Renungan Harian Anak, Sabtu 26 September 2020

BACAAN ALKITAB : MATIUS 5 : 13 -1 6

Syalom Adik – Adik , bagaimana kabarnya ? Sudah siap mendengarkan firman Tuhan ya. Adik adik hari ini kita akan belajar tentang terang dan garam dunia. Yang dapat Adik adik baca di Matius 5 : 13 – 16. Adik adik mungkin sudah banyak yang tau mengenai garam ya. Yang biasa dipakai Mama dalam memasak. Garam merupakan salah satu bumbu masakan yang wajib ada didapur , yang fungsinya untuk menyedapkan masakan, sehingga masakan tidak menjadi hambar / tawar. Selain itu , garam juga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan. Sedangkan terang adalah Yesus sendiri. Menjadai terang dunia atau anak anak terang berarti kita menjadi anak anak yang bisa mengasihi dan membawa cinta kasih dalam lingkungan di sekeliling kita.

Beberapa waktu yang lalu, Kaka membaca sebuah artikel yang berjudul ANAK KU RANGKING 23.

Yang isinya adalah tentang satu orang anak yang selalu mendapat rangking ke 23 dari 25 murid di kelasnya. Dan akhirnya anak tersebut mendapat julukan SI RANGKING 23. Dan hal itu jelas membuat orang tua dari anak tersebut bingung dan heran. Akan tetapi orang tua dari anak tersebut mendapat keterangan yang mengejutkan dari Wali Kelas Anak tersebut. Wali kelas mengatakan ada satu hal aneh , yang terjadi. Hal yang pertama kali ditemukannya selama hampir 30 tahun mengajar. Dalam Ujian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, diberikan soal tambahan. Dalam soal itu tertera : SIAPA TEMAN SEKELAS KAMU YANG PALING KAMU KAGUMI DAN APA ALASANNYA?

Dan jawaban dari semua teman sekelasnya sama , tidak ada satu pun yang berbeda. Mereka semua serentak menulis SI RANGKING 23. Teman temannya menulis karena anak tersebut sangat senang membantu orang , selalu memberikan semangat, selalu menghibur , selalu enak diajak berteman dan masih banyak lagi. Dan wali kelasnya berkata kepada ayah dari anak tersebut: “Anak Bapak ini  kalau bertingkah laku terhadap orang lain , benar benar nomor satu”.

Dan sang ayahpun berkata kepada anaknya, Nak kamu suatu saat akan jadi pahlawan. Akan tetapi sang anak hanya menjawab: “Ayah , Bu Guru pernah mengatakan sebuah pepatah, ketika pahlawan lewat, harus ada orang yang bertepuk tangan di tepi jalan. Dan aku tidak mau jadi pahlawan. Aku mau jadi orang yang bertepuk tangan di tepi jalan saja. Tentu sang ayah terkejut mendengarnya.

Dari artikel diatas , Adik adik dapat belajar,

hidup ini bukanlah semata mata menunjukkan siapa yang terpenting , atau siapa yang paling berperan , atau siapa yang paling hebat, akan tetapi sederhana saja, yaitu siapa yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Seperti pembacaan kitab kita hari ini , TUHAN YESUS ingin kita menjadi terang dan garam dunia. Agar kita bisa menjadikan hidup kita berguna / bermanfaat bagi orang lain. Misalkan mulai membantu Papa Mama dirumah, dengan membersihkan kamar , mencuci piring sehabis kalian makan, menyapu halaman dll. Juga mulai kerjakan tugas sekolah dengan baik. Atau bisa juga mulai mendoakan orang tua ,  teman teman & guru guru kalian.

Ayo Adik adik , kita mau mulai berubah menjadi anak anak yang lebih baik lagi. Melalui renungan harian yang kalian baca dan dengar setiap hari. Mari kita sama sama meresponi firman Tuhan yang diberikan setiap hari, dengan sikap hari yang benar ya. Jangan pernah sia sia kan firman yang diberikan setiap harinya. Karena firman Tuhan adalah kekuatan kita. Tetap semangat ya Adik adik.

Ayat hafalan kita hari ini di :

ROMA 14 : 19, SEBAB ITU MARILAH KITA MENGEJAR APA YANG MENDATANGKAN DAMAI SEJAHTERA DAN YANG BERGUNA UNTUK SALING MEMBANGUN

Komitmen kita hari ini :

TUHAN YESUS  ajar aku untuk selalu melakukan hal hal yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Ajar aku untuk memperhatikan orang orang di sekeliling ku. ROH KUDUS mampukan aku untuk menjadi terang dan garam dimana pun aku berada. AMIN

KL – NJ

Pengumuman :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday ya … Besok hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“TETAP MENGASIHI WALAU DISAKITI”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan.

  1. Kertas Gambar Putih
  2. Alat Tulis
  3. Spidol warna/ pensil warna

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.