Renungan Harian Anak, Jumat 10 Juli 2020

Bacaan : Markus 4:35-41

“Selamat pagi adik-adik, kembali kita mau mendentgarkan renungan Firman Tuhan ya. … sudah siap semuanya, siapkan telinganya, dan juga pikiran dan hati adik-adik supaya bisa menerima kebenaran Firman Tuhan.

Sebelum kita dengar cerita Firman Tuhan, coba adik-adik membayangkan saat ini sedang naik kapal/naik perahu. Ditengah laut yang tenang, pemandangan yang indah, nah… tentunya sangat menyenangkan ya!

Nah adik-adik di dalam Injil Markus 4:35-41 diceritakan pada suatu hari…setelah Tuhan Yesus berkotbah…hari mulai petang, Tuhan Yesus mengajak murid-muridnya naik perahu & menyebrang danau. Sedang asiknya mereka naik perahu tiba-tiba datang badai dahsyat dan ombak besar, sehingga perahunya penuh dengan air. Murid-murid ketakutan dan mencari Tuhan Yesus, pada saat itu Tuhan Yesus tertidur dibelakang perahu. Wah … semua murid-murid pada waktu itu mengalami ketakutan, padahal sebagian besar mereka adalah nelayan.

Lalu Tuhan Yesus bangun dan mengusir angin taufan itu , sehingga danau itu kembali tenang. Murid-murid heran melihat yang Tuhan Yesus lakukan…, kok bisa ya…angin dan danau itu taat padaNya. Apa yang Tuhan Yesus katakan pada murid-murid? Mengapa kamu kurang percaya??

Adik-adik hari-hari ini kita juga seperti sedang diatas kapal yang diombang ambingkan badai, sampai kapan kita bisa selamat sampai kedaratan? Kalau dulu…kita bisa bebas kemana saja, bermain dengan banyak teman…gak dilarang. Tapi sekarang keluar harus pake masker, dimana-mana dicek dulu suhu tubuh…harus selalu jaga jarak…gak bisa bermain –main sama teman-teman. Wah semua ada aturannya, anak-anak…apalagi gak boleh keluar rumah. Gak ada sekolah…gak ada ibadah digereja…,ya…sampai kapan ya?? kapan ya bisa bebas seperti dulu, aman seperti dulu?? Tidak ada yang tahu…ya adik-adik semua tidak pasti.

Tapi…ingat adik-adik siapa yang bisa mengusir badai..,ya…Tuhan Yesus!!

Kita mau Tuhan Yesus yang jadi juru mudi kapal hidup kita setiap hari. Waktu kita senang, waktu kita susah…takut…kuatir…datang sama Tuhan, setiap waktu kita selalu minta tuntunan Tuhan ya.

Jangan seperti murid-murid kalau lagi tenang…aman…lupa sama Tuhan Yesus. Tuhan Yesus dibiarkan tidur dibelakang perahu. Waktu badai datang…baru ingat dan cari-cari Tuhan Yesus.

Adik-adik apapun yang kita lakukan baik tugas-tugas sekolah…dirumah, dimanapun kita berada…kita minta Tuhan Yesus selalu memimpin, menuntun dan melindunginya ya! Selalu sertakan Tuhan, awali segala sesuatu dengan berdoa meminta pertolongan Tuhan.

Ayat hafalan:

Amsal 1:33, “tetapi siapa mendengarkan aku, ia akan tinggal dengan aman, terlindung daripada kedahsyatan malapetaka”.

Nah…komitmen kita hari ini, yuk tirukan kakak ya:

Tuhan Yesus tinggal di dalam hidupku, pimpin dan lindungi setiap langkah hidupku, jadilah juru mudi hidupku.

SD – RS