Renungan Harian, 25 Desember 2020

Selamat hari Natal … Kiranya damai natal terus menguasai kehidupan kita. Tetaplah bersukacita karena ada terang Tuhan yang bersinar menerangi kegelapan yang ada.

Yesaya 60:1-6 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu. Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong. Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN”

Teks ini dikaitkan dengan Nubuatan nabi Yesaya, namun juga berkaitan dengan Sang Kristus yang adalah terang dunia.

PERHATIKAN BEBERAPA SIFAT CAHAYA YANG MEMBAWA TERANG

  • Keberadaan cahaya menyebabkan kehidupan!  Tanpa adanya cahaya matahari praktis tidak akan ada kehidupan yang begitu beragam di atas bumi ini!
  • Keberadaan cahaya menyebabkan hidup lebih semarak dan hidup, kota yang mati tanpa cahaya akan menjadi kota yang suram dan menakutkan
  • Keberadaan cahaya membuat kehidupan lebih sehat, cahaya Matahari bisa membentuk vitamin dalam tubuh manusia
  • Keberadaan cahaya menjamin rasa aman dan mengusir ketakutan, perhatikan para pelaut yang mendekati garis pantai; tatkala mereka berjumpa dengan sebuah mercusuar yang akan mengarahkan mereka, tentu mereka merasa aman dan rasa takut membentur karang atau tersesat sirna sudah!

Dengan begitu banyaknya sifat-sifat yang positif dari terang, tentu bukan hal yang aneh bila Yesus – Allah yang menjelma sebagai manusia – disebut sebagai Terang Dunia.

Kristus Pembawa Terang Kehidupan

1. Dia membawa Perubahan yang Besar di dalam Kehidupan umat manusia

Dalam dunia kegelapan digambarkan sebagi sebuah keadaan didalam dosa .. dosa yang membawa kegelapan ~ kehadiran Kristus membawa terang pengharapan yang mengusir kegelapan. Tuhan hadir kedalam dunia ini untuk membawa perubahan yang besar dalam kehidupan umat manusia yang ada dalam kegelapan.

Terang Tuhan mampu untuk menerangi kekelaman umat manusia, ada begitu banyak kesaksian yang menyatakan bahwa hidupnya diubahkan secara radikal diubahkan oleh Tuhan. Memiliki kehidupan yang baru dan memancarkan terang kemuliaan Allah.

Pandemi yang kita alami Bersama seperti kegelapan yang menutupi bumi ini, tetapi kehadiran Tuhan dalam kehidupan kita akan menjadi TERANG yang menuntun kehidupan kita

2. Dia membawa sukacita dalam kehidupan umatNya

Sukacita (Joy) berbeda dengan Kebahagiaan (happiness)

  • Kebahagiaan bisa kita peroleh dengan usaha dan cara hidup kita yang cermat; sementara Sukacita adalah anugerah!
  • Kebahagiaan bisa dipengaruhi oleh situasi diluar kita; sementara sukacita tidak demikian! ~ sukacita tidak dipengaruhi oleh Situasi

Inilah yang harus menjadi bagian orang percaya … bahwa sukacita yang sejati adalah bagian kita ketika ada Kristus didalam kehidupan kita – INILAH NATAL yang SEBENARNYA. Ketika Kristus Sang Terang, menyinari kehidupan kita berdosa dan menerbitkan terang melalui kehidupan kita untuk menjadi berkat bagi sesama.

Bangkit dan Bersinarlah!
Jangan hanya diterangi oleh Tuhan tetapi jadilah sinar yang membawa pengharapan dan kedamaian bagi orang-orang yang ada disekitar kita

GW