Renungan Harian, Senin 30 November 2020

Setiap anak-anak Tuhan harus menyadari bahwa Tuhan menyertai kita kita disetiap masa, apapun keadaan yang terjadi kebenarannya adalah ada tangan Tuhan yang selalu menopang kehidupan kita

Daniel 11:32, Dan orang-orang yang berlaku fasik terhadap Perjanjian akan dibujuknya sampai murtad dengan kata-kata licin; tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak.

Kitab Daniel banyak berisi mengenai Nubuatan yang bersifat ganda, dimana penggenapannya pada jaman yang lalu dan juga pada jaman sekarang atau yang akan datang.

Seperti nubuatan Daniel, akan ada masa dimana orang-orang yang berlaku fasik, akan mengalami bujukan atau rayuan yang membawa kepada kemurtadan dengan kata-kata yang licin atau kebohongan. Bujukan ini karena pikatan dunia yang menawarkan kepuasan dan kenikamatan dalam dunia ini sementara.

Bagaimana sikap anak Tuhan – Harus mengenal Tuhan.

Mengenal bukan saja tahu tetapi memahami dengan sungguh pribadi Tuhan. Pengenalan akan Tuhan akan membuat orang percaya kuat, berani bertindak dan hidup dalam naungan kuasa Allah. Mengenal Tuhan artinya adalah bergaul dengan karib dengan Tuhan. Menjadi murid yang mau untuk terus ada bersama dengan Tuhan.

Mengapa manusia harus bergantung kepada Tuhan? karena manusia didesain untuk hidup bersumber dari Allah sendiri.

Desain penciptaan Allah dalam kitab kejadian 1 … yang adalah ketetapan yang daripada Allah sendiri agar seluruh mahluk dapat hidup.

  • Ay 11, Ketika Tuhan berfirman kepada Tanah untuk mengeluarkan tanaman berbiji, tunas dan pepohonan. Ketika tumbuhan dipisahkan dari tanah maka akan mati dan tidak bertumbuh.
  • Ay 20, Tuhan berfirman didalam air untuk mengeluarkan ikan dan segala mahluk dalam air, ketika binatang ini dikeluarkan dari air, tentunya tidak akan bisa hidup dan pasti mati
  • Ay 24 Tuhan berfirman Bumi mengeluarkan segala jenis binatang, jika dipisahkan dari tanah maka biantang ini tidak akan hidup
  • Ay 26 Tuhan menciptakan manusia sesuai gambar Allah, maka manusia tidak akan bisa hidup jika berada diluar Dia.

Daniel 11:33, Dan orang-orang bijaksana di antara umat itu akan membuat banyak orang mengerti, tetapi untuk beberapa waktu lamanya mereka akan jatuh oleh karena pedang dan api, oleh karena ditawan dan dirampas.

Namun Firman Tuhan menyatakan akan ada masa dimana ada ujian yang akan dihadapi oleh anak-anak Tuhan. Akan ada ujian pemurnian melalui masalah dan kesulitan yang terjadi. Ditengah situasi yang sedang kita hadapi bersama, semua kita menghadapi tantangan yang sama … tetaplah menjadi berbeda dengan memilih untuk tetap setia kepada Tuhan. karena tetap percaya ada pertolongan dan perlindungan dari Tuhan sendiri.

Daniel 11:34 Sementara jatuh, mereka akan mendapat pertolongan sedikit

Ditengah kesulitan yang ada, Tuhan pasti memberi pertolongan, walaupun sedikit …disanalah ada pertolongan Tuhan yang ajaib. Walaupun sedikit, Tuhan tetap memberikan pertolongan. Belajarlah untuk selalu bersyukur dengan setiap berkat yang sudah Tuhan berikan bagi kita semuanya.

Pemurnian selalu menghasilkan kemuliaan

Daniel 11:35 Sebagian dari orang-orang bijaksana itu akan jatuh, supaya dengan demikian diadakan pengujian, penyaringan dan pemurnian di antara mereka, sampai pada akhir zaman; sebab akhir zaman itu belum mencapai waktu yang telah ditetapkan.

Pemurnian akan selalu membawa kepada kemuliaan, seperti emas yang murni harus dibersihkan dari kotoran yang membuat tidak murni. Sabagai anak-anak Tuhan yang dikasihi, Tuhan ingin membawa setiap anak-anak Tuhan untuk semakin dimurnikan dan semakin mulia semakin serupa dengan Allah. Bagian kita ada kesediaan untuk menjalaninya bersama dengan Tuhan.

Seperti Ayub yang dipulihkan oleh Tuhan, dalam pemulihan itu Aub bersaksi bahwa Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau. (42:5). Semua proses ini membuat Ayub semakin mengenal Allah

Pengenalan akan Tuhan akan membawa umat Allah untuk semakin kuat ditengah situasi yang berat, tetap bertindak karena ada penyertaan Tuhan.

SS