TEguran_untuk_kebaikan

Renungan harian Youth, Sabtu 01 Agustus 2020

Syalom rekan-rekan youth … wah hari ini kita masuk bulan kedelapan tahun ini ya, tepatnya dibulan Agustus, kiranya Tuhan memberkati kita semuanya dan keadaan yang ada boleh semakin dipulihkan.

Sebagai anak muda gak jarang kan kita menerima teguran saat kita melakukan kesalahan, mungkin lebih sering kita menerima teguran dari orang yang lebih dewasa dari kita, seperti guru dan orang tua kita. Tidak dipungkuri juga banyak orang yang mungkin tidak menyukai teguran yang diberikan pada dirinya oleh orang lain. Pernah gak rekan-rekan Youth melakukan kesalahan dan akhirnya ditegur, tapi waktu ditegur kita merasa jengkel mungkin atau ngedumel? Walaupun sebenarnya kita mengerti bahwa teguran itu bermanfaat, tapi tetap saja kadang kita jadi orang yang sulit menerima teguran.

Menurut KBBI, teguran memiliki arti ajakan bercakap-cakap, cela’an, kritik, ajaran, dan peringatan. Dari pengertian itu, berarti ada teguran yang membangun, mendidik, tapi ada juga teguran yang bermakna negatif (cela’an).

Teguran yang tidak membangun tidak perlu kita perhatikan karena bisa jadi dengan alasan hanya membuat kita down apalagi sampai mempengaruhi hidup kita,

…. tapi seperti yang tertulis dalam

AMSAL 15: 31 (FAYH) “Orang yang menarik manfaat dari kritik yang membangun akan disebut bijaksana. Tetapi menolak kritik akan merugikan diri sendiri”

kita perlu memperhatikan dan dengar-dengaran akan teguran yang mendidik karena teguran yang membangun dan mendidik serta disampaikan dengan cara yang bersahabat adalah teguran yang membawa kepada kehidupan, sukacita, kebijaksanaan, perubahan hidup, dan perubahan karakter yang menjadi lebih baik.

Karena itu rekan-rekan youth … kita juga perlu respon hati yang benar saat kita menerima teguran. Terkadang teguran yang disampaikan kepada kita sudah dengan cara yang bersahabat tapi sering kali respon hati kita masih suka menolak saat di tegur, merasa tidak bersalah, ataupun merasa seperti tidak mau disalahkan, masih banyak pembelaan dan pembenaran di dalam hati kita.

Jika kita menolak dan tidak mau mengalah seletah mendapat teguran, maka kita akan mengalami kehancuran, kebinasaan, diremukan dan bahkan bisa jadi tidak dapat dipulihkan lagi, seperti yang tertulis dalam

AMSAL 29:1 (BIMK) “Siapa terus membangkang kalau dinasihati, suatu waktu akan hancur dan tak dapat diperbaiki lagi.”

Teguran yang diberikan kepada kita melalui orang di sekitar seperti orang tua kita merupakan bentuk kasih dan kesempatan yang Allah berikan untuk memperbaiki diri,

karena Tuhan sayang sama kita dan kesempatan itu ada batasnya, jika kita terus mengabaikan, gak peduli dengan kesempatan melalui teguran itu, maka akhir yang mengerikan akan terjadi. Sebab Allah kita adalah Allah yang adil yang akan memberikan hukuman yang setimpal dengan perbuatan kita karena setiap orang akan menuai apa yang ditaburnya.

AMSAL 6: 23 (BIMK) “Petunjuk-petunjuk orang tuamu bagaikan lampu yang terang; teguran mereka menunjukan kepadamu cara hidup yang baik.”

Jangan kita jadi marah atau nggak terima ketika kita ditegur, miliki hati yang lembut, hati seorang anak yang mau dididik dengan teguran. Orang tua kita adalah walinya Tuhan, orang tua kita berhak bahkan wajib untuk mendidik, memberi teguaran, dan mendisiplin kita supaya kita memilki hikmat serta akal budi untuk hidup dalam kebenaran Firman Allah dan menjaga hidup kita dari jalan yang jahat.

Komitmeku

Aku mau belajar menerima Teguran dengan respon yang benar, karena teguran itu akan mendatangkan Kebijaksanaan,  Akal Budi, Kehormatan, dan Kebahagian atas kehidupanku

IFM – AS

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … ada EL-Rei yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar Firman Tuhan bagaimana meresponinya … dan tema kita nanti sore “ ZODIAK”… wih pasti menarik ya, intinya bagaimana kita sebagai anak muda meresponi trend-trend yang ada disekitar kita …

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah Online besok Minggu, 02 Agustus 2020 jam 07.00 dan Sunday Funday jam 08.15 di chanel youtube yang sama.