Renungan Harian Anak, Selasa 13 Oktober 2020

Halo adik adik elohim… Selamat pagi semuanya… Gimana nih kabar adik adik semua?? Semuanya sehat kan??  Kakak doakan semua dalam keadaan baik ya …

Adik adik, siapkan hati kalian ya untuk membaca dan mendengarkan firman Tuhan. Kita percaya, kalau firman Tuhan itu sumber segalanya dalam hidup kita.

Adik adik pernah tau orang suka mencuri, dan setelah itu dia malah berbohong? Dan kita pasti tau kalau bohong itu dosa?? Seperti ada lagunya …

Bohong bohong itu dosa …Bohong bohong itu dosa
Bohong bohong itu dosa …  Anak Tuhan tak boleh bohong.

 Ternyata didalam Alkitab, ada juga yang pernah melakukannya. Dia mencuri dan menyembunyikan hasil curiannya dan dia berbohong yang menyebabkan Tuhan marah dan memberikan hukuman kepada umat Israel. Yuk langsung kita buka aja Alkitabnya didalam Yosua 7

Nah, kakak mau ceritain nih kisahnya. Disimak baik-baik ya…

Dahulu kala di Israel, ada seorang pasukan yang bernama “Akhan”, dia ini adalah bawahannya dari Yosua. Satu kali ketika Yosua dan bangsa Israel selesai berperang, mereka mengalami kemenangan, dan waktu itu bangsa yang mereka kalahkan itu memiliki harta kekayaan yang sangat banyak. Ada emas, ada berlian, dan barang barang berharga lainnya adik adik. Tapi Tuhan waktu itu memberitahu kepada bangsa Israel, kalau mereka nggak boleh mengambil sedikitpun dari harta dan kekayaan itu. Tuhan berfirman kepada mereka, supaya harta dan kekayaan itu harus dimusnahkan, tetapi ternyata salah satu dari prajuritnya Yosua tergoda ketika melihat barang barang yang berharga, dan adik adik tahu gak apa yang dilakukan prajurit itu??

Dia mencuri dan menyembunyikannya adik adik. Dan pada waktu itu tidak ada satu orangpun yang melihat kalau dia sudah mencuri barang berharga itu. Tapi ada sepasang mata yang selalu melihat apapun yang kita lakukan, yaitu Tuhan sendiri.

Akhirnya prajurit yang bernama Akhan itu mencurinya, dia sembunyikan semuanya itu. Akhan berpikir bahwa tidak akan ketahuan, tetapi ternyata Tuhan melihat perbuatannya yang jahat. Dan akibat dari perbuatan Akhan, seluruh orang orang Israel menanggung akibatnya adik-adik, ketika mereka berperang, mereka kalah adik adik. Ternyata Tuhan Yesus tidak bersama mereka. Loh kok bisa ya adik adik??

“Karena salah satu dari orang Israel telah berubah setia, dia melanggar perintah Tuhan, dan tidak mau menuruti apa yang Tuhan katakan”. Yosua 7:1,11.

Adik adik harus tahu bahwa, Tuhan itu maha tahu, apapun yang adik adik lakukan, dan sekalipun tidak ada melihat,Tuhan selalu melihatnya dari sorga.

Kenapa sih kita harus Taat sama Firman Tuhan?

1. Karena demi kebaikan kita.

Adik adik, firman Tuhan berkata didalam

Efesus 2:10, bahwa kita ini buatan Allah diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan perbuatan baik,

jadi yang paling tahu tentang diri kita adalah Tuhan Yesus. Setiap ketaatan yang kita lakukan adalah mendatangkan kebaikan bagi hidup kita. Ketaatan selalu mendatangkan berkat.

2. Karena kita mengasihi Tuhan.

Yohanes 14:15, “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Adik-adik ketaatan adalah sikap dari kasih, kita akan taat kepada orang yang kita kasihi. Contohnya sayang nggak sama papa mama?? Tentunya pasti sayang kan?? Kalau misalnya papa mama menyuruh adik adik , pasti kalian mau melakukannya kan?? Nah begitu juga dengan Tuhan Yesus, kalau adik adik sayang sama Tuhan Yesus, adik adik harus Taat sama firman Tuhan.

Ayat Hafalan hari ini

2 Tawarikh 16:9a Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia.

Ayo  kita berkomitmen untuk berusaha Taat sama firman Tuhan.

“Tuhan Yesus aku mau taat dalam mengikuti perintah, ampuni aku, dulu pernah melakukan hal yang tidak baik dihadapanmu. Aku percaya, bahwa Tuhan adalah Tuhan yang Mahatahu, tidak ada yang tersembunyi dihadapanMu, untuk itu aku mau selalu melakukan hal hal yang baik dihadapanmu.

Tuhan Yesus Memberkati

YG – SP