Renungan Harian Youth, Kamis 07 Januari 2021

ROMA 12:11, Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Hallo …. teman-teman Elohim Youth yang dikasihi Tuhan, sebelumnya Kakak ucapin selamat Tahun Baru ya, buat kalian semua.

Saat ini saya akan bawakan tema : Tahun Baru, Semangat baru. Ada banyak hal yang telah kita hadapi di tahun yg lalu (2020 kemarin), tahun 2020 merupakan tahun yang sangat sulit yang pernah kita hadapi, karena  banyak perubahan yang harus kita alami sampai saat ini, dan kita harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru . Sebagai contoh, kita harus sering cuci tangan, menjaga jarak , harus pakai masker apabila keluar dan bagi yang masih sekolah, kalian harus belajar online. Ada beberapa dari kalian yang orang tuanya kehihangan pekerjaan, karena keadaan perekonomian yang gak mendukung sehingga ada perusahaan2 yang harus mem PHK karyawannya , dsb.

Kesulitan-kesulitan tersebut membuat kita mulai lemah, gak bersemangat dan mulai malas untuk beribadah, berdoa, maupun membaca Firman Tuhan. Banyak dari kita yang pada awal melayani Tuhan rajin beribadah ,rajin berdoa, rajin membaca Alkitab, begitu antusias dan menggebu-gebu, lambat laun semangat itu menjadi kendor dan sedikit demi sedikit akhirnya menjadi luntur, pelbagai alasan dipakai, salah satunya dampak dari virus corona yang ada.

Komitmen awal mulai menjadi berkurang, bahkan sudah dilupakan. Komitmen adalah sebuah janji yang menyatakan kesanggupan untuk melakukan sesuatu secara terus menerus dan berkesinambungan . 

Paulus adalah salah satu teladan dalam berkomitmen untuk melayani Tuhan, “Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan, jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan”, untuk itu Paulus berkata, “Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia”

Dalam mengiring Tuhan, roh kita harus tetap menyala-nyala, kita harus memiliki semangat yang baru, bahkan kita bisa mengakhirinya dengan baik. Kita gak boleh suam-suam kuku (tidak panas dan tidak dingin) dalam mengikut Tuhan sehingga kita dimuntahkan. Orang yang suam-suam kuku itu orang yang tidak bersemangat dalam mengiring Tuhan, hal ini Tuhan tidak suka.

Tahun 2021 merupakan kesempatan yang diberkan kepada kita semua, kalau kita hidup saat ini, adalah anugrah yang tidak boleh kita sia-siakan. Firmannya mengatakan bahwa, “ janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala, nyala dan layanilah Tuhan “.

Biarlah, saat ini kita memperbaruhi komitmen kita, bahwa kita mau semangat lagi dalam membangun hibungan kita dengan Tuhan, baik melalui doa, pembacaan Alkitab dan renungan yang diberikan  dan roh kita menyala-nyala lagi dalam melayani Tuhan, dalam kondisi apapun, kita mau setia melayani Dia, lewat apapun yang kita bisa, kita lakukan untuk Tuhan. Tidak ada alasan untuk kita menjauh dari kasih Tuhan, sebab Dia yang telah menebus dosa-dosa kita, dan memberi hidupnya bagi kita.

Oleh sebab itu, yok kita semua yang mulai malas, gak ada semangat, mulai kendor dalam membangun hubungan kita dengan Tuhan, saatnya kita perbaruhi komitmen kita, mulai semangat lagi, kita mau sungguh-sungguh dalam mengikut dan melayani Tuhan. 

Anak muda identik dengan semangat, mari bangun semangat kita didalam Tuhan.. ingat Firman Tuhan biarlah roh mu menyala-nyala … semangat kita ada didalam Tuhan bukan dengan kekuatan diri kita sendiri. Jangan ijinkan kendor, kekendoran bukan situasi yang mendadak terjadi tetapi ketika kita mengijinkan kekendoran dan ketidak setiaan kecil terus kita bangun dalam hidup ini.

Ayo semangat jangan malas, kemalasan seperti virus yang bisa menggerogoti kekuatan dari semangat kita.

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus aku mau belajar untuk tetap semangat, tidak mengijinkan kemalasan mengerogoti semangatku.

Tuhan Yesus memberkati, kita semua.

RA – SCW