Renungan Harian Anak, Sabtu 02 Januari 2020

BACAAN : EFESUS 6 : 1 – 3

Syalom Adik Adik , bagaimana kabar kalian semua? Sudah siap untuk mendengarkan renungan hari ini ? Di hari yang kedua ditahun ini kita akan belajar untuk berterima kasih.

Adik adik ada yang ingat ga , isi dari 10 perintah Allah, yang terdapat di Keluaran 20:1–17. Dari Keluaran 20 : 1 – 11 , kita bisa melihat perintah Allah yang kesatu sampai dengan yang keempat, berhubungan langsung dengan Allah , yaitu : Jangan ada padamu allah lain dihadapanKU ( ayat 3 ) , jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun dan menyembahnya ( ayat 4 – 5 )  , jangan menyebut nama Tuhan dengan sembarang ( ayat 7 ) , dan Ingat dan kuduskanlah hari sabat ( ayat 8 ) . Sedangkan perintah Allah yang ke lima sampai dengan yang ke sepuluh berisi tentang perintah untuk ke sesama manusia.

Kira kira perintah kelima tentang apa ya? Ada yang ingat ? Coba kalian buka Keluaran 20 : 12.  Yuk kita baca sama sama , 1..2.. 3..

HORMATILAH AYAHMU DAN IBUMU , SUPAYA LANJUT UMURMU DITANAH YANG DIBERIKAN TUHAN , ALLAHMU , KEPADAMU.

Wah ternyata perintah kelima dari 10 perintah Allah adalah tentang kita harus menghormati Ayah dan Ibu kita ya. Ini merupakan perintah yang sangat penting ternyata Adik adik , karena ini merupakan perintah pertama yang berhubungan dengan manusia. Kenapa ya kita harus menghormati Ayah dan Ibu kita ? Karena ayah dan ibu kita adalah wakil Tuhan didunia.

Dalam Efesus 6 : 1 – 3 , dijelaskan bahwa kita sebagai anak anak harus mentaati dan menghormati ayah dan ibu kita, karena itu merupakan perintah yang penting ( ayat 2 ) . Karena sebagai mana janji dibalik perintah itu , yaitu Supaya kita berbahagia dan panjang umur (ayat 3).

Ada tidak ya..orang di dunia yang berkeinginan hidupnya penuh dengan penderitaan dan umurnya pun pendek di dunia ? Gampang caranya , jadilah ‘anak yang durhaka’, juga ‘jadi anak yang tidak dengar dengaran’ akan perintah orang tuanya. Tapi Kaka percaya tidak ada satu pun orang di dunia ini yang mau hidup susah dan penuh penderitaan juga pendek umurnya kan ya. Jadi jangan pernah menjadi seorang anak yang mendurhaka dan tidak dengar-dengaran pada orang tua ya. Karena akibatnya sangat mengerikan yaitu, hidup penuh penderitaan dan tidak panjang umur. Karena itu perhatikanlah dengan sungguh kebenaran firman Tuhan tentang menghormati orang tua kita.

Adik adik pasti pingin bahagia dan panjang umur ya ? Salah satu kunci supaya kita memiliki hidup yang berbahagia dan panjang umur adalah kita menghormati ayah dan ibu kita.  

Kita bisa hidup kedunia memang karena Tuhan yang memberikan kehidupan kepada kita, melalui kedua orang tua kita. Bagaimana Ibu kita berjuang dalam melahirkan kita , membesarkan dan merawat kita. Begitu banyak hal yang sudah orang tua berikan kepada kita , supaya kita memperoleh hidup yang layak. Kita sebagai anak sudah seharusnya memiliki sikap yang taat dan menghormati Ayah dan Ibu kita. Karena itu merupakan hadiah yang terindah untuk kedua orang tua kita. Sikap taat dan menghormati orang tua merupakan ungkapan syukur kita terhadap apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Meskipun memang kedua orang tua kita bukanlah manusia yang sempurna , yang masih memiliki kekurangan , dan berbuat salah. Akan tetapi bagian kita sebagai anak adalah, menghormati kedua orang tua kita. Karena memang itulah bagian yang harus kita lakukan sebagai anak terhadap orang tua kita.

Adik adik mungkin ingat bagaimana kisah anak bungsu ya. Bagaimana anak bungsu tersebut sudah berbuat hal yang mendukakan hati Bapanya , akan tetapi ketika anak bungsu tersebut berbalik , kembali kepada Bapanya, tangan Bapanya selalu terbuka untuk anak bungsu tersebut.

Demikian juga dengan orang tua kita, hanya merekalah orang yang didunia ini, yang tidak akan pernah menolak kita meskipun dalam kondisi terburuk sekalipun , juga ketika kita telah melakukan kesalahan.  Akan tetapi, waktu kita kembali pulang dan bertobat, maka tangan mereka juga akan terbuka untuk menerima diri kita kembali.  Seperti pribadi Tuhan Yesus lakukan terhadap kita. Ayo Adik Adik mulai hari ini kita mau lebih lagi menghormati , mengasihi dan menyayangi kedua orang tua kita.

Ayat hafalan

EFESUS 6 : 1, HAI ANAK-ANAK , TAATILAH ORANG TUAMU DIDALAM TUHAN , KARENA HARUSLAH DEMIKIAN.

Komitmen :

TUHAN YESUS , terimakasih untuk kedua orang tuaku. Aku mau lebih lagi menghormati , mengasihi dan menyayangi mereka. Berkatilah kedua orang tuaku ya TUHAN.

KL – NJ

Pengumuman :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday special tahun baru ya … Besok hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“TUHAN ITU BAIK”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan.

  1. Kertas Lipat Warna Warni
  2. Alat tulis
  3. Pensil Warna / Spidol
  4. Gunting dan Lem

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.