Renungan Harian Anak, Kamis 01 Oktober 2020

1 samuel 17:40-51

Syalom … Selamat pagi adik-adik yang dikasihi  oleh Tuhan Yesus …hallo bagaimana kabar kalian..? Puji Tuhan kakak harapkan semua kalian dalam keadaan yang baik dan menikmati berkat Tuhan yang luar biasa !

Pada pagi hari ini kakak datang lagi untuk adik-adik sekalian, dengan judul renungan kita adalah “Tuhan melawan orang yang sombong” yang terdapat didalam 1 Samuel 17:40-51, yaitu cerita tentang Goliat yang berperang melawann Daud. Pada waktu itu bangsa israel berperang melawan bangsa filistin diantaranya adalah Goliat dan Daud, Goliat berbadan besar tinggi ia dari bangsa filistin. Ketika akan berperang goliat melengkapi dirinya dengan pakaian perang yang sangat lengkap untuk melindungi dirinya serta pedang yang panjang untuk membunuh musuhnya.

Sedangkan Daud dari bangsa Israel,  dia masih sangat muda dan berbadan kecil serta tidak mengunakan perlengkapan selengkap Goliat …  Daud hanya mengandalkan kekuatan Tuhan dan hanya menggunakan sebuah ketepel alat sederhana,ketika diarea perang goliat berkata, Anjingkah aku sehingga aku dilawan oleh seorang anak kecil (pikir goliat anak kecil kok berani-beraninya melawan aku ) aku ini sdh lama menjadi tentara perang pasti aku dengan mudah akan bisa mengalah daud (sombong sekali ya adik2..)

Tetapi daud berkata dalam ayat 45 :

Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu

Ketika peperangan telah dimulai goliat tidak dapat membunuh Daud dengan pedangnya,justru Daud bisa mengalahkaan Goliat itu hanya dengan sebuah ketepelnya, akhirnya Goliat yang sombong itu dapat dikalahkan oleh daud yang kecil.

Daud menang bukan karena ketapelnya yang kecil tetapi Daud menang karena Daud mengandalkan Tuhan. Daud tidak sombong, tetapi dia sadar bahwa dia perlu pertolongan Tuhan.

Nah adik-adik melalui cerita ini kita mengerti bahwa Tuhan melawan orang yang sombong dan mengasihi orang yang rendah hati. Adik-adik seperti Daud yang rendah hati, Daud selalu berdoa kepada Tuhan. Karena orang yang tidak berdoa itu sombong, merasa mampu tanpa pertolongan Tuhan. Jadi adik-adik harus rajin berdoa karena sadar bahwa adik-adik semua membutyhkan pertolongan Tuhan.

Seperti pada ayat hafalan kita pada hari ini yang terdapat di dalam:

1 Petrus 5:5b “Sebab Allah menentang orang yang congkak,tetapi mengasihani orang yang rendah hati”

Komitenku hari ini

Aku mau belajar menjadi anak yang rendah hati dan tidak sombong, aku belajar untuk selalu mengandalkan Tuhan dan berdoa kepada-Nya

YF – RS