Renungan Harian Anak, Senin 12 Oktober 2020

Yosua 14:6-15

Hello …syalom Bagaimana kabarnya adik-adik semua hari ini ? Kakak berharap adik-adik semuanya sehat-sehat selalu. Kita bersyukur Tuhan masih memberikan hari yang baru buat kita semuanya. Yuk kita mau bersama merenungkan Firman Tuhan.

Siapa disini adik-adik yang pernah mendapatkan sebuah tugas? Entah dari Guru kalian atau dari orang tua … wah pasti semuanya pernah ya. Waktu mendapatkan tugas apa yang adik-adik lakukan? Tentunya kita harus berusaha dengan segenap kemampuan kita supaya tugas tersebut bisa kita selesaikan. Siapa yang sering nunggak tugasnya, atau ga segera dilakukan sehingga menumpuk? Adik-adik semuanya harus belajar dan berusaha untuk menyelesaikan tugas kita ya.

Adik-adik kita kemarin belajar bersama-sama dari seorang tokoh Alkitab yaitu KALEB, bersama dengan Yosua dan 10 pengintai yang lain diutus untuk mengintai tanah kanaan atas perintah musa. Namun, selama perjalanan 10 dari pengintai, dihadapkan dengan beberapa hal di luar dugaan yang menyebabkan mereka menyebarkan berita bohong. Tetapi, Dari dua belas pengintai yang diutus, hanya Yosua dan Kaleb saja yang ingat dan percaya bahwa Tuhan pasti menyertai mereka memasuki tanah Kanaan. Tidak hanya itu, Kaleb juga mengingat janji yang dinyatakan Tuhan Allah kepada Musa.

Nah saat Kaleb melaksanakan tugasnya untuk mengintai dari Kadesh-Barnea, dia membawa pulang kabar yang sebenar-benarnya, sedangkan pengintai lainnya tawar hati karena tidak yakin dapat mengalahkan musuh.

Kaleb tetap mengingat perkataan dan janji yang diberikan oleh Musa, bahwa tanah yang diinjak Kaleb akan menjadi milik pusakanya. Ketika ia dulu mendengar janji itu usianya masih empat puluh tahun, sampai saat dia menagih janji itu usianya sudah delapan puluh lima tahun

Ulangan 1:36 kecuali Kaleb bin Yefune. Dialah yang akan melihat negeri itu dan kepadanya dan kepada anak-anaknya akan Kuberikan negeri yang diinjaknya itu, karena dengan sepenuh hati ia mengikuti TUHAN.

Adik-adik kita belajar bersama tentang kesetiaan Kaleb memegang janji Tuhan dan ia percaya janji tersebut akan digenapi dalam masa tuanya. Disini kaleb tidak menunggu janji tuhan dengan berdiam saja, tapi kaleb juga berusaha untuk mendapatkan apa yang pernah dijanjikan kepadanya.

Kaleb tetap menjalani hidup dengan setia kepada Allah dan memegang teguh janji Allah sampai masa tuanya, la yakin bahwa semua janji Tuhan melalui Musa akan digenapi

Karena itu adik-adik kita belajar bersama ayo Lakukan semua tugas dan pekerjaan yang sudah diberikan dengan hati yang tulus dan sungguh-sungguh. Adik-adik Jangan mudah berputus asa, karena janji Tuhan selalu menyertai kita. Kita semua harus Tetap setia dalam mengikut Tuhan dengan sepenuh hati.

Ayat hafalan hari ini

Pengkhotbah 9:10 Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga

Komitmenku hari ini.

Aku mau belajar untuk selalu berusaha menyelesaikan semua tugasku dengan sebaik-baiknya. Karena inilah perintah Tuhan buat kita semuanya.

SF111020 – KCP