Renungan Harian Youth, Sabtu 13 Februari 2021

 Yohanes 14:16-18

Manusia hidup di dunia ini tidak sendirian tetapi bersama manusia lainnya, karena hal inilah manusia disebut sebagai makhluk sosial. Dalam kehidupan 24 jam manusia, pasti membutuhkan manusia lainnya, coba saja perhatikan diri kita sendiri, sejak bangun di pagi hari mulai membuka mata pasti sudah berinteraksi dengan manusia lainnya. Berinteraksi disini, tidak harus secara langsung berhadapan. bisa juga melalui sarana alat yaitu handphone, media sosial dan lainnya. Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa manusia lainnya.. Karena membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya .

Dalam satu bukunya, David Seamands mengisahkan seseorang yang akan mengalami pembedahan jantung. Sehari sebelum dibedah, seorang perawat memasuki ruangan, memegang tangan orang tersebut sambil berkata,

“Selama pembedahan besok, Anda akan dipisahkan dari jantung Anda. Anda akan tetap hidup dengan bantuan mesin. Saat jantung Anda sudah selesai diperbaiki, Anda akan dihubungkan kembali dengan jantung Anda, namun Anda tak dapat bergerak selama enam jam. Anda tak dapat berbicara atau, membuka mata, tetapi Anda akan sadar sepenuhnya serta dapat mendengar hal yang terjadi di sekita Anda. Selama enam jam tersebut, saya akan berada di samping Anda dan memegang tangan Anda seperti saat ini.” Keesokan harinya, semua terjadi tepat seperti yang dikatakan oleh perawat itu. Apa yang dilakukan perawat itu membawa perbedaan dan menguatkan pasien tersebut.

Dari kisah diatas kita bias lihat bahwa pendampingan dan pertolongan adalah salah satu kebutuhan manusia. Ketika hendak meninggalkan murid-murid-Nya di dunia ini, Yesus paham akan kesedihan dan kehilangan yang akan dialami para murid. Ia tahu betul kebutuhan manusia akan pendamping yang menemani mereka. Maka dari itu, Ia menjanjikan seorang Penolong, Penghibur, Dialah Roh Kudus.

Yohanes 14:16-18 mengatakan : Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

Dalam teks aslinya, kata ini berasal dari dua kata “para” berarti “mendampingi” dan “kaleo” berarti “memanggil”. Ini artinya bahwa Yesus sedang mengatakan, Aku akan mengirimkan kepadamu Dia yang dapat engkau panggil, yang akan mendampingimu dan membantumu dalam kelemahanmu.” Janji yang sama berlaku bagi kita. Apakah kita sedang mengalami kehidupan yang hampa, sedih, merasa seorang diri, serta tak memiliki pendamping di dalam kesakitan dan kelemahan Kita? Kabar baiknya, “Kita tak sendirian, ada Roh Kudus!”

Tuhan juga mengirimkan penolong untuk setiap kita melalui kepanjangan tanganNya , baik itu melalui Orang tua, Saudara, Sahabat, Guru sekolah Minggu, Kakak-kakak Rohani ataupun komunitas sehat lainnya yang dengan setia mendoakan, membimbing bahkan ada ketika kita dalam kesusahan dan kelemahan.

Mari rekan-rekan Youth kita mau menyadari bahwa Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan kita sendirian, karena sesuai janjiNya bahwa Allah Bapa akan mengutus Roh Kudus di dalam namaNya untuk menyertai orang-orang percaya hingga pada akhir jaman. Mari kita sadari melalui keberadaan kita dalam keluarga , dalam pergaulan disekolah,dalam pekerjaan ataupun di komunitas komunitas yang lain Tuhan menghadirkan pertolongan melalui orang orang disekitar kita.

Jika kita saat ini mengalami kesusahan, kelemahan percayalah dibalik itu semua pasti ada tujuan yaitu untuk kebaikan kita.  Dalam masa pandemi kita bersama sama mengalami masa yang sulit, entah sampai kapan masa masa ini akan berkahir namun Ingatlah bahwa Roh Kudus masih bekerja sampai sekarang dan telah hidup di dalam hati setiap kita orang percaya dan menjadi meterai untuk menjamin keselamatan yang telah Tuhan Yesus berikan di dalam namaNya.

Pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat dan tepat bahkan indah pada waktu-Nya. Kiranya Tuhan Yesus yang senantiasa selalu menyertai kita.

Komitmen :

Terima kasih Tuhan bahwa Engkau memberikan kepadaku Penolong, yang mendampingiku di dalam hidup ini. Sadarkan aku akan hal ini ketika berada dalam kesendirian. Karena didalam nama –Mu ada pertolongan. Amin.

KP -AdS

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … Nanti sore ada EL-Rei jam 16.30 yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah “Bahasa Kasih”. Hmmm pastinya ini jadi kebutuhan kita semuanya kan.. kalo udah bahas tema ini tentunya selalu menarik kan …  Yuk bergabung dalam obrolan kita nanti sore, kita akan membahas tentang Bahasa kasih yang penting untuk kita membangun hubungan dengan orang lain.

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah sudah bisa digedung gereja jam 06.00 pagi, Ibadah Online jam 07.00 dan Sunday Funday jam 08.15 di channel youtube Elohim ministry.