Renungan Harian Youth, Kamis 18 Juni 2020

Bacaan alkitab hari ini : Pengkhotbah 3:1 , 11

Syalom teman-teman Youth yang dikasihi Tuhan, bagaimana kabar kalian hari ini , kakak berharap kalian semua dalam keadaan sehat, dan bisa selalu memanfaatkan waktu yang Tuhan anugrerahkan kepada kita semua.

Tidak terasa sudah beberapa bulan kita harus melalui hari-hari dan waktu-waktu kita untuk melakukan banyak aktifitas di rumah, dan hal ini adalah masa-masa dimana kita harus melakukan sesuatu aktifitas yang baru dan berbeda dengan aktifitas kita sebelum adanya covid 19 ini. Kita harus menyesuaikan dengan hal-hal baru . Kita berharap semua teman-teman Youth bisa menghadapi perubahan prilaku dalam kehidupan baru ini dengan baik, dan tetap menjadi berkat dimanapun rekan-rekan Youth berada…

Waktu adalah kesempatan yang indah dan anugrah yang Tuhan  berikan kepada kita semua selama kita menjalani kehidupan ini. Setiap orang dari berbagai kalangan memiliki waktu yang sama setiap harinya. Namun kita seringkali mengabaikan waktu yang diberikan Tuhan dengan mempergunakan dengan hal-hal yang sia-sia. Kita menganggap waktu sebagai hal yang sia-sia.

Apa yang dikatakan Alkitab tentang waktu.

1. Segala sesuatu ada masa dan waktunya. Pengkhotbah 3:1 ,11.

Tuhan bekerja sesuai waktunya, Tuhan mengerti betapa pentingnya waktu itu. Karena itu , segala sesuatu didisain dengan waktu yang tepat, termasuk didalam kehidupan kita teman -teman. Tuhan tidak pernah bekerja diluar waktunya. Itulah yang Firman Tuhan katakan.

Oleh sebab itu, kita juga harus menghargai waktu-waktu yang Tuhan berikan kepada kita.

2. Kita tidak mengetahui waktunya . Pengkhotbah 9:12

Sehebat-hebatnya kita, atau sepandai-pandainya kita, kita nggak pernah tahu sampai kapan kita diberi kesempatan untuk hidup. Yang kita hatu adalah kita diberi waktu setiap hari . Waktu Tuhan selalu datang seperti pencuri. Tidak ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menahanNya. Kalau kita hidup saat ini, itu adalah anugrah yang Tuhan berikan kepada kita.

3. Pergunakan waktu yang ada Efesus 5: 16

Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menahan atau menghentikan waktu yang berjalan, dia akan terus berjalan, dan berjalan, entah kita siap atau tidak. Renungkan teman-teman youth, sudah berapa lama waktu yang Tuhan berikan kepada kita, apa yang sudah kita lakukan untuk Tuhan ? ataukah kita hanya sia2 kan waktu yang Tuhan anugrerahkan kepada kita?  Semua kita diberi waktu yang sama : 24 Jam sehari, apa yang kita lakukan sepanjang hari, seberapa waktu yang kita berikan kepada Tuhan?  kadang untuk membaca renungan atau Firman Tuhan aja kita malas-malasan ( tidak ada waktu ) ,  tapi kalau untuk nge game , nonton You Tube, Sosial media …………sampai berjam-jam. MALU LAH SAMA TUHAN.

4. Selalu Siap sedia dan berjaga-jaga ( 2 Timotius 4: 2)

Penyesalan itu pasti terjadi, kalau kita tidak mempergunakan waktu itu dengan baik. Kita harus senantiasa berjaga-jaga karena kita tidak tahu sampai kapan kita masih diberi kesempatan oleh Tuhan ada di muka bumi ini. Tuhan kiranya memberi hikmat kepada kita untuk kita memperguakan waktu ini dengan baik.

5. Kita harus mempertanggung jawabkan waktu yang diberikan ( Ibrani 4:13 )

Ada saatnya , kita berdiri dihadapan Allah dan mempertanggungjawabkan kehidupan kita, termasuk penggunaan waktu kita.

Ketika kita tidak bisa menghargai waktu, kita tidak akan mampu menghargai kehidupan ini.

Kelihatannya sepele, tapi kita tidak bisa membiarkan waktu itu berjalan begitu saja, karena kita tidak diberi kuasa untuk menghentikannya. Dan kita tidak diberi kuasa juga untuk  mengetahui rahasia kapan waktu itu berhenti. Bagian kita adalah , mengisi dan menggunakan waktu ini dengan baik dan sesuai kehendaknya, karena waktu itu adalah anugrah dari Tuhan .

Ayo kita baca ayat kita hari ini

Pengkhotbah 3:11  Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Komitmenku hari ini :

Aku mau mempergunakan setiap waktu dan kesempatan yang Tuhan berikan dengan baik. Melakukan apa yang berguana dan berkenan kepada Tuhan

RA – AEP