Renungan Harian Anak, Minggu 19 April 2020

Bacaan : Keluaran 32:1-35

Salam jumpa, Adik-adik. Apa kabar semuanya? Kakak mengucapkan Selamat hari minggu ya…  Ya Walaupun kita masih blm bisa ketemu langsung, Kakak senang bisa menyapa Adik-adik hari ini.
Siapa yang tadi setelah Bangun tidur trus berdoa terlebih dahulu? Mengucap syukur atas kebaikan Tuhan.

Adik-adik, apa yang terjadi bila sesuatu yang Adik-adik harapkan tidak kunjung datang? Ada yang pengen mainan, makanan atau hal-hal yang lain seperti bisa aktivitas seperti biasanya, sekolah atau bermain Bersama teman-teman.
Apakah Adik-adik mau belajar sabar menunggu atau melupakan harapan itu dan beralih pada yang lain ?

Nih kakak punya cerita…
Adik-adik, bangsa Israel tidak setia menantikan janji Tuhan Ketika keluar dari tanah mesir, mereka selalu mengeluh dan mengeluh lagi. Suatu ketika Musa naik ke atas gunung untuk menghampiri hadirat Tuhan. Musa ada di atas gunung cukup laaaamaaaa sampai 40 hari 40 malam.
Ketika Musa tidak turun-turun, maka bangsa Israel menjadi kuatir mereka ditinggalkan Musa. Bahkan kepergian Musa itu akhirnya membuat mereka tidak yakin atau tidak percaya bahwa Tuhan itu selalu menyertai mereka, sesuai dengan janji-Nya kepada bangsa Israel. Maka mulailah mereka mencari cara agar mereka memiliki pegangan, ada yang kelihatan menyertai mereka.
Tahu tidak, Adik-adik, apa yang mereka perbuat?
Mereka meminta kepada Harun, agar Harun menolong mereka membuat patung anak lembu yang terbuat dari emas. Emas ini berasal dari perhiasan- perhiasan kepunyaan mereka sendiri yang dikumpulkan dan diserahkan kepada Harun. Apa yang dilakukan oleh bangsa Israel ini tentu membuat Tuhan marah. Karena Tuhan sudah memilih bangsa Israel sebagai umat-Nya Tuhan memerintahkan tidak boleh ada yang lain berhala yang mereka sembah.
Padahal selama ini Tuhan selalu menyertai mereka, mengapa bangsa Israel malah menyembah patung buatan mereka sendiri?

Ketika Tuhan mau menghukum mereka, datanglah Musa kepada Tuhan untuk memohon belas kasihan Tuhan agar tidak menghukum mereka. Musa mau Tuhan tetap mengasihi mereka dan menyertai mereka. Kira-kira, Tuhan mau tidak, ya, mengampuni mereka dan tetap menyertai mereka…?

Adik-adik, luar biasa baiknya Tuhan itu. Tuhan mau mengampuni dan tetap menyertai bangsa Israel.

Lalu Tuhan menyuruh Musa agar Musa memimpin mereka dan membawa mereka ke sebuah tempat yang telah diberitahukan kepada Musa. Bukti bahwa Tuhan menyertai mereka adalah Tuhan mengirimkan malaikat-Nya untuk menyertai perjalanan bangsa Israel.

Adik-adik…. Tuhan tetap mau menyertai bangsa Israel. Nah, sekarang kita semua juga harus mau tetap percaya bahwa Tuhan juga akan menyertai Adik-adik, papa-mama dan semua orang. Jadi Adik-adik,tetaplah percaya bahwa ketika Adik-adik bermain, tidur, atau apapun kegiatan adik-adik, Tuhan selalu menyertai Adik-adik.

Ayo kita baca ayat kita hari ini

Ulangan 7:9
Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus, Aku percaya bahwa Engkau senantiasa menyertai aku dan menjaga aku.

SSM – SP