Renungan Youth 14 Juli 2020

Hai teman-teman Elohim youth, apa kabarnya semua?

Saya berharap hari ini kalian semua bersukacita ya.. Ya bersukacita!! Salah satu tanda dari hati yang bersukacita dari seseorang adalah murah senyum dan tertawa. Pasti jika seseorang murah senyum dan tertawa parasnya terlihat menawan. Bukan karena cantik atau rupawan tetapi ada efek-efek tubuh yang mengikuti emosi kegembiraan manusia.

Ada setidaknya 3 efek positif dalam tubuh kita ketika kita bergembira dan dapat tertawa lepas.

1. Latihan fisik

Masa sih bisa berpengaruh? Menurut penelitian, tertawa 10-15 menit dapat membakar sekitar 40 kalori loh.. Jadi bagi mereka yang terlalu banyak makan makanan yang berkalori tinggi, tertawa tergelak-gelak / terpingkal-pingkal bisa membantu pembakarannya. Sekaligus melatih otot-otot diafragma, perut bahkan otot-otot bahu. Wah bisa kenceng tuh otot-otot perut kita.

2. Pereda nyeri alami

Ketika kita sakit, tertawa dapat melepaskan hormon endorfen yang mempunyai efek mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman, membantu meringankan rasa sakit. “Hati yang gembira membuat muka berseri-seri”. Amsal 15:13

3. Mengurangi stress

Jika kita mulai merasa tertekan, jangan disimpan sendiri, kalian boleh mengawali dengan cerita pada Tuhan lewat doa kalian, gabung dengan keluarga yang sekarang sering kalian temui karena kalian harus tetap di rumah, dan kalian juga bisa hubungi teman-teman kalian lewat media elektronik dan media sosial kalian agar kalian bisa ngobrol dan bercanda tawa, jangan nongkrong- nongkrong dulu ya..

Tawa itu akan tercipta bersama-sama, tanpa disadari tertawa akan menekan hormon-hormon stress dan meningkatkan hormon tertentu yang membuat hati bersukacita.

Banyak efek-efek postif dari tertawa dalam tubuh ini, karena itu rasul Paulus menyatakan dalam

 Filipi 4:4 “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan bersukacitalah! Dan dalam

Mazmur 16:9 “Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram”.

Raja Daud dengan segala permasalahannya dapat merasakan ketenteraman alias kenyamanan dalam tubuhnya ketika hatinya bersukacita. Menurut teman-teman Elohim youth nih.. mengapa Daud bisa seperti itu? Jawabannya ada dalam

Mazmur 16:11 dikatakan “Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa”.

Ya, karena Daud selalu menomorsatukan / mengutamakan Tuhan, karena Daud mengetahui bahwa dalam Tuhan sajalah rancangan hidupnya tertata dengan baik dan bukan rancangan kegagalan.

Nah..teman-teman youth, Tuhan selalu ada dalam setiap jengkal jalan hidup kita dan rancangan damai sejahtera ada buat kita. Jadi bersukacitalah senantiasa.

Sukacita yang sejati adalah Ketika kita berjalan bersama dengan Tuhan, kita tidak perlu takut karena Tuhan selalu menyertai kita

Kisah Rasul 2:28 “Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu”.

Komitmen hari ini 

Tuhan adalah sumber sukacitaku maka aku akan bersukacita, ditengah semua situasi yang ada aku mau terus belajar untuk bersukacita.

LO – KPH