah.

Adik-adik, ingatlah, ketakutan dapat menghilangkan kegembiraan di hati kita. Seperti pujian yang kita nyanyikan kemarin “jangan takut pada apapun … apapun”  Jadi, di saat kita merasa takut atau cemas atau kuatir, ingatlah bahwa Tuhan selalu menyertai dan melindungi kita.

Sama seperti Tuhan melindungi Yakub, Tuhan juga pasti menyertai dan melindungi kita setiap saat ke manapun kita pergi. Jadi STOP TAKUT! Tetaplah bergembira di dalam Tuhan, pelindung kita!

Ayat Hafalan

Mazmur  56:5 kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Komitmenku hari ini

Saat aku merasa takut dan cemas … Aku mau ingat selalu bahwa Tuhan selalu menyertai dan melindungi aku … Dia tidak pernah meninggalkan diriku.

SF070321 – KCP

“TUHAN SELALU PUNYA CARA YANG AJAIB”

“TUHAN SELALU PUNYA CARA YANG AJAIB”

Renungan Harian Anak, Sabtu 06 Maret 2021

Hai.. Selamat Pagi Adik Adik , tetap sehat dan semangat ya. Pagi ini judul renungan harian kita adalah : TUHAN SELALU PUNYA YANG AJAIB ; yaitu cara untuk mengubah seseorang atau menyadarkan setiap orang dengan caranya yang ajaib.

Kali ini kisah tentang Deo, anak remaja Sekolah Minggu yang baik, setia dan taat kepada Tuhan, juga cinta akan keluarganya. Namun musibah tidak bisa dihindarkan, suatu hari Papa Deo meninggal karena sakit. Hal ini membuat Deo amat sangat sedih dan kecewa, saat dia ingat Papanya Deo selalu menangis . Tuhan…. mengapa Papaku harus meninggalkanku untuk selama lamanya? Mengapa Tuhan nggak beri kesempatan aku bersama Papaku sampai aku dewasa?

Mengapa Tuhan… Hati Deo terus memberontak. Namun waktu terus berjalan, Deo tidak bisa terus berada dalam kesedihan. Dia harus membantu Mamanya, yang menerima catering. Karena Deo memiliki dua adik yang masih SD & TK, Deo sebagai anak yang paling besar, yang harus banyak membantu Mamanya. Hal inilah yang membuat Deo berbeban berat. Murung, suka marah marah, bahkan jadi sering membantah Mamanya. Melihat perubahan Deo, Mamanya jadi sedih adik-adik. Apakah Deo sudah lupa Firman Tuhan ya? Kalau Mamanya mengingatkan Deo selalu marah marah.

Dengan sabar Mamanya selalu berdoa, Tuhan pasti sanggup mengubahkan. Bukankah firman Tuhan didalam Lukas 1 : 37 berkata : “ Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil”.  Mama Deo yakin Tuhan pasti akan menyadarkan Deo.

Setiap hari, sesudah sekolah online, Deo harus mengantar catering pesanan pelanggan Mamanya. Suatu hari sepulang dari mengantar catering, Deo nggak langsung pulang. Deo duduk duduk di tanah lapang dekat rumahnya. Dulu selalu ramai dengan anak-anak yang bermain di tanah lapang. Sejak pandemi jadi sepi. Sambil melepas lelah Deo merenungkan sikapnya akhir-akhir ini. Mengapa ya.. aku jadi mudah marah marah, tidak punya sukacita, sering uring uringan dan jadi kasar sama Mamaku. Saat Deo merenungkan keadaan dirinya, tiba tiba Deo melihat ada sekawanan Induk domba dan anak anaknya. Deo merasa heran melihat anak-anak domba itu bertelut, seperti sedang berlutut, pada saat mau meminum susu ke induknya. Deo terus mengamat amati. Betapa sopannya anak anak domba itu. Sementara menyusu , induk domba mengusap usap anaknya dengan penuh kasih sayang. Teringatlah Deo akan Mamanya yang selalu sayang kepadanya. Sekalipun akhir-akhir ini Deo sering marah marah dan membantah. Deo langsung lari pulang kerumah. Deo langsung memeluk Mamanya sambil menangis. Ma.. maafkan Deo ya. Deo berjanji mulai hari ini akan selalu bantu Mama dengan sungguh sungguh. Deo mau kembali menjadi anak Tuhan yang taat akan Firman Tuhan. Mama Deo bingung bercampur gembira. Deo kenapa, koq bisa tiba-tiba berubah dan menyadari kesalahan Deo ? tanya Mama kepada Deo. Setelah tenang , Deo pun menceritakan apa yang dilihat Deo di tanah lapang tadi , bagaimana Tuhan benar benar menyadarkan Deo. Beban yang berat itu seperti terlepas dari hidup Deo. Didalam Tuhan selalu ada jalan dan pengharapan.

Wah… Tuhan kita luar biasa ya. Selalu punya cara untuk mengingatkan dan merubah setiap anak anaknya. Tuhan juga selalu memberikan kekuatan dan penghiburan supaya kita selalu bersukacita.

Adik-adik kita semuanya harus terbuka dengan peringatan Tuhan, setiap hari adik-adik merenungkan Firman Tuhan, supaya adik-adik semakin mengenal dan mengerti kehendak Tuhan. Percayalah bahwa semua Firman Tuhan yang adik-adik renungkan tidak akan pernah sia-sia, pasti akan sangat berguan supaya kalian bisa bertumbuh dalam iman kepada Tuhan Yesus.

Dan sebagai ayat hafalan , yuk kita baca sama sama ayat hafalan kita hari ini di dalam

Roma 12 : 12, “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan , dan bertekunlah dalam doa”

Komitmen hari ini :

Tuhan , aku mau selalu bertekun didalam doa, di dalam keadaan apapun , aku mau percaya selalu ada pengharapan , karena di dalam Engkau tidak ada yang mustahil. Aku mau terus bersukacita di dalamMu dan menceritakan perbuatan perbuatanMu yang ajaib kepada semua orang .Amin.

Tuhan Yesus Memberkati.

SD – IFM

PENGUMUMAN :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday … Besok hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“Tuhan Selalu Melindungiku”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan. Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan.

  1. Kertas HVS
  2. Kertas Lipat
  3. Lem dan Penggaris
  4. Pensil dan Alat Warna
  5. Gunting

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.

“Hidup Jujur”

“Hidup Jujur”

Renungan Harian Anak, Jumat 05 Maret 2021

Ayat Bacaan : Kisah Rasul 5 : 1-11

Haloo adik adik Elohim Kids… Apa kabarnya hari ini? Semua sehat dan dalam keadaan baik baik aja kan?? Udah siap mendengarkan firman Tuhan belum? Pasti siap dong ya….

Adik adik, di Alkitab ada sebuah kisah suami istri yang sepakat untuk berkata bohong kepada Rasul atau Murid Tuhan Yesus. Adik-adik tahu gak siapa nama suami istri dan rasul yang bohong itu? Nama suami istri itu adalah Ananias dan safira, dan rasul yang mereka bohongi adalah Rasul Petrus.

Nah … Suatu kali ananias dan safira memiliki inisiatif atau rencana yang baik. Mereka punya sebidang tanah. Dan mereka dua berkata kepada rasul Petrus, bahwa mereka akan menjual tanah mereka, dan hasil penjualan tanah akan mereka berikan untuk membantu pelayanan yang ada.

Tapi ternyata iblis menghasut hati dan pikiran mereka, supaya hasil penjualan tanah mereka itu tidak diberikan semua kepada Rasul Petrus dan Sebagian mereka simpan buat diri mereka sendiri. Ternyata, Rasul Petrus dengan tuntunan Roh Kudus tahu bahwa Ananias itu sudah berbohong.

Dan Rasul Petrus berkata kepada Ananias. “Ananias mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari penjualan tanah itu? (Ayat 3)

Adik adik sebenarnya yang dilakukan ananias itu sangat baik dan patut dicontoh, karena dia menjual tanahnya dan akan memberikan hasilnya untuk membantu pelayanan, tapi sayangnya ananias tidak berkata “jujur” adik-adik. Padahal seluruh hasil penjualan tanah sebenarnya hak miliknya, namun dia berbohong dihadapan para Rasul dan tentunya dihadapan Allah.

Dan akhirnya ketika itu seketika Ananias terjatuh ketanah, dan ternyata dia sudah tidak bernyawa lagi alias sudah meninggal. Sungguh mengerikan ya nasib Ananias ini.  Dan setelah tidak berapa lama, istri Ananias yaitu safira datang kepada Petrus. Safira belum tahu bahwa suami sudah meninggal. Dan Petrus menanyakan pertanyaan yang sama kepada Safira. Kata Petrus “ katakanlah padaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual”? Dan Safira menjawab; “ betul sekian”. Ternyata Safira pun sudah sepakat dengan suaminya untuk ikut berdusta kepada Rasul Petrus. Dan Petrus berkata kepada Safira bahwa yang dia bohongi itu adalah Tuhan Yesus sendiri dan bukan manusia. Dan saat itu juga safira terjatuh ketanah dan dia meninggal juga.

Adik-adik dari kisah ini Firman Tuhan mau mengingatkan kita, supaya kita menjadi anak-anak yang selalu berkata jujur kepada siapapun, baik kepada mama, kepada papa, kepada kakak, kepada adik, atau kepada siapapun. Karena Tuhan sangat menyayangi orang orang yang berkata jujur. 

Tepat seperti apa yang dikatakan dalam

Amsal 12:22, Orang yang dusta adalah kekejian bagi Tuhan, tetapi orang yang berlaku setia dikenanNya.

Nah adik adik mulai hari yuk kita sama sama berkata jujur kepada siapapun, karena orang yang jujur selalu disayang Tuhan. Waktu adik-adik tidak jujur, hati kita sedang dikuasai oleh iblis untuk melakukan yang salah. Ayo belajar jujur dan tidak berbohong.

Ayat Hafalan

– Amsal 11:3, Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya.

Komitmenku: Tuhan Yesus terimakasih karena firmanMu mengingatkanku untuk selalu berkata jujur, karena kebohongan adalah Tindakan yang tidak berkenan kepada-Mu.

Tuhan Yesus memberkati

YG – YC

“BERDOA”

“BERDOA”

Renungan Harian Anak, Kamis 04 Maret 2021

Bacaan: Mat 6:6

“Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Hallo hallo hallo adik-adik semua…

Semua masih semangat mendengarkan renungan kan ya? Jangan ada yang bosan atau malas untuk mendengar atau membaca Firman Tuhan lho ya… Karena Firman Tuhan itu seperti pelita yang akan menerangi hidup kita di tengah dunia yang gelap ini.

Nah, pagi ini kita mau sama-sama merenungkan FirTu (Firman Tuhan) tentang BERDOA. Pasti semua tiap hari berdoa kan? Bangun tidur kita berdoa, mau makan kita berdoa, mau pergi kita berdoa, mau tidur kita juga berdoa. Pembacaan FirTu kita pagi ini mengajarkan tentang bagaimana seharusnya kita BERDOA. Tuhan Yesus mengajarkan jika kita berdoa masuk kedalam kamar, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapa yang ada di tempat yang tersembunyi

Firman Tuhan mengajarkan, jika engkau berdoa:

1. “…masuklah kedalam kamarmu”

Apa artinya masuklah kedalam kamarmu? Masuk kedalam kamar artinya mencari tempat yang tenang. Dalam berdoa kita perlu ketenangan, supaya apa? Supaya kita bisa fokus dalam berdoa dan bisa dengan kesungguhan hati kita berdoa. Em, apakah untuk berdoa kita harus masuk ke kamar? Kalua kita sudah memiliki kamar sendiri, lebih baik kalua kita berdoa di kamar. Tetapi bagai mana jika kita tidak memiliki kamar? Sebenarnya kita dapat berdoa dimana saja, tetapi supaya bisa berdoa dengan tenang dan sungguh-sungguh kita perlu mencari tempat yang tenang.

2. “…tutuplah pintu”

Artinya, saat berdoa selain kita perlu ketenangan, kita juga harus menjaga supaya tidak ada yang mengganggu kita. Jika kita memiliki kamar sendiri, kita akan menutup pintu kamar kita supaya tidak ada yang mengganggu atau masuk kekamar kita kan! Saat berdoa, kita berkomunikasi antara diri kita dengan Tuhan saja, jangan biarkan ada hal-hal yang menganggu konsentrasi kita saat berdoa ya adik-adik.

3. “..berdoalah kepada Bapamu yang ada ditempat yg tersembunyi.”

Saat kita berdoa, kita datang kepada Tuhan, Bapa kita di Surga. Kita semua tentunya belum ada yang pernah melihat Tuhan kan? Firman Tuhan ini bilang Bapa seperti ada di tempat yang tersembunyi, artinya kita tidak tau Dia dimana, tapi kita percaya Dia ada. Tuhan mau kita mencari Tuhan dalam doa kita, untuk itu di perlukan yang namanya IMAN. Dalam berdoa kita perlu datang kepada DIA dengan Iman, walau kita tidak melihat Tuhan namun kita percaya DIA ada dan mendengarkan semua permohonan doa-doa kita.

Ayat Hafalan:

Yakobus 5:16b Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Komitmenku hari ini:

Tuhan, aku mau belajar berdoa dengan lebih bersungguh-sungguh lagi, dan aku percaya Engkau mendengar dan menjawab setiap permohonanku.

CM -RS