Renungan Harian Anak, Senin 04 Januari 2021

Selamat pagi adik-adik yang dirumah ? Shalooom…gimana nih kabarnya adik-adik semua? Kakak berharap adik-adik semuanya sehat-sehat selalu apalagi masih di suasana tahun baru ini. Apakah sudah semangat semua untuk mendengarkan renungan Firman Tuhan?

Siapa yang pernah kehilangan sebuah barang? Pasti sedih kan, apalagi itu barang yang penting buat adik-adik semuanya. Hmmm kalian pasti akan berusaha untuk mencarinya bukan? Dan kira-kira perasaan kita waktu menemukannya gmana ya? Waaah pasti hati adik-adik akan seneng banget, bisa jadi cerita kebanyak orang untuk berbagi sukacita.

Didalam Alkitab ada sebuah kisah ketika Tuhan Yesus bercerita perumpamaan tentang domba yang hilang. Dalam perumpamaan ini, dikisahkan bahwa ada seekor domba yang tersesat. Lalu gembala yang baik mencari dombanya yang tersesat, la meninggalkan kawanan domba yang lain di pegunungan dan mencari yang tersesat. Adik-adik pada waktu itu Biasanya sang gembala tidak sendirian, la ditemani oleh gembala-gembala yang lain yang juga menggembalakan kawanan domba mereka.

Seandainya ada domba yang hilang maka seorang gembala akan pergi untuk mencarinya, domba-dombanya dititipkan kepada rekan-rekan gembalanya untuk dibawa pulang dan dia akan berusaha mencarinya.

Mereka akan mengabarkan kepada masyarakat bahwa masih ada seorang gembala yang berada di padang mencari dombanya. Mendengar kabar tersebut maka masyarakat sekitar akan berjaga-jaga dan apabila dari jauh mereka melihat gembala tersebut memikul domba yang hilang, maka masyarakat akan bersorak-sorai gembira.

Yesus menceritakan perumpamaan ini untuk menggambarkan kasih-Nya kepada manusia. Karena manusia sering kali tersesat dan ketika mereka tersesat sebenarnya hidup mereka terancam dari serangan musuh yaitu iblis. Diibaratkan Yesus sebagai gembala yang baik, mencari manusia yang terhilang dan berdosa.

Gembala yang baik itu pasti menjaga domba-dombanya, selalu menemani domba-dombanya  untuk mencari makan atau minum, lalu tidak akan meninggalkan domba-dombanya gembala yang baik akan mencari domba yang hilang/tersesat, lalu ia akan berkorban dengan mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi domba dari terkaman binatang buas.

Tuhan Yesus gembala yang baik. Ibarat gembala yang baik, jika ada seekor domba yang hilang, gembala yang baik akan mencari domba yang hilang.

Demikian juga Allah Bapa di surga, tidak menghendaki ada seorang anak yang jauh dari Tuhan. Dia selalu menjaga dan melindungi kita melalui orang tua kita. Jika kita melakukan perbuatan yang tidak baik, seperti domba yang hilang itu, Tuhan akan menegur dan mengingatkan kita melalui orang tua, saudara, guru, maupun teman kita.

Adik-adik Kasih dan kebaikan-Nya teruji ketika la memberikan nyawa-Nya untuk pengampunan dosa manusia, seharusnya kita mati karena dosa-dosa kita, namun Allah mencari dan meraih kita yang hilang sehingga kita tetap hidup.

Komitmenku hari ini :

Tuhan Yesus Engkau adalah Gembala yang baik yang senantiasa menjaga dan memelihara hidupku serta melindungiku dari segala hal yang jahat.

Ayat Hafalan hari ini

Mazmur 28:9 Selamatkanlah kiranya umat-Mu dan berkatilah milik-Mu sendiri, gembalakanlah mereka dan dukunglah mereka untuk selama-lamanya.

SF030121 – SP