Renungan Harian, Selasa 20 Oktober 2020

YOHANES 10 : 11

Perlu selalu diingat baik – baik dan dihayati, bahwa Tuhan Yesus menyebut diriNya  adalah gembala yang baik. Dia menggembalakan umatnya. Semula yang dimaksud umat Tuhan adalah orang Israel. Dalam Mazmur berulang-ulang dikatakan bahwa Tuhan adalah gembala Israel :

Sebab Dialah Allah kita dan kitalah umat gembalaanNya dan kawanan domba tuntunan tanganNya . Pada hari ini sekiranya kamu mendengar suaraNya janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti di Masa padang gurun.

Mazmur 95:7-8; 79:13; 80:1; 100:3 dll. Tetapi Israel mengeraskan hati terhadap suara Tuhan, mereka mengabaikan suara Tuhan yang mereka terima dan dengar melalui kitab suci, mereka menolak dan membunuh nabi-nabi yang diutus Tuhan untuk memberitakan Firman-Nya. Dan pada puncaknya mereka menolak, menyalibkan dan membunuh Gembala yang Agung yaitu Tuhan Yesus.

Dalam Yohanes 10:16 tertulis “Ada padaKu domba -domba lain, yang bukan dari kandang ini, domba-domba itu harus Kutuntun juga”

yang dimaksud domba-domba yang lain adalah orang orang bukan Israel yg DATANG pada Tuhan Yesus dan MEMINTANYA menjadi gembala mereka.  Tuhan Yesus tidak memaksa menjadi gembala bagi seseorang, tetapi TUHAN YESUS TIDAK PERNAH MENOLAK  orang yang DATANG  kepadaNya untuk DIGEMBALAKAN.

Hidup sebagai domba atau umat Tuhan Yesus sebenarnya sederhana, tidak ada tuntutan yangg berlebihan, Tuhan cuma minta agar domba-dombaNya:

Pertama, mendengarkan suaraNya.

Ada lagi padaKu domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini ; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan MENDENGARKAN SUARAKU, ayat 16.

Tidak susah untuk mendengar suara Tuhan, sebab domba Tuhan mengenal suara Tuhan (ayat 3) Kita mendengarkan suara Tuhan bila kita secara teratur dengan hati terbuka membaca Alkitab, membaca renungan, mendengarkan kotbah-khotba dan berdoa serta mentaati firmanNya.

Kedua, Mengikut Tuhan

“Domba-domba Ku mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka dan MEREKA MENGIKUT AKU (ayat 27).

Tuhan Yesus TIDAK menyuruh kita mengikuti pendeta atau orang Kristen . Semua orang yg mengikuti pendeta atau mengikuti orang kristen, cepat atau lambat  pasti terjerumus dalam kekecewaan atau kepahitan hati dan pada akhirnya menemui kegagalan.  Tuhan Yesus memanggil kita untuk MENGIKUTI DIA. Itu berarti kita hanya memandang Tuhan Yesus, maka kita bisa tekun dan pasti tidak akan kecewa atau pahit hati.

Dipihak lain Tuhan Yesus sang Gembala yang baik :

PERTAMA…..Membela, melindungi dan berkorban apa saja untuk keselamatan dan kehidupan domba-dombaNya ( Yohanes 10 : 10-12),

Memang sekarang kita masih menghadapi masalah, ujian, pencobaan bahkan diserang oleh iblis, sbb itu “ Sadarlah dan berjaga-jagalah!!!lawanmu, si iblis, berjalan keliling sama seperti singa yg mengaum-ngaum dan mencari orang yg dapat ditelannya, 1 Petrus 5 : 8. Tetapi semua kesulitan itu tidak dapat menghancurkan kita, sebab Tuhan Yesus membela kita. Selama hidup didunia, kita pasti menghadapi kesulitan dan pencobaan.

KEDUA,…..Menuntun dan mencukupkan semua keperluan domba-dombaNya, kebutuhan rohani, jiwani, dan jasmani. 

Raja Daud menuliskan pengalamannya  dalam
Mazmur 23:1, Tuhan adalah Gembalaku takkan kekurangan aku. Tuhan Yesus gembala yang baik mengetahui dan peduli segala keperluaan domba-dombaNya, karena itu Dia memenuhinya, perlu diperhatikan, Dia tidak memenuhi semua keinginan tetapi memenuhi semua keperluan domba-dombanya.

Manusia sering menginginkan yang tidak diperlukan, karena itu Tuhan tidak memenuhi keinganan orang.

Dengan Tuhan menjadi Gembalanya , Daud berkata :

Aku tidak takut bahaya “ sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab engkau besertaku, gadamu dan tongkatmuMu itulah yg menghibur aku”. Mazmur 23 : 4.

Jadi dengan Tuhan sebagai Gembala , kita mampu menaklukkan rasa takut, sebab Dia membela dan melindungi kita sepenuhnya sebab itu Tuhan berkata mengorbankan nyawapun dilakukanNya untuk melindungi domba-dombaNya.

Yohanes 10 :11b. Karena itu domba-dombaNya aman dalam pemeliharaanNya.        

Percayalah bahwa sebagai gembala yang baik, Tuhan yang membela dan melindungi kita, menuntun kepada kelimpahan.

Tuhan memberkati

EW