Rabu, 01 April 2020

Yakobus 4:2-3

Setiap orang Kristen percaya dengan Karya Tuhan yang sangat luar biasa, namun yang menjadi persoalan adalah ketika ada fakta yang terjadi dalam kehidupan kita dan cara Tuhan bekerja yang sulit untuk dipahami. Seringkali ketika Iman diperhadapkan dengan Fakta dan yang terjadi berbeda dengan apa yang diharapkan … Namun, ada sebuah fakta yang harus kita percayai adalah bahwa ADA KUASA DIDALAM DOA

DOA – adalah potensi yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh anak Tuhan, Doa adalah hak istimewa yang Tuhan berikan bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya. Umat Tuhan yang tidak berdoa akan banyak kehilangan keuntungan, mereka yang “apatis” dengan doa sedang tidak percaya dengan kuasa Tuhan.

Namun ada sebuah fakta dan situasi dimana “seolah-olah” Doa tidak terjawab …

Mengapa Doa tidak terjawab ???

Yakobus 4:2-3 Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.  

Yohanes 14:13  dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Dari kedua ayat diatas Tujuan dari Doa adalah …

Tidak untuk memuaskan nafsu dan keinginan kita sendiri tetapi untuk mempermuliakan Tuhan.

  • Doa bukanlah tempat untuk kita mengambil sesuatu, tetapi melalui Doalah kita akan mengambil kehendak Tuhan, Doa akan menyelaraskan hati dan kehendak kita sesuai dengan kehendak Tuhan. Doa akan menyelaraskan karakter, kehendak Hati kita sesuai dengan kehendak Tuhan.

Seperti Doa Rasul Paulus  (yang dulunya adalah seorang penganiaya diubahkan kehidupan dan cara pandangnya sepenuhnya dengan kehendak Tuhan)

Efesus 3:18-19  Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus,  dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

KEBENARAN yang HARUS kita percayai adalah TUHAN PASTI MENJAWAB DOA, yang menjadi masalah adalah seringkali kita tidak melihat jawaban doa karena kita sudah membatasi jawaban Tuhan dengan keinginan diri kita sendiri.

Doa bukan untuk mengubah kehendak Tuhan, tetapi melalui doalah Tuhan mengubahkan kehendak kita sesuai kehendak-Nya