Renungan Harian Youth, Kamis 30 April 2020

Bahan Bacaan : Yakobus 1:2-4

Syalooommm… rekan-rekan kaum muda remaja Elohim, apa kabarnya pagi ini? Semoga kita selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan yaa..

Nah, teman-teman remaja, tak terasa ya.., sebentar lagi akan naik kelas.. biasanya nih, sebelum kita sampai ketingkat atau kelas yang lebih tinggi, pasti kita akan menghadapi ujian terlebih dahulu. Seorang siswa SMP akan menjalani ujian yang lebih berat dibandingkan dengan siswa SD. Seorang siswa SMU akan menjalani ujian yang lebih berat lagi dibandingkan tingkat SMP. Demikian juga pada saat kuliahpun, ujiannya akan jauh lebih berat disbanding saat masih SMU. Saat mengalami ujian, setiap peserta pasti merasa tidak nyaman, bahkan dapat menimbulkan tekanan yang berat. Tetapi ketika lulus ujian, maka setiap siswa akan merasa sukacita yang luar biasa. Dan mereka akan naik ke tingkat yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Dalam surat Yakobus 1: 2-4 mengatakan,

” Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh kedalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh, dan tak kekurangan suatu apapun.”

Teman-teman, apakah ada yang sedang mengalami ujian dalam kehidupan? Perlu kita catat bahwa, ‘ujian’ itu biasa terjadi dalam kehidupan, apalagi untuk orang-orang yang mengandalkan Tuhan.

Ujian mempunyai arti sesuatu yang dipakai untuk mengetahui mutu sesuatu. Jadi ketika kita mengalami ujian dalam kehidupan, maka kita akan mengatahui sejauh mana kualitas iman percaya kita kepada Tuhan.

Apakah kita tetap percaya dan mengandalkan Tuhan, ketika pencobaan-pencobaan datang dalam hidup kita? Apakah kita ingat akan Firman yang diajarkan Tuhan Yesus kepada kita? Dan.. kabar baiknya adalah; tujuan dari “ujian” ialah supaya kita bisa “naik kelas”. Kita naik ke level yang lebih tinggi lagi. 

Ketika kita “lulus” dari ujian, maka ada kepercayaan yang lebih besar, ada berkat yang lebih besar, dan dibawa kepada ‘kedewasaan’ iman.

Rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus, menulis dalam suratnya;

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai, Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (I Korintus 10:13).

Milikilah respon yang benar terhadap ujian yang kita alami hari-hari ini, jangan bersungut-sungut, tetap percaya dan sabar, serta andalkan Tuhan, maka kita akan naik ke level yang lebih tinggi lagi bersama dengan Tuhan. Percayalah, Yesus, Sang Guru Agung akan memberikan jalan keluar bagi kita. So, pastikan kita semua lulus yaa…. Tetap semangat, Tuhan Yesus memberkati!

Komitmenku hari ini

Aku mau belajar untuk memiliki Respon yang benar terhadap segala sesuatu yang sedang aku alami, ajari aku tetap percaya dan mengandalkan Tuhan.

MW – AC