Renungan harian youth, Senin 14 Desember 2020

Setiap kita tentunya ga seneng yang namanya sendiri, apalagi sebagai anak muda status “sendiri” atau jomblo seringkali menjadi tantangan tersendiri. Betul ga? Bagi rekan-rekan yang mengalaminya tentunya paham dengan apa yang saya sampaikan.

Banyak pandangan negative yang diberikan kepada anak-anak remaja atau pemuda mereka yang memang “jomblo” atau belum punya pasangan dan malah dibuat jadi ledekan dalam lingkup pertemanan. Ada banyak ungkapan seperti “Kenapa masih ngejomblo?”, “Pasti kesepiannya ya jadi jomblo” atau “Kamu sih orangnya pilih-pilih!”

Namun sebagai anak Tuhan tentunya kita memahami dengan betul bahwa pacaran itu bukan saja hanya untuk bersenang senang, tetapi pacaran hal yang harus dilakukan dengan tanggung jawab yang benar. Masa pacaran adalah masa persiapan untuk memasuki kedalam pernikahan kudus yang sudah Tuhan anugerahkan bagi kita. Tujuan dari pacaran itu bukan untuk kesenangan diri tetapi bagaimana segenap apa yang kita lakukan itu memuliakan nama Tuhan termasuk soal urusan pacaran.

Karena itulah JOMBLO bukanlah hal yang salah, karena kamu menyadari bahwa memilih seseorang bukanlah hal yang dapat dilakukan sesuka hati dan sembarangan. Bagi teman-teman yang sudah punya pasangan atau pacar, ingat juga tujuannya dari pacaran adalah waktu untuk saling mengenal satu dengan yang lain, harus dijalani dengan benar, kudus dan tetap memuliakan Tuhan.

SIKAP KITA SEHARUSNYA ADALAH …

Apa yang penting adalah menjaga diri kita untuk terus taat, bertanggung jawab dan setia dalam pengharapan pada Tuhan apapun status kita hari ini. Status Jomblo atau tidak, apa kata orang bukanlah hal yang penting namun bagaimana sikap kita itulah yang penting.

Jangan Kuatir

Bagi yang belum mendapatkan pasangan, apa yang seharusnya dilakukan? Tuhan menegaskan untuk tidak khawatir. Ayat bacaaan hari ini menyampaikan pesan Tuhan untuk menyikapi permasalahan dalam hidup kita, termasuk pula masalah belum menemukan pasangan hidup yang tepat ini. “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4:6). Kemudia yang harus kita lakukan adalah …

Sabar dan tekunlah berdoa

Bersabar dan teruslah bertekun dalam doa, tetaplah bersyukur dan penuhi dirimu dengan sukacita sejati yang berasal dari Tuhan. Jangan tergesa-gesa, karena sebuah keputusan yang diambil tergesa-gesa tanpa pertimbangan yang matang hanyalah akan membuahkan salah langkah. Percayalah bahwa Tuhan mendengar permohonan anda, dan pada saatnya Dia akan membimbing anda dalam menemukan pasangan yang anda tunggu-tunggu.

Masa sendiri atau “Jomblo” adalah masa kesempatan untuk kita membangun kehidupan kita sebaik mungkin, mempersiapkan diri menjadi orang yang berkualitas bagi seseorang yang terbaik bagi kita.

Nih Buat teman-teman yang masih “JOMBLO” – Jomblo bukanlah status yang negative atau memalukan jamblo adalah sebuah status dimana kamu sedang mempersiapkan dirimu untuk yang terbaik.

Pergunakan kesempatan yang ada untuk membangun relasi dengan banyak orang.

Sadar ga sadar waktu rekan-rekan mengambil keputusan untuk membangun relasi khusus dengan seseorang, maka kita tidak akan bebas lagi untuk berelasi dengan banyak orang khususnya lawan jenis. Karena itu selagi sendirian ya kita bisa bangun relasi persahabatan dengan baik kepada lebih banyak orang.

Memiliki kesempatan untuk lebih Fokus

Bukannya orang yang berpacaran tidak bisa focus, tetapi ketika seseorang sudang mengambil keputusan untuk berpacaran pastinya kan mau ga mau harus memberikan perhatian buat pasangannya. Dan bahkan ada banyak yang berlebihan sehingga hal-hal pokok yang seharusnya dia lakukan malah bisa ditinggal. Seperti tugas sebagai pelajar/mahasiswa, sebagai anak, tugas pekerjaan dll.

Menjaga diri dari dosa pergaulan bebas

Pacaran yang tidak benar rawan membuat banyak remaja dan pemuda bisa terjebak ke dalam pergaulan bebas, pacaran yang tidak kudus akan menyeret kita melakukan hal-hal yang melanggar kekudusan.

Karena itu buat teman-teman yang masih “sendirian” ayo tetap kuat untuk menjalani kehidupan ini. Teruslah bangun kehidupan dengan baik, sampai setiap kita dipertemukan dengan orang yang tepat. Terus doakan dan pergumulkan didalam doa, dan percayalah waktu yang dari Tuhan adalah selalu yang terbaik.

Libatkan Tuhan dalam menemukan pasangan hidup anda

Pengkhotbah 3 : 11,  “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir”

ER121220 – KPH