Renungan Harian Anak, Selasa 16 Februari 2021

1 RAJA-RAJA 17 : 1-6

Shalom… selamat pagi ELOHIM KIDS, apa kabarnya hari ini? Kakak berharap adik-adik semua dalam keadaan sehat. Sebelum kita merenungkan Firman Tuhan kita akan berdoa terlebih dahulu ya.

Adik-adik apakah kalian pernah mendengar cerita tentang nabi ELIA ? cerita tentang nabi ELIA yang dipelihara oleh Tuhan di sungai kerit? Nah cerita begini adik-adik, pada jaman Nabi ELIA terjadi suatu musibah yaitu tidak terjadi hujan di sepanjang tahun, sehingga tanaman tidak bisa tumbuh dan semua daerah menjadi kering. Karena tumbuhan tidak bisa tumbuh, maka gandum dan sayur-sayuran yang biasa digunakan sebagai makanan tidak bisa tumbuh, sehingga pada saat itu semua orang hanya mengandalkan simpanan gandum yang mereka punya. Semua orang pada saat itu mengalami kelaparan. Terus bagaimana dengan nabi ELIA? Ya sama nabi Elia juga mengalami masa kekeringan dan dia tidak mempunyai makanan juga. Tetapi suatu saat, nabi Elia mendengarkan Firman Tuhan yang datang kepadanya di dalam ayat 3 dikatakan “ pergilah dari sini, berjalanlah ke timur dan bersembunyilah di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan”. Dan benar adik-adik nabi Elia TAAT kepad Tuhan dan nabi Elia pergi ke sungai kerit dan diam di sana. Jika semua orang kesulitan mencari makanan, tapi nabi Elia malah dikirimi makanan oleh Tuhan, dengan cara yang ajaib yaitu melalui burung gagak setiap pagi dan sore hari burung gagak membawakan roti dan daging kepada nabi Elia. Lho burung gagak kan suka makan daging ya adik-adik kok gak di makan sendiri ya sama burung gagaknya, nah itulah adik-adik betapa Tuhan menunjukkan kemahakuasaanNya.

Adik-adik kalau saat ini kita masih dalam masa pandemi, banyak hal yang kita tidak dapat lakukan dengan leluasa, bahkan mungkin beberapa orang tua kita kehilangan pekerjaan karena dampak dari pandemi, Kita harus belajar dari nabi Elia untuk selalu taat kepada Firman Tuhan dan tidak berharap kepada orang-orang yang ada di sekitar kita untuk membantu kita. Kalau tadi dalam cerita nabi Elia langsung taat untuk melakukan Firman Tuhan, kita juga harus taat akan Firman Tuhan yang kita dengar dan renungkan setiap hari. Kemudian bagaimana cara kita tidak berharap kepada manusia atau orang-orang disekitar kita, adik-adik harus rajin berdoa sampaikan kebutuhan dan keinginanmu kepada Tuhan melalui doamu, dengan penuh keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan Yesus. Seperti burung gagak yang diutus Tuhan untuk mengirim makanan untuk nabi Elia. Tuhan juga sanggup menolong adik-adik melalui apapun, jika manusia di sekitarmu tidak mau menolong maka Tuhanpun sanggup menyuruh binatang atau apapun untuk menolong dan membantu kita.

Adik-adik harus ingat ya dari semua peristiwa yang terjadi dalam hidup kita, sesungguhnya Tuhan ingin lebih dekat dengan kita.

Ayat Hafalan

Filipi 4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Komitmen hari ini

Aku percaya Tuhan Yesus memelihara kehidupanku, Dia selalu dekat denganku didalam semua keadaan dan selalu menolongku.

RS – SP