Renungan harian Anak, Kamis 29 April 2021

Selamat pagi Adik-adik yang dikasihi Tuhan yesus,selamat bertemu kembali melalui renungan pada hari ini.

Renungan pagi hari ini kakak beri judul “Tuhan memelihara anak-anak-Nya” yang terdapat didalam Keluaran pasal 16 dan 17. Adik-adik didalam kitab keluaran ini pastilah adik-adik sudah sering mendengar tentang bangsa Israel yang keluar dari penindasan bangsa Mesir, dengan pimpinan Nabi Musa untuk berjalan memasuki tanah Perjanjian.

Adik-adik tidak mudah tentunya bagi bapak Musa ketika memimpin bangsa Israel keluar dari mesir pada waktu itu, karena jumlah mereka sangat banyak bahkan sangaaaat banyak. Alkitab mencatat Dalam

Bilangan 11:21 Tetapi kata Musa: “Bangsa yang ada bersama aku ini berjumlah enam ratus ribu orang berjalan kaki, namun Engkau berfirman: Daging akan Kuberikan kepada mereka, dan genap sebulan lamanya mereka akan memakannya!

Wah 600.000 orang itu sangat banyak adik-adik … Disana ada ibu-ibu,bapak-bapak, kakek, nenek,bahkan anak-anak kecilpun juga ada, dan perjalanan mereka sangat jauh yaitu ke negri Kananan yang dijanjikan Tuhan kepada mereka. Tatkala diperjalanan yaitu tepatnya di padang gurun sin mereka mulai bersungut-sungut kepada Musa karena mereka merasa lapar, mereka tidak memiliki persediaan makanan. Karena Tuhan menyayangi bangsa Israel maka Tuhan mengirimkan makanan dari langit yang jumlahnya sangat banyak sehingga bangsa Israel dapat mengambil sesuai kebutuhan mereka.

Keluaran 16:4 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari

Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan, sesampainya di rafidim mereka berkemah, tetapi ditempat itu mereka kesulitan  mendapatkan air untuk mereka minum. Kemudian mereka mulai bersungut-sungut kepada bapak Musa, supaya bapak musa menyediakan air untuk mereka,karena Tuhan menyayangi dan mengasihi bangsa israel supaya bangsa Israel tidak kehausan maka Tuhan memerintahkan bapak Musa memukulkan tongkatnya pada gunung Horeb sehingga gunung itu mengeluarkan air, kemudian bangsa Israel dapat minum sepuasnya. Bukan hanya itu pemeliharaan  Tuhan kepada Bangsa Israel. Bahkan ketika bangsa Israel ingin makan daging Tuhan mengirimkan burung puyuh yang sangat banyak, ketika bangsa Israel berjalan pada siang hari Tuhan menjagai dari panas matahari dengan memberikan tiang awan, ketika bangsa Israel berjalan pada malam hari Tuhan mengirikan tiang api supaya bangsa Israel tidak kedinginan. Adik-adik Kepada Bangsa Israel Tuhan memelihara dan Tuhan menjagai,apalagi kepada kita.

Nah… begitu juga dengan kehidupan kita semuanya. Kakak dan adik-adik kita tidak usah khawatir karena Tuhan juga akan dan sedang memelihara kita setiap hari.

Kalau saat ini adik-adik dalam keadaan sehat dan masih bisa bernafas itu juga karena pemeliharaan Tuhan, kalau adik-adik mengalami kesulitan mungkin dalam pelajaraan atau adik butuh sesuatu, adik-adik tidak usah khawatir, adik-adik bisa berdoa  meminta kepada Tuhan, karena Tuhan juga sangat sayang kepada adik-adik semua… Tetap berdoa buat orang tua adik-adik karena melalui merekalah Tuhan memelihara adik-adik semuanya.

Ayo belajar bersyukur bahwa Tuhan itu baik dan memelihara kehidupan kita semuanya setiap hari

Sekarang mari kita baca ayat hafalan kita di dalam:

1 Petrus 5:7 ” Serahkanlah segala kekuatiranmu KepadaNya,sebab Ia yang memelihara Kamu

Komitmenku hari ini

Aku bersyukur atas kebaikan Tuhan yang selalu memelihara kehidupanku setiap hari, aku tidak kuatir dan tetap percaya kepada kebaikan Tuhan.

YF – RS