Renungan Harian Anak, Jumat 11 Desember 2020

Bacaan Ayat : MATIUS 18 : 1 – 5

Syalom Adik – Adik , bagaimana kabarnya ? Sudah siap mendengarkan firman Tuhan ya.

Adik adik tau tidak , siapa yang terbesar dalam kerajaan Sorga ? Kita buka sama-sama ayatnya ya , nanti bisa dibaca ya ayatnya, di

Matius 18 : 1-5. Yang terbesar dalam kerajaan Sorga adalah siapa yang bertobat dan menjadi seperti anak kecil, juga siapa yang merendahkan hati dan menjadi seperti anak kecil ( Matius 18 : 3 – 4 ).

Ternyata yang terbesar di kerajaan Sorga adalah, siapa yang bertobat & merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil. Bukan menjadi anak kecil ya. Menjadi seperti anak kecil adalah , seseorang yang memiliki sikap seperti anak kecil. Sikap apa saja yang dimiliki oleh anak kecil , sampai Yesus berkata barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini , maka dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga ( Matius 18 : 4 ). Yuk kita liat sikap apa saja yang harus kita miliki .

Ada 5 sikap  yang dimiliki oleh Anak Kecil :

1. Tidak pusing dengan kehidupannya.

Pernah tidak Adik adik melihat anak berusia balita yang pusing ketika susu habis , atau pusing besok aku makan apa ya. Pastinya tidak ya. Yang pusing justru orangtuanya ya. Yesus mau kita memiliki sikap yang percaya sepenuhnya kepada Yesus,hidup kita berserah penuh kepada Yesus. Yesus pasti akan memberikan setiap kebutuhan kita tepat pada waktuNYA. Bukan keinginan kita ya, tapi apa yang kita butuhkan.

2. Tidak Sombong.

Seperti cerita di alkitab, bagaimana Yesus memakai  5 roti dan 2 ikan dari seorang anak yang terdapat dalam Yohanes 6 : 9 , bisa dipakai Yesus untuk member makan lima ribu orang laki laki.

Bagaimana anak tersebut tidak lantas menjadi sombong, karena sudah dipakai Yesus untuk memberkati banyak orang. Tapi sadar bahwa Yesuslah sang pemberi muijzat. Apapun yang kita miliki , semuanya adalah milik Tuhan. Semuanya adalah titipan Tuhan , bukan milik kita. Kita harus memuliakan nama Tuhan  melalui apa yang kita miliki.

3. Mudah mengampuni.

Dari anak kecil kita bisa belajar sikap mudah mengampuni, karena kita bisa lihat , bagaimana begitu mudahnya anak kecil mengampuni. Bertengkar sebentar lagi sudah berbaikan lagi. Tidak menyimpan kesalahan orang lain atau dendam dengan orang lain. Beda dengan yang iblis mau, iblis maunya kita selalu simpan kesalahan , kebencian didalam hati kita , dan tidak mau mengampuni kesalahan orang lain. Milikilah hati seperti anak kecil , sikap hati yang mudah untuk mengampuni.

4. Bahagia itu sederhana.

Bahagialah dengan apa yang Tuhan Yesus berikan untuk kita. Belajar mengucap syukur untuk setiap hal hal sederhana yang bisa kita lakukan. Belajar berterimakasih kepada Tuhan Yesus atas hidup yang sudah Tuhan Yesus berikan.

5. Suka dekat dengan orangtua.

Seperti hal nya anak kecil yang suka dekat dengan orang tua, Tuhan Yesus pun begitu suka dekat dengan anak – anak Nya. Tuhan Yesus suka memegang erat tangan kita, anak – anak NYA. Tapi sering kali kita hanya meluangkan waktu kita  1 minggu sekali untuk Tuhan , hanya pada saat Ibadah hari minggu saja. Kita hanya hidup untuk diri kita sendiri saja. Padahal Tuhan Yesus begitu rindu untuk dekat dengan kita, menggenggam tangan kita, berjalan bersama dengan kita.

Siapa yang mau jadi yang terbesar dalam Kerajaan Sorga ?

Ayo Adik adik mari kita memiliki kelima sikap ini dalam hidup kita. Menjadi terbesar , bukan dengan cara dunia, tapi dengan cara Tuhan.

Ayat hafalan kita hari ini di :

MATIUS 18 : 4 SEDANGKAN BARANGSIAPA MERENDAHKAN DIRI DAN MENJADI SEPERTI ANAK KECIL INI, DIALAH YANG TERBESAR DALAM KERAJAAN SORGA

Komitmen kita hari ini :

TUHAN YESUS  ajar aku untuk selalu belajar taat melakukan firman MU. ROH KUDUS mampukan aku untuk menjadi anak anak yang menyenangkan hati BAPA. AMIN

KL – YC