Renungan Harian Youth, 21 April 2020

Ayat Bacaan : Yeremia 17:7-8

“Tuhan adalah Andalanku” Judul tersebut sering kita dengar, tapi apakah kita sudah maksimal dalam mengandalkan Tuhan?
Menurut (KBBI) arti kata “andalan”  adalah orang/ pribadi yang dapat dipercaya.

Hari-hari ini kita kesulitan mencari teman, sahabat, atau partner kerja sama dalam hal apapun, karena tidak semua orang bisa diandalkan dan dipercayai. Mungkin bukan hanya orang yang mengecewakan kita. Tetapi, benda atau alat yang sering kita gunakan seperti, laptop, HP, dan masih banyak benda lain yang eror atau rusak ketika dibutuhkan. Bahkan, kita mungkin sering mengandalkan kekuatan, kepintaran, atau kecantikan atau ketampanan yang kita miliki tapi masih tidak menolong dalam menghadapi sebuah tantangan. Hal itu membuktikan bahwa tidak semua orang atau benda bisa kita andalkan.

Ayo kita perhatikan apa yang Alkitab nyatakan,

Dalam Yeremia 17:5 tertulis, Beginilah firman Tuhan: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatan sendiri”.

Sebaliknya jika kita mengandalkan Tuhan, pada

Yeremia 17:7, Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan yang menaruh harapan pada Tuhan!

Banyak kisah tokoh-tokoh alkitab yang bisa kita teladani, karena hidup mereka sepenuhnya mengandalkan Tuhan meskipun dalam keadaan sulit bahkan nyawa menjadi taruhannya. Kisah Daud yang mengandalkan Tuhan ketika menghadapi Goliat. Daniel dimasukkan di Gua singa. Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dimasukkan kedalam dapur perapian. Masih banyak lagi kisah tokoh Alkitab yang tetap percaya dan mengandalkan Tuhan dalam menghadapi tantangan hidup dan hanya Tuhan yang sanggup menolong dan menyelamatkan mereka.

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar kita dapat tetap mengandalakan Tuhan

1. PERCAYA dan berserah dengan sepenuh hati pada kekuatan Tuhan.

Mazmur 55:23a, Serahkanlah khawatirmu kepada Tuhan, maka ia akan memelihara engkau!

2. BERTINDAK dengan sukacita

Bersukacita dalam melakukan segala tanggung jawab atau tugas, karena sukacita membuktikan bahwa kita tidak khawatir sebab Tuhan sumber pengharapan.

Roma 15: 13, Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu,..”

“SADARILAH bahwa Tuhan satu-satunya pribadi yang bisa kita andalkan dan janjiNYA sepasti mentari bersinar”

Ayo Kita baca ayat pokok kita hari ini

Yeremia 17:7-8 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Komitmenku hari ini …

Aku mau menjadikan Engkau Andalan dalam hidupku, tetap percaya dan mau bertindak dalam kebenaran.

PKH – AEP