Renungan Harian Youth, Jumat 01 Januari 2021

Happy New Year buat semua rekan-rekan Youth … kiranya tahun 2021 ini kita menikmati berkat dan penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita.

Rekan-rekan jika kita menengok tahun 2020, hampir 9 bulan  kita menghadapi Krisis dan pandemi  bersama. Kesulitan yang kita hadapi  bersama-sama. Oleh karena itu setiap kita dituntut untuk beradaptasi karena kesulitan dan situasi krisis adalah adapatasi bersama-sama. Banyak diantara kita yang mulai menyerah, putus asa, namun, menyerah bukan jadi pilihan, kita harus tetap optimis untuk bangkit.  Tidak mudah memang. Tetapi hidup harus tetap jalan. Apakah dengan melihat harapan, kesulitan lantas terselesaikan? Tidak selalu dan tidak serta merta. Namun, energi positif yang melandasinya tidak membuat kita menggerutu sepanjang waktu menyalahkan keadaan. Bersikap penuh pengharapan dan selalu berpikiran positif memang sering dikaitkan dengan sifat baik. Menjadi seseorang yang optimis tidak jarang mendatangkan hal-hal yang baik, seperti memotivasi kita untuk mengejar impian, dan menjalani hidup dengan baik.

Yuk mengawali tahun ini ada sebuah tema yang saya ajak rekan-rekan untuk renungkan yaitu “OPTIMIS”

Tetap Opitimis bersama Tuhan

Optimislah karena Tuhan. Bukan Optimis menurut pikiran kita atau pandangan dunia ini. Mengapa kita harus bersikap optimis? Bersama Tuhan, kita tidak takut menghadapi berbagai persoalan.

“Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” (2 Tim. 1:7)

Sebaliknya perhatikan perkataan Ayub, “Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.” (Ayub 3:25)

Sebagai orang percaya, janganlah kita bersikap pesimis karena sikap pesimis menunjukkan bahwa kita tidak mempercayai penyertaan Tuhan. Bersikaplah optimis karena Tuhan Yesus lebih besar dari segala persoalan kita.

Jadi kalau kita takut menghadapi persoalan, justru hal negatif itu yang akan terjadi.. Dengan mengandalkan Tuhan kita percaya dan yakin  Tuhan akan menolong setiap kita.

“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah (Yeremia 17:7-8)

Tuhanlah yang memampukan kita menyelesaikan segala hal dengan baik. Dengan demikian tidak ada alasan apa pun bagi kita untuk membanggakan atau menyombongkan diri sebab tanpa pertolongan Tuhan kita tidak mampu mengatasi persoalan kehidupan ini. Tanamkan hal ini di hati kita masing-masing.

Namun … Jangan optimis berlebihan

Rekan-rekan kita harus waspada terhadap optimisme berlebihan. Mengapa?  Karena orang yang terlalu optimis cenderung menyombongkan diri, memandang rendah persoalan, mengabaikan peringatan, dan tidak siap mengantisipasi jika terjadi kegagalan. Orang seperti ini akan mengalami kehancuran yang datang secara tiba-tiba.

Sepanjang tahun 2020 kemarin, tidak semua yang kita inginkan selalu berjalan mulus. Banyak kejadian yang membuat kita sedih, prihatin, takut bahkan membuat kita cemas dan kuatir . Ada banyak pelajaran pelajaran berharga yg dapat kita renungkan, kita jadikan pengalaman untuk menatap tahun yg baru. Karena itu bersikaplah optimis dengan mempersiapkan dan memperhitungkan segala sesuatu secara matang.

Lembaran Tahun 2021 sudah ada di depan kita, mau tidak mau kita harus siap menghadapi dengan setiap kesulitan kesulitan yg kita tidak tahu apa yg akan terjadi nanti. Tetapi sebagai anak anak Tuhan yang percaya kita harus siap untuk menghadapi masa depan, persiapkan diri semampu kita, serahkan seluruh hidup , rencana, pikiran kita pada Tuhan.

Percayalah Dia akan membimbing kita meraih masa depan cemerlang. Jangan pernah andalkan kepintaran kita, namun pakailah kepintaran kita itu di jalan yang di tunjukkan Tuhan kepada kita. Jangan pernah membantah dan nurut saja. Karena sudah pasti itu yang terbaik bagi kita. Mungkin awalnya terlihat tidak, tapi saatnya akan tiba, kita akan merasakan damai sejahtera yang luar biasa. Tetap percaya saja padaNya.

Sekali lagi selamat memasuki tahun 2021 dengan harapan baru, semangat baru dan berkat-berkat yang baru terus dilimpahkan atas setiap pribadi kita. Imanuel

Tuhan  Yesus memberkati.

Komitmenku hari ini

Aku tetap percaya dan mau optimis memasuki tahun 2021 bersama dengan Tuhan, aku penyertaan Tuhan ada dalam kehidupan ku

KP – AC